Pernah bercita-cita menjadi jaksa, pengacara, atau hakim? Jika kamu masih punya cita-cita itu, maka kuliah di Fakultas Hukum menjadi pilihan yang tepat. Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas favorit yang dipilih mahasiswa saat mereka akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Fakultas ini menjadi pilihan utama di bidang ilmu sosial selain Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Lulusan dari Fakultas Hukum tidak hanya bisa menjadi pengacara atau hakim, melainkan lingkup pekerjaan lain yang lebih luas.

 

Apa yang dipelajari di Jurusan Hukum?

Apa yang dipelajari di Jurusan Hukum? via HukumUI

Apa yang dipelajari di Jurusan Hukum? via HukumUI

Ilmu hukum paling menekankan cara berpikir dengan logika secara tepat dan benar. Cara berpikir ini dibutuhkan untuk mengimplementasikan hukum atau perundang-undangan. Jadi memang benar jika ada beberapa mata kuliah di Fakultas Hukum mengharuskan mahasiswanya menghapal pasal dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak hanya sekadar menghapal namun juga paham makna dan alur kerjanya. Selain belajar teori seperti halnya kuliah pada umumnya, di Jurusan Hukum juga ada tambahan praktik, misalnya simulasi sidang.

 

Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Apa yang dipelajari di FHUI? via kemendag

Apa yang dipelajari di FHUI? via kemendag

Salah satu perguruan tinggi yang membuka Fakultas Hukum dan telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT adalah Universitas Indonesia (UI). Fakultas Hukum UI hanya memiliki satu program studi, yakni Ilmu Hukum dan lulusannya bergelar Sarjana Hukum (SH). Program studi Ilmu Hukum terdiri dari dua kelas untuk tingkat sarjana, yakni kelas regular dan kelas paralel. Di FHUI, mahasiswa akan diarahkan minatnya dalam bidang hukum tertentu melalui program kekhususan (PK), yaitu:

  1. Hukum tentang hubungan antar sesama anggota masyarakat
  2. Hukum tentang pencegahan dan penanggulangan kejahatan
  3. Praktisi hukum
  4. Hukum tentang kegiatan ekonomi
  5. Hukum tentang hubungan negara dan masyarakat
  6. Hukum tentang hubungan transnasional
  7. Hukum tentang kesejahteraan masyarakat dan masalah sosial

Beberapa mata kuliah yang tersedia di FHUI antara lain (http://dialog.ui.ac.id/id/browse/detil/01.00.05.01):

advertisement
  1. Akuntansi untuk ahli hukum
  2. Analisa ekonomi terhadap hukum
  3. Antropologi hukum
  4. Arbitrase
  5. Asas-asas hukum adat
  6. Asas-asas hukum administrasi negara
  7. Asas-asas hukum dagang
  8. Asas-asas hukum Islam
  9. Asas-asas hukum perdata
  10. Asas-asas hukum pidana
  11. Asas-asas hukum tata negara
  12. Etika dan tanggung jawab profesi hukum, dan lain-lain.

BACA JUGA: Fakta Unik Seputar FHUI

Untuk program pascasarjana, magister Ilmu Hukum FHUI dirancang untuk menghasilkan pengacara profesional dengan keahlian dan pengetahuan yang luas di bidangnya masing-masing. Magister Ilmu Hukum dibagi dalam tujuh peminatan, yaitu:

  • Hukum ekonomi
  • Hukum kenegaraan
  • Hukum dan sistem peradilan pidana
  • Hukum dan ilmu pengetahuan islam
  • Hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI) & teknologi
  • Hukum perdagangan internasional
  • Hukum transnasional
  • Hak asasi manusia &good governance
  • Hukum keuangan negara
  • Hukum ketenagakerjaan
  • Hukum sumber daya alam
  • Praktek peradilan

 

Apa kelebihan kuliah ilmu hukum di FHUI?

Apa kelebihan kuliah ilmu hukum di FHUI? via HukumUI

Apa kelebihan kuliah ilmu hukum di FHUI? via HukumUI

Sebagai universitas negeri yang terletak di pusat pemerintahan negara dan telah diakui kualitasnya melalui ranking dan akreditasi tingkat nasional dan internasional, Universitas Indonesia memiliki kelebihan tersendiri. Diantaranya memberikan kemudahan untuk lulusannya dalam mendapatkan relasi dan pekerjaan. Demikian halnya dengan FHUI, beberapa alumnus dan dosen seniornya telah berkiprah di bidang pemerintahan dan hukum di Indonesia. FHUI sendiri telah meraih banyak prestasi di ajang kompetisi bidang hukum baik tingkat nasional maupun internasional.

FHUI telah banyak memberikan kontribusi melalui riset yang dihasilkan. Untuk mendalami permasalahan hukum di Indonesia, FHUI memiliki 14 lembaga dan katagori riset yang secara rutin dikerjakan (http://law.ui.ac.id/v2/riset).

 

advertisement

Berapa biaya pendidikan di FHUI?

Berapa biaya pendidikan di FHUI? via law ui

Berapa biaya pendidikan di FHUI? via law ui

Biaya pendidikan untuk program sarjana reguler sama dengan fakultas lain, yakni menerapkan BOP-B yang besarnya kisaran Rp100.000,00 – Rp5.000.000,00 tanpa uang pangkal. Sedangkan untuk sarjana paralel BOP-nya tetap sebesar Rp10.000.000,00/semester dan Rp12.000.000,00 untuk uang pangkalnya (http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-hukum/s1-ilmu-hukum.html).

 

Bagaimana prospek kerja lulusan Fakultas Hukum?

Bagaimana prospek kerja lulusan Fakultas Hukum? via realitamimpi

Bagaimana prospek kerja lulusan Fakultas Hukum? via realitamimpi

Lulusan Fakultas Hukum akan memiliki banyak pilihan lapangan pekerjaan. Tidak hanya di sektor pemerintahan, namun mereka dapat bekerja juga di sektor swasta maupun bekerja secara mandiri. Hal ini terkait dengan apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum yang tidak hanya mempelajari hukum dari sudut pandang pidana semata, namun juga perdata, hukum internasional, hukum ekonomi, dan ketatanegaraan.

Bagi yang ingin terjun ke dunia hukum praktis, kamu bisa memilih pekerjaan sebagai jaksa, hakim, atau pengacara, dengan memperdalam ilmu di program magister. Sementara bagi mereka yang berminat masuk ke dunia bisnis, lulusan hukum bisa bekerja sebagai ahli hukum di perusahaan-perusahaan. Mereka biasanya akan bertanggungjawab mengurus masalah perjanjian antar lembaga, perijinan, dan kinerja perusahaan di mata hukum yang berlaku di Indonesia.

Bagi mereka yang ingin bekerja secara mandiri, bisa memilih untuk menjadi seorang notaris. Profesi ini bisa ditempuh setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana khusus kenotariatan. Untuk saat ini, jasa notaris masih sangat diperlukan terutama membantu masalah perdata, seperti perizinan pendirian bangunan, masalah waris, surat tanah dan bangunan, dan lain-lain.

Profesi lain yang bisa ditekuni oleh lulusan Ilmu Hukum antara lain: advokat, arbiter, dosen, jurusita, konsultan hak kekayaan intelektual, kurator, legal drafter, mediator, panitera pengadilan, peneliti hukum, polisi, pegawai negeri sipil, dan masih banyak lagi.

 

Selain di UI, kampus mana yang memiliki fakultas hukum?

Selain di UI, kampus mana yang memiliki fakultas hukum? via law ui

Selain di UI, kampus mana yang memiliki fakultas hukum? via law ui

Selain UI, terdapat kampus-kampus lain yang memiliki jurusan ilmu hukum dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT, antara lain:

  • Universitas Gadajh Mada, Yogyakarta
  • Universitas Diponegoro, Semarang
  • Universitas Brawijaya, Malang
  • Universitas Islam Bandung
  • Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto
  • Universitas Udayana, Denpasar

Itu dia sekilas pandang tentang Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kalau kamu masih kurang jelas dan memiliki pertanyaan lebih lanjut, langsung saja datang ke fakultasnya, ya.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😍 (77%)
  • 😮 (7%)
  • 😡 (4%)
  • 😊 (4%)
  • 😭 (4%)
  • 😒 (2%)
  • 😆 (2%)