7 Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2022, Lindungi HP Tetap Aman

anakui.com – Aplikasi antivirus Android terbaik berguna untuk melindungi perangkat dan privasi. Memiliki salah satu aplikasi antivirus yang terinstal di smartphone atau tablet dapat melindungi dari aplikasi jahat dan jenis malware lainnya sambil menghindari menjadi korban pencurian identitas.

Selain deteksi dan pencegahan malware yang hebat, aplikasi antivirus android terbaik dan ringan juga menyertakan fitur privasi dan anti-pencurian. Sebagian besar aplikasi ini memiliki tingkat layanan gratis yang dapat diuji sebelum membayar langganan, tetapi beberapa di antaranya benar-benar gratis.

Pada saat yang sama, beberapa app antivirus Android terbaik dalam daftar ini dapat mencadangkan kontak dan data penting lainnya, melacak hp atau tablet melalui GPS, menggunakan kamera perangkat untuk mengambil gambar pencuri, dan bahkan digunakan untuk menemukan hp dan jam tangan pintar.

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2022

Kami telah mengumpulkan yang terbaik dari nama terbesar dalam bisnis antivirus seluler, seperti Avast, Bitdefender, Lookout, McAfee, Norton, dan bahkan Google sendiri, untuk menilai aplikasi Android berdasarkan setelan, antarmuka, kegunaan, fitur tambahan, dan lainnya.

Secara keseleruhan kami memlih aplikasi yang memliki kemampuan untuk melindungi perangkat dari ancaman dunia maya terbaru. Berikut ini adalah aplikasi antivirus android terbaik di dunia yang dapat diinstal di perangkat sobat hari ini.

1. Bitdefender Mobile Security

Opsi berbayar terbaik

Spesifikasi
Harga tahunan: Rp. 225 ribuan; Alternatif gratis adalah aplikasi terpisah
Dukungan Android minimum: 5.0 Lollipop
Iklan: Tidak
Kunci aplikasi: ya
Anti-pencurian: Ya

Kelebihan

  • + Perlindungan malware terbaik
  • + Versi premium murah
  • + Banyak fitur yang berguna
  • + Dampak sistem kecil

Kekurangan

  • – Opsi VPN tak terbatas yang mahal

Aplikasi keamanan Android Bitdefender menampilkan perlindungan malware yang hampir lengkap, dampak kinerja yang sangat rendah, integrasi jam tangan Android Wear, klien VPN, dan pemblokir situs web berbahaya yang bekerja dengan sebagian besar browser Android.

Antivirus android terbaik tanpa iklan ini juga memiliki alat privasi yang kuat termasuk kunci aplikasi, pemindai Wi-Fi, fitur anti-pencurian, dan pemberitahuan pelanggaran data. Fitur yang baru ditambahkan, Scam Alert, menandai kemungkinan tautan berbahaya dalam pesan teks SMS, aplikasi perpesanan, dan pemberitahuan di layar.

Bitdefender Mobile Security menawarkan masa percobaan 14 hari, tetapi ini bukan aplikasi premium. Bitdefender Antivirus Gratis terpisah untuk aplikasi Android (yang benar-benar gratis) hanya memindai malware.

Klien VPN bawaan hanya menawarkan 200MB data gratis per bagian, yang lebih dari cukup untuk memeriksa email sobat saat bepergian. Jika menginginkan lebih banyak data, sobat harus membayar Rp. 100 ribuan per bulan atau Rp.750 ribuan per tahun. Tetapi dengan Rp. 225 ribuan per tahun, Bitdefender Mobile Security sepadan.

2. Norton Mobile Security

Spesifikasi
Harga tahunan: Rp. 225 ribu; tidak ada lagi versi gratis
Dukungan Android minimum: 8.0 Oreo
Iklan: Tidak
Kunci Aplikasi: Tidak
Anti Pencurian: Tidak

Kelebihan

  • + Deteksi Malware Sempurna
  • +App Advisor mengalahkan kompetisi
  • + Desain intuitif

Kekurangan

  • – Tidak ada lagi fitur anti-pencurian
  • – Tidak ada lagi tingkat gratis

Norton Mobile Security, juga dikenal sebagai Norton 360, menawarkan perlindungan malware terbaik dari semua aplikasi antivirus Android yang telah kami uji. Sayangnya, tidak ada lagi fitur anti-pencurian atau pencadangan kontak dan fitur pemblokiran tautan berbahaya Link Guard.

Norton juga telah menghapus tingkat gratis Norton Mobile Security. Ini yang terbaik dari semua aplikasi antivirus Android yang kami uji baru-baru ini. Itu telah digantikan oleh aplikasi khusus keamanan untuk satu perangkat dengan biaya Rp. 225 ribu per tahun.

Dengan Rp. 750 ribu per tahun, ia menambahkan layanan VPN tanpa batas dan pemantauan “dark web” atas informasi pribadi ke tingkat harga menengah yang disebut Norton 360 untuk Seluler.

Paket termahal, Norton 360 Deluxe, berharga Rp. 1,5 jutaan per tahun dan sebenarnya merupakan bagian dari rangkaian antivirus Norton dan dapat melindungi hingga lima perangkat Android, Windows, Mac, atau iOS. Semua langganan ini dapat dibayar langsung melalui aplikasi Norton dengan masa percobaan gratis selama 14 hari.

Fitur pembunuh Norton adalah Penasihat Aplikasinya yang unik, yang memeriksa aplikasi di perangkat untuk penggunaan data yang berlebihan dan perilaku yang tidak biasa. Mereka juga memeriksa aplikasi dari Google Play Store untuk mengetahui risiko keamanan dan privasi bahkan sebelum memasangnya.

3. Avast Mobile Security

Spesifikasi
Harga Tahunan: Gratis; Rp. 300 ribuan Versi Premium
Dukungan Android minimum: 6.0 Marshmallow
Iklan: Versi gratis
Kunci Aplikasi: Khusus premium
Anti-pencurian: beberapa premium

Kelebihan

  • + Versi premium murah
  • + Berbagai fitur tersedia secara gratis

Kekurangan

  • – Fitur anti-pencurian yang tidak dapat diandalkan
  • – Terlalu banyak iklan dalam versi gratis

Avast Mobile Security & Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus android terbaik 2022 gratis dan berfitur lengkap. Menawarkan segalanya, mulai dari penasihat privasi hingga pengoptimal sistem hingga daftar hitam yang dapat disesuaikan.

Namun, meskipun perlindungan malware Avast bagus, itu tidak sempurna. Beberapa fitur anti-pencurian Avast tidak berfungsi, dan fitur pemblokiran panggilan tidak berfungsi sama sekali. Dan iklan versi gratis serta omelan terus-menerus tentang pemutakhiran sangat mengganggu.

Iklan tersebut akan hilang saat sobat membayar salah satu tingkatan berbayar Avast Mobile Security: Premium (Rp. 30 ribu per bulan atau Rp.300 ribu per tahun) atau Ultimate (Rp. 105 ribu per bulan atau Rp. 600 ribu per tahun).

Pengguna paket berbayar juga mendapatkan fitur anti-pencurian tambahan, pengunci aplikasi, dan dukungan teknis. Klien bawaan Avast SecureLine VPN hanyalah pencicip, dan satu-satunya cara untuk menggunakannya adalah dengan membayar tingkat Ultimate.

Harga mandiri SecureLine adalah Rp. 900 ribu per tahun, jadi membayar tambahan Rp. 300 ribu untuk tingkat antivirus Android premium untuk data VPN tak terbatas bukanlah hal yang buruk.

4. Kaspersky Mobile Antivirus

Spesifikasi
Harga Tahunan: Gratis; Versi Premium Rp. 300 ribu
Dukungan Android minimum: 5.0 Lollipop
Iklan: Tidak
Kunci Aplikasi: Khusus premium
Anti-pencurian: ya

Kelebihan

  • + Perlindungan malware yang kuat
  • + Aktifkan pemblokiran panggilan
  • + Tidak ada iklan dalam versi gratis.

Kekurangan

  • – Fungsionalitas terbatas di seluruh
  • – Versi gratis tidak otomatis memindai aplikasi baru.

Kaspersky Mobile Antivirus, juga dikenal sebagai Kaspersky Internet Security untuk Android, menawarkan perlindungan malware yang hampir lengkap, dampak sistem kecil, dan pemblokiran panggilan yang benar-benar berfungsi.

Tidak ada iklan dalam versi gratis dan tidak ada omelan saat meningkatkan ke paket berbayar. Pengguna gratis mendapatkan pemfilteran panggilan, dukungan Android Wear, dan fitur anti-pencurian yang kuat, tetapi harus memindai setiap aplikasi baru secara manual.

Pengguna berbayar mendapatkan pemindaian otomatis untuk aplikasi baru, penguncian aplikasi, dan pemblokiran situs web phishing yang dikenal. Itu saja. Saat ini tidak ada pemindai jaringan Wi-Fi dan alat privasi yang ditawarkan oleh aplikasi antivirus Android lainnya.

Jika hanya mencari perlindungan malware, sobat tidak akan salah memilih tingkat gratis Kaspersky Mobile Antivirus. Namun, versi berbayarnya terasa lebih murah tetapi simple, dan sobat mendapatkan lebih banyak dari aplikasi berbayar saingan Bitdefender dengan harga Rp. 75 ribu lebih murah.

5. Lookout Security & Antivirus

Spesifikasi
Harga Tahunan: Gratis; Rp. 450 ribu Versi Premium
Dukungan Android minimum: 5.0 Lollipop
Iklan: Tidak
Kunci Aplikasi: Tidak
Anti-pencurian: beberapa premium

Kelebihan

  • + Opsi perlindungan identitas yang kuat
  • + Antarmuka pengguna yang baik

Kekurangan

  • – Beberapa fitur gratis
  • – Tidak banyak data perlindungan malware
  • – Pemindaian berat dan lambat

Lookout Mobile Security, sekarang berganti nama menjadi Lookout Security and Antivirus atau Lookout Personal, adalah salah satu aplikasi antivirus android terbaik di dunia dan telah lama menjadi yang terbaik. Antarmukanya yang mudah digunakan, bersih, dan tidak adanya iklan selalu populer.

Namun, biaya Lookout dapat bertambah dengan cepat. Tingkat gratis adalah barebone. Ini memindai malware dan menemukan hp yang hilang. Tingkat premium mengenakan biaya Rp. 450 ribu per tahun.

Meskipun beberapa fitur, seperti memblokir situs web berbahaya dan memindai jaringan Wi-Fi, tersedia gratis dengan aplikasi antivirus Android lainnya. VPN tanpa batas dan layanan pemberitahuan pelanggaran data menjadikan harga premium berharga.

Dengan Rp. 1,5 juta per tahun, paket “Premium Plus” sebenarnya adalah layanan perlindungan identitas yang cukup terjangkau yang menawarkan banyak manfaat yang sama seperti yang didapatkan dari LifeLock atau IdentityForce. Mungkin sepadan dengan biayanya.

Masalahnya adalah, kami tidak begitu tahu seberapa baik Lookout melindungi dari malware, karena Lookout jarang mengirimkan aplikasi ke evaluasi lab pihak ketiga. Pemindaian aktif juga lambat dan berat.

6. McAfee Mobile Security

Spesifikasi
Harga Tahunan: Gratis; Rp. 450 ribu versi premium
Dukungan Android minimum: 7.0 Nougat
Iklan: Versi gratis
Kunci Aplikasi: Dihentikan
Anti-Pencurian: Dihentikan

Kelebihan

  • + Beberapa fitur gratis yang layak
  • + VPN jika siap membayar banyak

Kekurangan

  • – Terlalu banyak iklan dalam versi gratis
  • – Kelas premium mahal
  • – Perlindungan malware kecil

Seperti Avast, McAfee telah atau telah menyediakan banyak sekali fitur berguna, tetapi versi gratisnya penuh dengan iklan dan penawaran upsell. Perlindungan malware tidak fantastis, tapi tidak apa-apa.

Pada musim panas 2021, McAfee Mobile Security telah menghapus banyak fiturnya yang paling berguna, termasuk fitur App Lock, Guest Mode, Anti-Theft, Memory Booster, dan Storage Cleaner. Selain “menyesuaikan portofolio produk”, tidak jelas mengapa hal ini dilakukan.

Dengan McAfee Mobile Security versi gratis, sobat mendapatkan fitur bagus seperti cara melacak penggunaan data setiap aplikasi dan pemindai keamanan Wi-Fi.

Dapatkan lebih banyak dengan tingkat premium “Standar” dengan penyaring URL, dukungan teknis 24/7, dan tanpa iklan lagi. Namun, dengan harga Rp. 450 ribu per tahun, ini agak mahal mengingat Bitdefender dan Kaspersky menawarkan fitur yang sama dengan harga lebih murah.

Tingkat berbayar tertinggi, “Plus”, berharga Rp. 1,2 juta per tahun dan menyediakan fitur standar dan akses VPN tak terbatas, tetapi hanya untuk hp atau tablet tunggal. Untuk sebagian kecil dari biaya, sobat mendapatkan salah satu layanan VPN terbaik yang melindungi semua perangkat.

7. Google Play Protect

Spesifikasi
Harga Tahunan: Gratis
Dukungan Android minimum: 4.4 Kit Kat
Iklan: Tidak
Kunci aplikasi: ya
Anti-pencurian: ya

Kelebihan

  • + Dibangun langsung ke Android
  • + Dampak sistem kecil
  • + Alat anti-pencurian yang bagus

Kekurangan

  • – Perlindungan malware yang mengerikan
  • – Beberapa fitur

Google Play Protect dibangun di setiap perangkat Android yang menjalankan Google Play, dan akan sangat bagus jika berhasil. Sayangnya, deteksi malware Google Play Protect yang suram adalah argumen terkuat yang menentang penggunaan aplikasi antivirus Android pihak ketiga.

Kami menyukai antarmuka minimal Google Play Protect, tanpa iklan, dan dampak sistem yang ringan. Beberapa fitur bawaan Android lainnya, termasuk Temukan Perangkat Saya dan Penjelajahan Aman Chrome, mencerminkan apa yang dilakukan aplikasi antivirus pihak ketiga di samping.

Fitur terbaik Google Play Protect adalah dapat digunakan untuk menonaktifkan aplikasi berbahaya dari Google dari jarak jauh. Ini berlaku ketika menjalankan perangkat lunak antivirus pihak ketiga atau tidak. Kami tidak menyarankan untuk menonaktifkan Google Play Protect.

Namun secara keseluruhan, Google Play Protect sangat buruk dalam melindungi pengguna dari aplikasi jahat. Gunakan yang lain untuk diri sendiri.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang sering diajukan oleh para pembca.

Alasan Menggunakan Aplikasi Antivirus Android

Menjaga keamanan hp atau tablet Android memerlukan pembaruan software ke versi terbaru. Ini karena versi baru Android lebih aman daripada versi sebelumnya, dan pembaruan keamanan Android bulanan memperbaiki kekurangan yang baru ditemukan.

Namun, jika tidak memiliki hp Google Pixel atau Android One, sobat tidak akan langsung mendapatkan pembaruan dan peningkatan ini. Sebagian besar produsen perangkat memerlukan waktu tambahan untuk memastikan bahwa perubahan Android tidak merusak perangkat atau software mereka.

Waktu antara pembaruan mungkin berbulan-bulan, tetapi bisa juga berminggu-minggu. Lebih buruk lagi, beberapa hp Android berhenti memutakhirkan OS Android setelah dua tahun dan beberapa tidak mendapatkan tambalan keamanan bulanan sama sekali.

Ini dia aplikasi antivirus Android terbaik. Aplikasi ini memblokir serangan yang mencoba melewati pertahanan bawaan Android, terutama yang ditambal oleh Google yang belum (atau tidak akan) ada di perangkat. Itu juga memblokir serangan baru yang tidak ditangkap Google Play Protect, bahkan pada perangkat Pixel.

Cara Memilih Aplikasi Antivirus Android Terbaik

Aplikasi antivirus Android biasanya tersedia dalam tiga skema harga: sepenuhnya gratis, berbayar, dan premium. Aplikasi Premium memungkinkan sobat memilih antara mendapatkan serangkaian fitur terbatas secara gratis, atau meningkatkan ke versi premium yang memberi akses ke semua fitur seperti aplikasi berbayar penuh.

Bahkan aplikasi yang menawarkan banyak fitur gratis dapat menampilkan banyak iklan. Beberapa fitur yang termasuk dalam aplikasi antivirus Android terbaik mungkin termasuk mekanisme anti-pencurian, “penasihat” yang membantu memindai dan memilih aplikasi, pemindai keamanan jaringan Wi-Fi, atau kunci aplikasi yang memerlukan kata sandi untuk membuka aplikasi tertentu.

Aplikasi berbayar dan tingkat premium umumnya berharga antara Rp. 225 ribu dan Rp. 45o ribu per tahun. Namun, beberapa pembuat aplikasi ingin membatasi jumlah perangkat yang dapat memasang versi premium/berbayar.

Sementara itu, yang lain tetap menggunakan tingkat super-premium, yang menawarkan akses tak terbatas ke VPN atau layanan perlindungan pencurian identitas, seringkali dengan harga yang cukup bagus. Meskipun demikian, faktor terpenting saat memutuskan aplikasi antivirus Android mana yang akan digunakan adalah perlindungan malware.

Norton dan Bitdefender memimpin di bidang ini, dan Kaspersky tidak jauh di belakang. Google Play Protect bawaan masih membutuhkan beberapa perbaikan, sementara Avast bagus, tapi tidak bagus. Kami tidak dapat memastikan tentang Lookout dan 360 Security, karena tidak ada perusahaan yang baru-baru ini mengirimkan aplikasi ke pengujian lab.

Cara Menguji Aplikasi Antivirus Android Terbaik

Untuk mengukur perlindungan keamanan yang diberikan oleh setiap aplikasi antivirus Android terbaik, kami telah mengumpulkan hasil pengujian dua bulanan terbaru dari AV-TEST, sebuah laboratorium Jerman independen yang mengukur seberapa baik aplikasi keamanan Android dapat mendeteksi nol- hari digunakan Malware dan ancaman lainnya.

Kami juga melihat hasil dari dua tahun terakhir, karena skor beberapa aplikasi tidak konsisten dari satu pengujian ke pengujian berikutnya. Pada saat yang sama, kami juga menggunakan beberapa hasil dari AV-Comparatives, sebuah lab Austria yang menguji hampir setiap aplikasi antivirus Android di Play Store setahun sekali, termasuk yang tidak berfungsi dengan pengujian. laboratorium. Namun, tes ini kurang detail.

Untuk mengukur dampak aplikasi antivirus terhadap keseluruhan kinerja smartphone Android, kami menggunakan aplikasi pembandingan Geekbench 5 pada Samsung Galaxy Note 20 yang menjalankan Android 12.

Untuk setiap aplikasi, kami pertama kali menjalankan Geekbench tanpa aplikasi antivirus untuk membuat garis dasar sebelum dijalankan. Salah satu aplikasi ulasan yang diinstal dan selama pemindaian penuh setiap aplikasi.

Di sini, kami melihat lebih dekat jumlah fitur dan kegunaan setiap aplikasi, dan mengevaluasi fitur mana yang tersedia untuk pengguna berbayar. Kami juga mengevaluasi antarmuka pengguna dan proses pemasangan setiap aplikasi.

Leave a Comment