Buat keluarga besar UI, pasti sudah tau dong istilah Bikun. Bikun merupakan singkatan dari Bis Kuning yang ada di kampus perjuangan. Moda transportasi ini digunakan untuk menjangkau semua area kampus bagi mereka yang nggak bawa kendaraan pribadi ke kampus. Pokoknya bis kuning kita itu andalan banget deh. Mungkin kita bakalan kesulitan untuk mencari tumpangan kalau kampus nggak nyediain fasilitas itu.

Istilah bikun, saat ini, ternyata nggak cuma buat moda transportasi kampus kita doang loh guys! Semenjak bulan April lalu, di UI ada bikun yang nggak bisa jalan! Alias stagnan, berdiam diri di tempat. Loh kok bisa? Bisa dong!

Bikun Coffee namanya. Sebuah konsep usaha yang bergerak di bidang kafe itu meminjam nama bikun sebagai nama usahanya. Bikun Coffee meneyediakan berbagai minuman kopi dan es krim, serta minuman dan makanan lain. Perintis usaha itu adalah seorang alumni dan dua mahasiswa FHUI, yakni Abdul Rachmat Ariwidjaya (FHUI 2010), Putri Sukma Mandiri (FHUI 2011), dan Rizky Touristy (FHUI 2012). Sewaktu soft launching yang bertempat di halaman belakang FHUI, Dekan FHUI Prof. Dr. Topo Santoso menghadiri acara itu didampingi jajaran FHUI lainnya.

Bikun Coffee awalnya ditargetkan para pendirinya untuk konsumen yang berasal dari kalangan mahasiswa, dosen, hingga karyawan FHUI. Namun, seiring berjalannya waktu, Putri mengaku akan mengembangkan sayap bisnisnya nggak cuma untuk di semua fakultas UI, tapi berbagai kampus di seluruh Indonesia. Bahkan, Putri merasa bisnis ini sudah memadai untuk dijadikan PT.

 

BACA JUGA: Mereka Berbagi Cerita Serunya Naik Bikun. Cerita Kamu Apa?

advertisement

 

Tempat ini cocok banget buat para pecinta kopi. Berkonsep Archipelago, Bikun Coffee menyediakan semua minuman kopi yang berasal dari seluruh nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Kopi-kopi khas nusantara seperti Kopi Arabica Aceh Gayo, Kopi Arabica Mandailing, Kopi Arabica Toraja, Kopi Arabica Bali Kintamani, Kopi Arabica Flores, hingga Kopi Arabica Papua Baliem Reny Jaya ada di kafe bikun! Nggak cuma kopi khas nusantara, pecinta kopi juga bisa menikmati Kopi Vietnam, Capuccino, Moccacino, dan yang lainnya.

Interior Bikun Coffe (via zomato)

Beneran mirip Bikun, bukan? (via zomato)

Konsep tempatnya juga dimodifikasi seperti Bikun, jadi kita bisa ngerasain makan-minum di dalam bis kuning legendaris kita yang satu itu. Juga, buat kalian yang nggak suka kopi tapi tetep masih pengen nyobain makan-minum di dalam Bikun, masih banyak menu lain, seperti Teh Jahe, Teh Leci, Teh Jeruk Nipis, Wedang Jahe, Es Cincau, dan berbagai macam jus dan minuman buah segar. Nggak cuma minuman yang beraneka ragam, makanannya juga beraneka ragam loh guys. Makanan kecintaan orang Indonesia menjadi menu-menu andalan, seperti kwetiau, bakmi, mie ayam, roti bakar, nasi goreng, mie goreng, pisang goreng, sosis, lumpia, singkong, siomay, dan yang lainnya tersedia dan disajikan di dalam bis legendaris ini!

Suasana outdoor juga pas banget buat ngopi-ngopi cantik (via zomato)

Kalo kamu ga suka indoor, bisa outdoor juga loh! Wih sepoi-sepoi (via zomato)

Makan-minum di dalam bikun sangat berasa banget sensasinya. Kalian duduk di dalam bangku bikun yang tentunya diberi penyejuk udara persis kaya dinginnya naik bikun. Di kanan-kiri terdapat kaca jendela bis yang bisa memberi ruang kalian untuk memandang suasana sekitar bikun. Kalau di dalam bikun penuh berisi penumpang yang lagi makan, di luar bikun juga disediakan tempat duduk buat menyantap hidangan sang sopir juru masak Bikun Coffee. Untuk harga, nggak beda jauh sama harga-harga makanan-minuman yang biasa kalian beli di tempat makan lain. Yang pasti nggak bakal buat kalian puasa sebulan! Secara gitu loh, pendirinya juga mahasiswa jadi tau banget harga yang cocok buat mahasiswa kayak kita hehehe.

Nasi Goreng Gila Bikung Coffee. Yum! (via zomato)

Menu makanan Bikun Coffee (via pergikuliner)

Menu minuman Bikun Coffee (via pergikuliner)

 

BACA JUGA: 5 Tempat Makan Legenda di Sekitar UI

advertisement

 

Nah, enak-enak bukan sajiannya? Masa kalian anak UI gak pernah coba makan di Bikun Coffee yang khas UI banget? Let’s grab it, guys! Mari bagikan artikel ini ke akun Facebook, Twitter, dan Line kalian, biar semua orang dan nggak cuma anak UI aja yang tau kalau UI punya kafe sendiri!



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😒 (25%)
  • 😊 (25%)
  • 😆 (25%)
  • 😍 (25%)
  • 😡 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😭 (0%)