Mencari pekerjaan memang hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Apa lagi kalau belum punya pengalaman kerja, alias fresh graduate. Cari kerja akan terasa sangat sulit. Ditambah lagi, kalau kamu harus mondar-mandir dari satu perusahaan ke perusahaan lain, bawa-bawa surat lamaran kerja, tapi hasilnya ditolak. Malah terkadang, ada lowongan pekerjaan yang bukan bidangmu, tapi daripada menganggur, akhirnya kamu ambil juga.

Tapi tenang saja, zaman sudah canggih. Cari lowongan nggak akan sesedih itu lagi. Teknologi bisa mempertemukan kamu dengan jodohmu, di bidang pekerjaan yang kamu idam-idamkan tentunya. Kalau dulu kamu tahunya internet untuk mengakses Facebook saja, sekarang internet bisa untuk mencari pekerjaan. Praktis banget.

Banyak sekali situs-situs internet yang bisa membantumu menemukan pekerjaan. Situs biro pekerjaan ini sangat mudah diakses dan dicoba oleh para pemula yang ingin mendapat pekerjaan. Banyak media online yang menyediakan portal untuk spesialis pencari lowongan kerja. Hanya butuh koneksi internet, seperangkat alat tempur, dan tekad yang besar. Insya Allah, pekerjaan akan mendekat kepadamu.

Nah, berikut tips mencari lowongan pekerjaan lewat Internet agar kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan impianmu.

 

Pertama-tama: Siapkan CV & Semua Dokumen Kamu

SIapkan CV

SIapkan CV

Sebelum kamu memulai perang untuk mencari pekerjaan. Hal utama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan peralatan tempurmu. Tapi alat tempurnya bukan berupa amunisi, senjata, atau bom, ya. Kamu perlu menyiapkan kelengkapan yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Seperti CV (Curriculum Vitae), dokumen-dokumen penting seperti ijazah, KTP, dan sertifikat. Untuk melamar via online, kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk soft copy. Scan segala perlengkapan tersebut dengan scan warna agar terlihat sama dengan aslinya.

advertisement

Isilah informasi pada CV selengkap mungkin. Jangan sampai ada salah penulisan kata atau salah informasi. Perusahaan akan melihat apa kemampuanmu, pengalaman yang pernah didapat, dan totalitasmu dalam bekerja. Karena itu, kalau kamu punya sertifikat-sertifikat kepanitiaan selama di kampus, jagalah baik-baik, siapa tahu perusahaan akan menjadikan itu sebagai bahan referensi.

Ingat: persiapkan segala berkas yang dibutuhkan (CV, ijazah, transkrip nilai, dsb), dalam bentuk softcopy. Jangan lupa discan warna ya!

Baca Juga: 8 Tips Membuat CV yang Akan Dilirik oleh HRD Perusahaan

 

Cari Lowongan di Website Lowongan Kerja

JobStreet.com

JobStreet.com

Media internet akan berguna untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Banyak sekali portal untuk lowongan pekerjaan. Meskipun begitu, kamu harus selektif untuk mendaftar. Beberapa web tempat menemukan lowongan pekerjaan di antaranya JobStreet.com, JobsDB, Lowongan-Pekerjaan.com, gudanglowongankerja.com, dan masih banyak lagi.

Keuntungan yang kamu dapat dari web tersebut, kamu bisa menyesuaikan pekerjaan yang kamu inginkan dengan pekerja seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Di sinilah kecocokan antara kamu dan perusahaan akan diuji. Pertama, saat kamu membuka situs-situs lowongan pekerjaan tersebut, biasanya kamu akan diminta membuat akun. Data yang harus kamu isi di antaranya nama lengkap, email, dan password. Akun yang kamu buat berguna untuk informasi-informasi update dari web tersebut dan log in ke web yang akan kamu pilih untuk mencari pekerjaan.

advertisement

Namun, di beberapa web, kamu bisa langsung mengisi spesifikasi pekerjaan yang diinginkan tanpa membuat akun. Tampilan di beranda awal akan berupa kota tempat kamu tinggal dan jenis perusahaan yang dituju. Keyword yang kamu isi akan membawamu ke beberapa pekerjaan di lokasi terdekatmu dan jenis pekerjaan yang kamu mau. Lowongan yang di-posting bukan hanya dari perusahaan Indonesia saja, loh, banyak juga perusahaan-perusahaan asing yang mungkin saja “kamu banget.”

Bisa dengan melakukan pencarian di website tersebut

Bisa dengan melakukan pencarian di website tersebut

Untuk mendapat pekerjaan yang lebih spesifik, kamu bisa memilih sendiri dengan menentukan jenis perusahan, bisa perusahaan jasa, industri, atau apa pun yang kamu mau. Lalu pilih kategori pekerjaan, seperti akunting, perbankan, keuangan, desain, pendidikan, aksi sosial, asuransi, marketing, dan masih banyak lagi. Intinya kamu hanya tinggal mengeklik kategori pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan kemampuanmu, lalu pilih pekerjaan yang menurutmu sesuai.

Bisa juga melihat dari kategori pekerjaannya

Bisa juga melihat dari kategori pekerjaannya

 

Cari Lowongan Kerja di Google

Cara mencari kerja yang lainnya adalah lewat mesin pencari seperti Google. Kita bisa melakukan pencarian menggunakan berbagai variasi kata-kata kunci.

Terkait pekerjaannya, misalnya: lowongan pekerjaan accounting, lowongan pekerjaan marketing, dan sebagainya.

Misalnya: Lowongan Pekerjaan Accounting

Misalnya: Lowongan Pekerjaan Accounting

Terkait lokasi penempatan pekerjaannya, jika kita ingin lokasi kerja sesuai dengan domisili di mana kita berada, misalnya: lowongan pekerjaan surabaya, lowongan pekerjaan jakarta selatan, dan sebagainya.

Lowongan Pekerjaan Surabaya

Lowongan Pekerjaan Surabaya

Terkait perusahaan yang kita incar, jika kita sudah punya perusahaan impian, misalnya: lowongan pekerjaan PLN, lowongan pekerjaan Unilever, dan sebagainya.

Misalnya: Lowongan Unilever

Misalnya: Lowongan Unilever

Kita juga bisa menggunakan variasi kata lain selain ‘lowongan pekerjaan’, misalnya dalam bahasa inggris ‘career’ atau ‘jobs’. Kita bisa menggunakan ini untuk perusahaan-perusahaan multi nasional.

 

Cari Lowongan di Social Media LinkedIn

Begini tampilan LinkedIn kalau belum login

Begini tampilan LinkedIn kalau belum login

Ada trik jitu untuk mencari kerja selanjutnya dan ini berguna untuk kamu yang sudah seribu tahun mengincar sebuah perusahaan dan posisi pada perusahaan tersebut sejak masa kuliah. Melalui social media LinkedIn, kamu bisa mendapakan tautan, kontak HRD, atau bagian Recruitment dari perusahaan yang kamu mau.

Bagi yang belum tahu, LinkedIn sendiri adalah social media untuk para profesional. Gampangnya, LinkedIn itu semacam Facebook, tapi khusus dunia kerja. Bisa juga dibilang, LinkedIn itu adalah CV kita versi online (lihat contoh profil LinkedIn ini). Oh iya, di sini semua menggunakan bahasa Inggris ya.

Di LinkedIn banyak sekali orang-orang HRD atau recruiter yang memang mencari kandidat untuk didekati. Keuntungan utama memanfaatkan LinkedIn, khususnya bagi yang mengisi CV online-nya secara lengkap, adalah biasanya kita yang akan didekati bahkan dilamar oleh HRD/recruiter perusahaan! Karena bisa saja, perusahaan tersebut butuh karyawan untuk posisi tertentu (biasanya manager-level) tapi lowongan itu tidak di-publish di portal lowongan pekerjaan.

Ini buktinya, saya mendapat banyak sekali tawaran pekerjaan di LinkedIn

Ini buktinya, saya mendapat banyak sekali tawaran pekerjaan di LinkedIn

Bagaimana caranya?

  • Buka www.linkedin.com, lalu registrasi di sana
  • Setelah registrasi, login lalu lengkapi profil CV kamu di sana.
  • Tambah teman kita di LinkedIn. Lakukan pencarian (formnya ada di bagian atas tengah website LinkedIn) dengan menggunakan kata kunci ‘HR’ alias human resource. Akan muncul banyak profil orang-orang HR perusahaan.
  • Klik tombol biru bertuliskan ‘Connect’, lalu tunggu orang yang bersangkutan menerima undangan kita.
  • Kita juga bisa berteman dengan orang-orang yang berada di industri yang kita inginkan dengan mengetik kata kunci lainnya di form pencarian, misalnya ‘engineering’, ‘developer’, dsb.

Ingat: dengan memanfaatkan LinkedIn, seringkali kita tidak perlu melamar pekerjaan. Kitalah yang dilamar!

 

3. Tunggu Proses

Mudah-mudahan kamu bisa dipanggil interview!

Mudah-mudahan kamu bisa dipanggil interview!

Data yang telah kamu kirim akan secara otomatis tercantum dan biasanya langsung terkoneksi dengan web perusahaan tersebut. Sehingga, perusahaan tersebut akan mengolah datamu. Untuk berjaga-jaga, pantau terus lowongan pekerjaan yang telah kamu ambil, apakah sudah ditutup atau masih dibuka. Jika sudah ditutup tapi kamu belum dihubungi, maka siap-siap bertarung lagi. Jangan khawatir, setiap harinya, bahkan setiap waktu, web lowongan pekerjaan terus update informasi pekerjaan yang sedang dicari atau dibutuhkan. Dan dalam satu waktu kamu bisa memilih lebih dari satu lowongan pekerjaan. Jika yang satu gagal, masih ada harapan-harapan lain yang sedang diproses. Jadi jangan berkecil hati.

Jika perusahaan berminat dengan kemampuanmu, maka kamu akan dihubungi dan diminta untuk membuat jadwal wawancara. Nah, kamu masih harus berjuang, bukan?

Mencari pekerjaan kini bukan hal yang sulit lagi, malah menyenangkan, karena kamu tidak perlu berjalan kaki di bawah terik matahari, apalagi kalau perusahaan itu di Jakarta, pasti yang dipikirkan hanya debu dan polusi, deh.

Sebelum mencoba segala upaya untuk mendapatkan pekerjaan, jangan lupa berdoa dulu, dan pastikan perusahaan yang kamu pilih itu adalah perusahaan yang tepat dan dapat dipercaya.

Selamat berjuang!

 

Gambar utama: fairfaxcounty via Compfight cc

 



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😊 (64%)
  • 😍 (18%)
  • 😭 (18%)
  • 😡 (0%)
  • 😮 (0%)
  • 😆 (0%)
  • 😒 (0%)