Ilustrasi Aksi

(ilustrasi aksi)

Dengan menutup kedua mata, telinga dan juga mulut beberapa mahasiswa UI, yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa UI berjalan dari arah RRI menuju istana negara. Pemerintah jangan buta, tuli dan bisu, mungkin hal itulah yang ingin digambarkan dalam aksi yang dilakukan oleh rekan-rekan BEM UI pada hari Sabtu, 14 Juni 2008.

Pemerintah memang buta, tuli dan bisu. Masyarakat Indonesia hari ini begitu menderita dengan kebijakan pemerintah yang dengan sewenang-wenang menaikan harga BBM. Dengan dalih ingin menyelamatkan APBN tetapi pemerintah malah mengorbankan rakyat banyak. Banyak rakyat yang hari ini semakin sulit hidupnya, banyak warga masyarakat yang mengungkapkan keberatannya atas kenaikan BBM. Namun pemerintah diam seribu bahasa, pemerintah tak mau mendengarkan jeritan suara rakyat, pemerintah menutup matanya akan penderitaan rakyat Indonesia.

Dalam aksi kemarin, sempat pula terjadi argumentasi antara mahasiswa dan polisi. Hal ini terjadi karena mahasiswa tidak diijinkan masuk kedalam Istana Negara, padahal menurut Randy Bagasyuda (kordinator Sospol BEM UI) mereka telah berkomunikasi dengan pihak istana sehari sebelumnya dan diperbolehkan untuk berkunjung ke istana sebagaimana masyarakat umum lainnya, dengan syarat memakai celana bahan dan baju yang rapih. Dalam salah satu poster yang dibawa pun terdapat tulisan “ Istana Negara = Istana Rakyat, jangan hanya jadi Tempat Wisata, Jadikan Istana sebagi Rumah Rakyat”

Edwin Nofsan Naufal (Ketua BEM UI) dalam pernyataan sikapnya mengatakan bahwa BEM UI menuntut agar pemerintah segera membatalkan kenaikan harga BBM karena kebijakan tersebut sudah menyengsarakan rakyat, melakukan rekontrak pembagian hasil eksplorasi perusahaan-perusahaan asing, dilakukannya reformasi sistem perminyakan nasional, moratorium hutang luar negeri yang telah membebani APBN Indonesia. Ia juga mengatakan mahasiswa akan terus bergerak untuk menyikapi isu ini dan dalam beberapa minggu kedepan mahasiswa akan pula mendorong agar proses interpelasi yang dilakukan DPR dapat membuat pemerintah mencabut kembali keputusannya dalam menaikan harga BBM.

advertisement

sumber asli : www.bem.ui.edu



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😭 (0%)
  • 😡 (0%)
  • 😒 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😊 (0%)