Sebagai mahasiswa rantau yang tinggal jauh dari orang tua, banyak anak kos yang berusaha untuk memanajemen semua keperluan sehari-hari dan kuliahnya dengan baik. Uang bulanan yang diberikan orang tua mesti diatur untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bayar kos, beli buku, makan, minum, dan kegiatan lain selama berkuliah. Belum lagi kalo yang masih di kosan saat Ramadhan, pasti sedih perihal makanan sahur dan berbuka.

Akan tetapi jangan khawatir, kamu bisa memasak makanan sendiri dan mandiri, dibanding harus membeli makanan di warung-warung makan yang tersedia. Sebab, melihat dari berbagai harga sumber pangan yang semaki meroket, biaya yang dikeluarkan untuk membeli makan di warung makan pun ikut melonjak. Sebagai mahasiswa yang kreatif, mahasiswa yang ngekos ini lebih memilih membeli sendiri bahan makanan dan memasaknya, bahkan bisa diperuntukkan untuk lebih dari satu hari. Dua kali sahur dua kali berbuka, misalnya.

 

Nasi Goreng Basah

Kalo ini sih kayanya enak ya (via cookpad)

Menu masakan paling populer di Indonesia, dan hampir setiap orang suka ini merupakan yang paling mudah dan sering dimasak anak kos. Terkenal karena kelezatannya, nasi goreng bahkan sempat masuk 10 besar masakan paling enak di dunia.

Berbekal dengan kemampuan yang mumpuni dan kemudahan mencari bahan masakan ini, para anak kos sering sekali memasak nasi goreng basah.

What? Basah?

advertisement

Yap, basah. Nasi goreng yang berkuah minyak goreng! Alias kebanyakan menuangkan minyak goreng saat memasak.

Nugget Hitam Pedes

Nugget kebablasan (via twitter)

Menu masakan ini juga paling sering dimasak dan mudah dicari bahannya. Cuma butuh nugget yang siap untuk digoreng dan saos sambal sebagai pelengkap rasa. Sebagai anak kos yang memiliki jiwa kreatif dan semangat juang tinggi, para anak kos ini memiliki terkaan yang luar biasa… kelewatan.

Gimana nggak kelewatan? Minyak goreng yang sudah mendidih, bagi para anak kos hanyalah kamuflase dari panasnya kompor, dan baru menaruh nugget itu beberapa saat kemudian. Dan… yang terjadi adalah nugget cepat sekali menguning bahkan menghitam. Yap, kematengan a.k.a gosong. Sebagai pelengkap rasa sekaligus penghilang rasa kematengan itu, para anak kos menuangkan saos sebanyak-banyaknya hingga pedasnya setara level super pedas. Yang penting nikmat!

 

BACA JUGA: Hal Ini Hanya Bisa Dimengerti Mahasiswa Perantauan Saat Bulan Ramadhan

 

advertisement

Telor Dadar Jumbo

10% telur, 90% tepung (via citradapurnusantara)

Sebagai mahasiswa yang jauh dari orang tua, para anak kos selalu mencoba hal-hal kreatif dalam memasak makanan yang bisa dinikmati tidak hanya sekali waktu, alias seharian a.k.a 3×1 hari. Dengan modal telur ayam dan tepung hal itu bisa dilakukan dengan mudah.

Para anak kos akan mencampurkan telur ayam itu dengan tepung yang sudah disediakan, tinggal aduk hingga seperti adonan yang justru bukan nampak seperti telur, tapi tepung diberi telur. Setelah digoreng, hasilnya adalah telur yang menyerupai tahu goreng. Gede banget, jumbo. Mereka akan membagi telur itu dalam tiga atau empat bagian yang akan dimakannya dalam beberapa waktu makan. Dijamin kenyang dari sahur hari pertama sampe lebaran!

 

Sayur Sop Tanpa Garam

Sayur sop ala anak kosan (via inovasipintar)

Sekali waktu, menghindari masakan yang berlemak dan berkolesterol, para anak kos biasanya sering memasak masakan yang tinggal direbus dan dibumbui. Dengan modal membeli sayur sop yang biasanya dijual di warung sayur seharga 2-5 ribu rupiah dan bumbu sachet seharga seribu rupiah, tentu akan menghemat pengeluaran untuk para anak kos.

Dengan tujuan menghemat air minum juga, para anak kos biasanya memasak sayur sop dengan memenuhi sayur dengan air. Hal itu menyebabkan sayur sop nampak seperti sawah yang banjir, banyak airnya, sedikit sayurnya. Biar tahan dahaga selama berpuasa juga kali ya. Belum lagi, ketika bumbu yang mereka beli kalah rasanya dengan rasa air, walhasil rasanya hambar. Ya mungkin mereka nggak mau kena penyakit darah tinggi kali ya, yang harus mengurangi konsumsi garam.

 

BACA JUGA: Hal-Hal Berikut Ini Hanya Dapat Kamu Temukan Saat Bulan Ramadhan Tiba

 

Nah, buat kalian anak kos, biasanya masak yang mana? Jangan ngiler ya liat gambar-gambarnya, buka bentar lagi kok. Mari bagikan artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kalian, supaya para anak kos lain belajar lebih kreatif dalam memasak!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😆 (60%)
  • 😭 (40%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😊 (0%)