Haloo maba-mabaaa! Eciye, anak UI nih. Nanti dapet jakun, nih. Ikut DWP nih. Buka SIAK NG Perdana, nih. Most of all, temen baru! Yah, memang masa-masa yang indah itu yang namanya jadi maba. Mungkin segala kegiatan ospek yang merajalela memang menyita tenaga, tapi semangat dong, kan baru masuk UI!

Jadi maba selama ospek adalah masa-masa yang unik, karena kamu hampir selalu bertebaran di perpus UI karena masih ‘enggan’ main ke fakultas. Lalu, kamu dikelilingi temen-temen baru yang masih jaim. Pasti kamu kadang mengira-ngira, temen barumu yang satu itu tuh aslinya gimana, sih? Nah, andai kamu memperhatikan, kamu bisa tahu karakter temen baru kamu itu, meskipun gak akan tau sepenuhnya, at least kamu bisa ngerti itu orang yang kaya gimana.

 

Si Cerdas

Si cerdas (Sumber:)

Si Cerdas (Sumber: Photo Credit: Jirka Matousek via Compfight cc)

Si cerdas? Iya si cerdas. Bukan si pinter yah, karena seharusnya semua yang berhasil menjejakkan kaki jadi mahasiswa UI itu emang pinter. Tapi dosis kecerdasannya tentu berbeda. Penting banget untuk tahu siapa-siapa aja yang memang pinter. Kenapa? Ya, biar ada aliansi ketika dihadang tugas di kemudian hari.

Si cerdas ini bisa dilihat dari cara dia berbicara. Solutif dan terstruktur. Ketika yang lain cuma bisa cuap-cuap sok ide ‘mending gini aja, daripada gitu’, dia bakal bilang ‘gak salah sih, nilai plusnya dari gini itu blablabla, tapi saran gue mending kita gitu aja, karena meskipun gini blablabla, gitu lebih blablabla dan toh lagian gitu kan gak capek, lebih efektif blablabla’. Beda jauh kan? Dia secara instan bisa bikin perbandingan plus dan minus sesuatu cuma gara-gara gak mau capek.

 

advertisement

Si Fergie

Tipe si Fergie

Tipe si Fergie

Tau Black Eyed Peas kan? Iya, Fergie yang itu. Bukan Sir Alex Ferguson. Kenapa Fergie? Paling cocok dibilang gitu karena mostly, mereka cakep kaya Fergie (which means, ini cewek yah. Kalo cowok mirip Fergie, kacau dunia persilatan.). Kamu tahu kalau temen barumu itu ‘si Fergie’ kalau kamu mau perhatiin. Fergie ini, milih-milih tempat duduk. Dia gak mau duduk di tempat yang ‘kotor’ dan gak mau tasnya berada di permukaan yang sama dengan tempat kakinya napak. Karakteristik lain: coba inget-inget lagu-lagunya Fergie & BEP. Benar! She got me spendin’ (lirik lagu My Hump) itu pasti, karena ketika yang lain ngajak makan, dia malah ngajak ke Starbucks. Girl, ain’t nobody wanna eat in starbucks. Harga kopinya si Fergie bisa buat kamu makan tiga hari.

 

Si Rajin

Tipe rajin. tiada hari tanpa nyatet. (Sumber:)

Tipe rajin. Tiada hari tanpa nyatet. (Sumber:Photo Credit: CAFNR via Compfight cc)

Gampang banget liatny. Dia hafal segala jadwal, dia punya data segala aktivitas kampus, dan dia selalu ngajak ngerjain tugas. Ngobrolnya selalu tentang tugas, nanya ‘Eh, lu udah belom?’, tapi aslinya dia sendiri udah selesai. Agak sedikit ambisius, mending kamu main sama dia deh. Beda sama kecerdasan, rajin itu menular. Siapa tau kamu jadi rajin juga ‘kan? Rajin itu baik buat kesehatan loh. Terutama kesehatan akademik.

 

Si Gokil

Adanya dia bisa hidupin suasana. (Sumber:)

Adanya dia bisa hidupin suasana. (Sumber:Photo Credit: Jirka Matousek via Compfight cc)

Lebih gampang liatnya daripada si rajin, orang gokil. Seru. Kalo dia buka mulut pasti yang lain ketawa. Kerjaannya nyeletuk dan jailin orang, kasih komentar gak penting tapi semua bisa maafin ya karena memang dianya hilarious. Ketika ngomong di forum, pasti becandaan. Tapi ketika ngomong personal, dianya bisa diajak kompromi dan bahkan bisa serius juga. Itu yang ngebedain dari yang ‘seru’ sama yang sekadar tukang jail yang caper biar dikata seru.

 

advertisement

Lockbox

Tipe lockbox. (Sumber:)

Tipe lockbox. (Sumber:)

Lockbox ini yang sebenarnya selalu ada di antara temen baru, atau malah bisa dibilang lockbox ini merupakan fase yang dilalui semua maba. Semua maba pasti sempet jaim-jaim gak jelas, berusaha untuk kalem dan pendiem, gak berusaha menarik perhatian. Nah, itu lockbox. Lockbox yang asli juga sebenernya lebih suka mengamati dan diem, ngomong kalo diajak ngomong aja.

Apa yang istimewa dari lockbox? Ya kamu baru bisa liat setelah si lockbox ini terbuka. Seorang lockbox bisa aja si rajin atau si cerdas yang belum mau menunjukkan diri, si gokil yang masih terikat moral dan belum bisa adaptasi. Atau, mungkin dia adalah si gokil yang cerdas nan rajin. Dianya mah diem-diem aja dulu.

Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line! Mungkin temen-temen yang lain bisa dapet sesuatu dari tulisan ini perkara karakteristik temen barunya yang dari kemaren diem aja di pojokan.

Tulisan lain yang bermanfaat untuk Maba UI nih: Ini Beberapa Alasan Kenapa OKK Itu Penting Buat Maba!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😮 (75%)
  • 😆 (17%)
  • 😡 (8%)
  • 😭 (0%)
  • 😊 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😒 (0%)