PEMIRA sudah di depan mata, mulai dari Ketua Himpunan, Ketua BEM Fakultas, Universitas, dan ketua-ketua organisasi atau komunitas lainnya. Proses pendaftaran hingga sidang verifikasi kesahihan calon ketua dan wakilnya sudah terlewati, dan sekarang tiba saatnya masa-masa umbar janji manis para calon pejabat tersebut. Pasti saat PEMIRA ini, teman-teman banyak yang ingin melihat siapa saja sih calon pemimpin kita nantinya, iya kan? Tapi, teman-teman juga pasti sudah bosan mendengar atau membaca janji-janji manis yang diumbar ke sana kemari untuk meluluhkan hati pemilihnya.

Kampanye bertujuan untuk mengenalkan diri, program kerja, dan pola pelaksanaan kerja organisasi yang dipimpinnya kepada calon pemilih. Sebenarnya, kampanye ini bersifat positif, terlebih lagi untuk memberikan solusi melalui rencana kerja yang dirancang masing-masing calon kepada pemilihnya. Nah, dari sini, kita sebagai pemegang hak suara juga bisa tahu apa saja yang akan dilakukan dan seperti apa track record masing-masing calon.

Akan tetapi, terkadang banyak juga lho calon-calon yang terkesan hanya mengumbar janji manis nan tak logis kepada pemegang hak suara. Nggak cuma itu, seringkali kita juga bosan dengan lantunan suara mereka ketika berkampanye, kan? Bukan hanya melalui pidato khas capres, tapi juga banyak banget pernak-pernik kampanye yang mengerubungi setiap wilayah teritori pemilihan, bahkan sampai di media sosial! Apalagi kriteria pernak-pernik kampanyenya cuma gitu-gitu aja, nggak kaya zaman kampanye Jokowi semasa jadi capres, para pendukung Jokowi kala itu membuat aplikasi game Flap Man Jokowi yang menunjukkan dia terbang di udara dengan tampilan superhero dan mencoba melawan korupsi.

 

BACA JUGA: Ini Kata Mereka yang Suka Aktif di Organisasi

 

advertisement

Nah, kali ini penulis ingin memberikan beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat bosan melihat berbagai pernak-pernik kampanye di berbagai media!

 

Lihat wajahnya!

Kampanye Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2016 (via suaramahasiswa)

Kampanye Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2016 (via suaramahasiswa)

Cara pertama adalah lihat wajahnya. Bagi kalian yang sudah bosan mendengar lantunan janji calon pejabat organisasi, mending kalian lihat wajahnya saja. Kalau menurut kalian wajahnya enak dipandang, punya hidung yang unik, bibir yang sensual, atau kuping kucing, kalian pandangin terus! Dijamin, kalian nggak bakal bosan dengerin materi kampanye mereka. Wong denger juga enggak, cuma mandangin mukanya.

 

Corat-coret atau edit penampilan calon seperti tokoh superhero favorit kalian

Biar ga bosen, coba bannernya dijadiin tokoh fiktif aja (via modifikasi)

Biar ga bosen, coba bannernya dijadiin tokoh fiktif aja (via modifikasi)

Hal selanjutnya adalah make over penampilan calon pemucuk kekuasaan organisasi dengan kostum superhero favorit kalian. Hal itu akan buat kalian nggak bakal bosan mandangin pamflet atau poster yang berisi foto calon dan poin-poin kampanyenya. Kalian bisa corat-coret pamflet printnya dengan pensil atau pulpen, atau edit gambar-gambar yang tersebar di media sosial menggunakan software di PC kalian! Buatlah semirip mungkin dengan superhero andalan kalian dengan poin-poin kampanye semisal, menumpas kejahatan di dunia, menyelamatkan dunia dari kegelapan, atau membela kebenaran!

 

advertisement

Buat pernak-pernik kampanye tandingan

Nah, cara ini pasti bikin kalian nggak bakal bosan lihat pernak-pernik kampanye dia lagi dia lagi di mana-mana. Bahkan, bukan cuma kalian yang nggak akan bosan, teman-teman kalian juga pasti malah ketawa sampe sembelit kalau kalian bikin pernak-pernik kampanye tandingan! Kalian cari teman kalian yang mau jadi pasangan calonnya, terus buat spanduk atau banner dan dipasang sebelahan sama calon petinggi kampus, abis itu jangan lupa juga share ke berbagai media sosial milik kalian, agar kalian bisa terkenal sebagai pasangan tandingan!

 

 

Buatlah video parodi kampanye dan debat calon di Instagram atau Youtube

Parodi kampanye Jokowi-JK untuk melawan kampanye hitam (via gopego)

Parodi kampanye Jokowi-JK untuk melawan kampanye hitam (via jpnn)

Cara ampuh lainnya adalah membuat video parodi kampanye dan debat calon untuk diunggah ke akun Instagram dan Youtube kalian. Dengan cara ini, dijamin kalian gak bakalan bosan dan justru senang dengan aktifitas kampanye PEMIRA setiap tahun, karena bakal nemuin video parodi yang mencerminkan ciri khas calon pemimpin organisasi masing-masing. Tentunya, video parodi ini juga bisa jadi bahan pertimbangan kalian memilih siapa yang paling lucu untuk dipilih saat PEMIRA nanti!

BACA JUGA: Inilah yang Gak Bakal Kamu Dapatkan Kalau Malas Berorganisasi di Kampus

 

Bagaimana? Ampuh bukan? Bagi kalian yang memiliki hal-hal lain yang bisa menghilangkan kebosanan semasa aktifitas kampanye PEMIRA, bisa dibagikan di kotak komentar! Jangan lupa bagikan artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kalian agar mahasiswa yang lain gak bosen lagi dengerin janji-janji para calon pemimpin!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😡 (100%)
  • 😭 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)