Era sekarang ini, siapa yang tak menggunakan fasilitas komputer? Mulai dari ibu rumah tangga sampai eksekutif kantoran, pasti pernah bahkan sering menggunakan komputer. Gadget yang satu ini memang sudah masuk konsumsi publik. Kalau barangnya saja sudah mengemuka, apalagi dengan bidang keilmuannya?

BACA JUGA: 7 Aplikasi Ponsel Pintar yang Maba Harus Punya!

Ilmu Komputer adalah salah satu program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI. Selain Ilmu Komputer, terdapat Program Studi Sistem Informasi. Bahasan berikut ini akan membantu kamu untuk lebih memahami Jurusan Ilmu Komputer UI.

Sejarah Jurusan Ilmu Komputer

Sejarah Jurusan Ilmu Komputer via cs.ui

Sejarah Jurusan Ilmu Komputer via cs.ui

Berdasarkan sejarahnya, Fasilkom UI merupakan institusi pertama di Indonesia yang bergerak di ranah Ilmu Komputer (http://www.cs.ui.ac.id/id/visi-dan-misi/). Dalam prosesnya, pendirian fakultas ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI. Pusilkom lebih berperan sebagai unit usaha untuk pelayanan masyarakat di bidang Ilmu Komputer yang dilakukan oleh staf Fasilkom.

Program studi Ilmu Komputer sendiri baru diselenggarakan pada tahun 1986. Sedangkan jenjang S2 untuk Program Studi Ilmu Komputer baru diadakan kemudian, yakni di tahun 1988. Fasilkom sendiri secara resmi baru terbentuk pada tahun 1993.

 

advertisement

Deskripsi Umum Jurusan Ilmu Komputer

Deskripsi Umum Jurusan Ilmu Komputer via BEM fasilkom

Deskripsi Umum Jurusan Ilmu Komputer via BEM fasilkom

Salah satu bidang keilmuan yang makin hari makin digandrungi oleh masyarakat luas adalah teknologi komputer. Ilmu Komputer, atau yang juga disebut informatika adalah ilmu yang mampu menstimulus munculnya beragam bentuk teknologi terbaru. Sebagai contoh, teknologi internet serta multimedia. Tidak dapat dipungkiri, kemajuan kedua teknologi tersebut mampu memberikan perubahan besar dalam pola kehidupan masyarakat modern.

BACA JUGA: Tambah Bangga karena UI Akan Bangun Perpustakaan Terbesar dan Termodern di Dunia

Karena tingginya kebutuhan akan perkembangan bidang keilmuan itulah, Ilmu Komputer lahir menjadi jurusan yang masuk di jajaran primadona kampus. Perlu kamu ketahui, jurusan ini tidak berkutat pada cara merancang sebuah komputer, melainkan pada tata cara terkait pemrograman komputer.

Jurusan Ilmu Komputer bertujuan untuk menelurkan lulusan-lulusan yang kuat dalam sisi pengembangan teknologi, pemrograman, dan mampu melahirkan software atau teknologi terbaru.

 

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer via cs.ui

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer via cs.ui

Ilmu komputer berfokus pada rekayasa perangkat lunak (software engineering) di antaranya meliputi ilmu dalam perancangan, konstruksi dan implementasi, pengelolaan serta evolusi software yang efektif  digunakan dalam berbagai industri, perkantoran, maupun rumah tangga. Oleh karena itu, dalam Ilmu Komputer dipelajari algoritma, bahasa pemrograman, struktur data, jaringan komputer, sistem operasi, kompilator, basis data, arsitektur komputer, kecerdasan buatan, robotika, dan grafika komputer (http://dialog.ui.ac.id/id/browse/detil/09.00.12.01).

advertisement

Sedangkan untuk Sistem Informasi lebih banyak memberikan keilmuan seputar bidang manajemen. Dan tata laksana pemanfaatan teknologi dan komputer untuk kepentingan berorganisasi. Jadi, bisa kamu lihat kedua program studi tersebut memiliki wilayah kerja yang berbeda namun saling melengkapi.

Terdapat 4 bidang peminatan di Jurusan Ilmu Komputer UI, yaitu Arsitektur dan Infrastruktur TI, Teknologi Perangkat Lunak, Pengolahan Informasi Multimedia, dan Kecerdasan Komputasional. Kamu bisa memilih bidang peminatan yang dirasa paling sesuai untuk kebutuhanmu. Pilihan minat ini menentukan arah minat karier yang akan kamu bangun kelak.

 

Prospek Lulusan Jurusan Ilmu Komputer

Prospek Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi via ririsatria40

Prospek Lulusan Jurusan Ilmu Komputer via ririsatria40

Lulusan Jurusan Ilmu Komputer sangat banyak dicari. Terlebih saat sekarang ini, ketika pertumbuhan pengguna teknologi internet dan multimedia semakin maju. Bisa dibilang di perusahaan mana pun dibutuhkan lulusan Ilmu Komputer.

Profesi yang umumnya digeluti oleh lulusan Ilmu Komputer antara lain; programmer, system analyst, konsultan dan manajer TI, software/web developer, dan sejenisnya. Data menyebutkan bahwa lulusan Ilmu Komputer dengan rata-rata IPK 3.15 selama empat tahun terakhir langsung terserap di pasaran tenaga kerja tanah air (75,25%) setelah lulus. Sedangkan sisanya (24,75%) cenderung melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Mengenal Program Studi Teknik Komputer UI, Prospek Karier, dan Gaji Lulusannya

Lebih jauh lagi, dengan berkembangnya teknologi smartphone, khususnya pengguna android di tanah air, porsi kebutuhan akan lulusan Ilmu Komputer pun jadi semakin meningkat. Semakin banyak lulusan Ilmu Komputer yang kini terjun dan merancang berbagai aplikasi android. Penghasilannya sudah barang tentu tidak terbatas.

Lulusan Ilmu Komputer banyak juga ditemui lebih memilih untuk berwirausaha ketimbang bekerja terikat pada satu perusahaan. Karena profesi ini memang sebenarnya sangat mungkin untuk berkembang mandiri. Tentu saja, selama masih banyak orang menggunakan teknologi informatika, maka prospek usaha lulusan Ilmu Komputer tidak akan pernah surut.

 

Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Lain

Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Lain via bem.cs.ui.ac

Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Lain via bem.cs.ui.ac

Ilmu Komputer di UI telah memperoleh akreditasi A. Tapi tidak hanya di universitas ini jurusan Ilmu Komputer memperoleh penilaian akreditasi yang terbaik. Terdapat 3 kampus negeri lainnya yang juga memperoleh akreditasi A untuk jurusan Ilmu Komputer, yakni IPB, UGM, USU.

BACA JUGA: Jalan-jalan ke Kantin Fakultas Lain (Canteen Hopping): Kantin Fasilkom

Sisanya, Jurusan Ilmu Komputer dengan akreditasi terbaik juga dapat ditemui pada universitas swasta di seluruh penjuru negeri. Tentu saja perbedaan yang paling mencolok adalah dari sisi biaya perkuliahan. Universitas negeri cenderung memiliki pembiayaan yang relatif lebih ramah ketimbang universitas swasta unggulan.

 

Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

Berapa biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komputer via bitmagz

Berapa biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komputer via bitmagz

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mengambil jurusan Ilmu Komputer di UI relatif menengah, yakni Rp7.500.000,00 per semester. Biaya tersebut berlaku untuk mahasiswa yang mengikuti program reguler. Sedangkan uang pangkal yang perlu kamu siapkan adalah sebesar Rp25.000.000,00.

Jangan khawatir, untuk setiap mahasiswa yang berprestasi, selalu tersedia keringanan biaya. Keringanan ini diberikan oleh kampus dalam bentuk beasiswa. Ada yang berupa beasiswa penuh, yang meliputi biaya per semester bahkan sampai membayar uang pangkal, dan ada pula yang hanya sebagian saja. Segala informasi tentang beasiswa kami rangkum pada kategori Info Beasiswa.

Biaya ekstra tentu tetap perlu disiapkan jika kamu berencana kos selama perkuliahan berlangsung. Biaya kos di kawasan UI mulai dari Rp700.000,00 sampai jutaan pun tersedia. Harga sangat bergantung pada fasilitas apa saja yang kamu inginkan. Selamat berkuliah, ya.

Nah gimana sekarang kamu udah taukan betapa cerahnya prospek kedepan dari lulusan Fasilkom UI? Yuk share juga tulisan ini ke Facebook, Twitter, dan Line agar temen-temen kamu yang mau kuliah di Fasilkom UI bisa dapat informasi yang berharga ini.



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (62%)
  • 😭 (13%)
  • 😍 (9%)
  • 😮 (6%)
  • 😆 (4%)
  • 😒 (3%)
  • 😡 (2%)