10 Situs Untuk Download Ebook Gratis


0
Download Ebook Gratis

Tren paperless semakin populer belakangan ini. Demi menjaga kelestarian lingkungan, penggunaan kertas mulai banyak dikurangi. Bukan hanya pada saat mencetak dokumen tertentu, tetapi juga tatkala membaca buku. Sebagai solusinya, sebagian orang lebih memilih membaca ebook (buku elektronik).

Ada ebook berbayar, ada pula ebook gratis yang ditawarkan oleh pihak tertentu. Pengguna bebas mengunduh ebook gratis ini. Namun, tidak semua ebook gratis berstatus legal, ada pula yang ilegal. Mengunduh atau mengakses ebook ilegal tentu akan merugikan penulis. Nah, berikut sejumlah website pilihan yang menyediakan download ebook gratis dan legal.

www.openlibrary.org

Open Library

Jika kamu senang membaca buku, perpustakaan pasti sudah tak asing. Nah, pada zaman digital ini, ada pula yang disebut perpustakaan online. Fungsinya sama, yaitu menawarkan kesempatan untuk membaca buku-buku secara gratis.

Nah, perpustakaan online tersebut bisa kamu akses di www.openlibrary.org. Open Library memiliki lebih dari 20 juta koleksi ebook. Uniknya, setiap orang dapat berkontribusi dengan menambahkan buku pada situs tersebut. Supaya pencarian lebih gampang, ebook dikelompokkan berdasarkan temanya. Mulai dari buku seni, novel fantasi, biografi, kesehatan sejarah, dan masakan, lengkap tersedia.

Nah, kamu dapat meminjam, membaca, atau download ebook gratis yang tersedia di Open Library kapan pun.

www.manybooks.net

Manybooks

Kamu juga dapat membaca ebook di situs ManyBooks. Situs yang diluncurkan pada 2005 ini memiliki koleksi dari sekitar 15.000 penulis buku. Ada di antaranya yang merupakan penulis penerbit mayor, ada pula dari penerbit indie.

Dengan tema yang sangat beragam, situs ini menjadi semakin menarik. Kamu bisa menemukan buku bergenre romance, sejarah, biografi, atau cerita horor di sini. Tersedia pula banyak buku-buku nonfiksi yang berkualitas. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Namun, jika tidak ingin menghabiskan kapasitas penyimpanan ponselmu, baca saja secara online.

www.gutenberg.org

Project Gutenberg

Salah satu situs penyedia ebook gratis terlengkap adalah Project Gutenberg. Ini merupakan perpustakaan online yang menyimpan lebih dari 60.000 judul buku. Untuk membacanya, kamu bisa memilih format epub gratis atau melalui Kindle. Kamu juga dapat mengunduh atau membacanya langsung secara online.

Keunikan Project Gutenberg selain kelengkapan koleksinya adalah keberadaan buku-buku literatur klasik. Buku-buku yang hak ciptanya telah expired ini disimpan untuk diakses secara online dan gratis oleh semua orang.

Masalah pada buku klasik bukan pada harganya, tetapi pada ketersediaan buku cetak. Karena telah diterbitkan ratusan tahun lalu, sebagian besar naskah aslinya telah lenyap. Nah, kamu bisa mengaksesnya secara bebas hanya di Project Gutenberg.

www.ebookdirectory.com

Ebook Directory

Satu lagi situs untuk download ebook gratis adalah The Ebook Directory. Buku-buku ini dibagikan secara gratis karena hak ciptanya tak berlaku lagi. Ada sekitar 20.000 koleksi buku yang tersedia, mulai dari genre motivasi, marketing, masakan, humor, self help, novel, sejarah, komputer, dan sebagainya.

www.getfreeebooks.com

GetFreeEbooks

Jika ingin mendapatkan ebook dengan gratis dan legal, kamu dapat berkunjung ke Get Free Ebooks. Tersedia banyak pilihan buku yang bisa kamu baca secara lebih fleksibel. Bukan hanya gratis, buku-buku di sini juga dapat diunduh secara legal.

Menariknya, ketersediaan buku di situs ini dikelompokkan berdasarkan temanya. Sebagai contoh, jika kamu sedang mencari informasi mengenai kanker ovarium, ada sekitar 27 judul buku yang membahas tema ini dalam bentuk PDF. Semua telah dikumpulkan dalam satu ulasan yang disertai link pengunduhan buku yang terkait. Tema-tema buku yang ditonjolkan juga disesuaikan dengan tren yang saat ini sedang populer.

www.centslessbooks.com

Centless Books

Buku gratis lainnya dapat kamu unduh di Centsless Books. Ada banyak sekali pilihan buku di situs ini yang dapat diakses secara gratis melalui Kindle. Mulai dari yang populer hingga klasik, semua bisa kamu temukan di sini.

Buku-buku tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori, seperti romance, fantasi, nonfiksi, self help, referensi, hukum, medis, travel, parenting dan hubungan, sejarah, bahkan buku anak-anak. Bagi kamu yang senang membaca buku, kehadiran situs ini tentu sangat membantu.

www.bookyards.com

Bookyards

Nikmati juga ebooks gratis yang ditawarkan oleh Bookyards. Perpustakaan online ini menyimpan sejumlah buku yang ditulis oleh 6.709 penulis. Hingga saat ini, ada sekitar 23.959 judul buku yang tersedia di situs Bookyards. Semuanya berasal dari ratusan penerbit.

Menariknya, kamu bisa melacak buku dengan pencarian berdasarkan nama penulis. Namun, untuk mengunduh dan mendapatkan ebook, kamu hanya perlu menekan satu tombol. Selanjutnya, kamu bisa menikmati alias membaca buku dalam format PDF. Tentu pilihan ini lebih simpel jika dibandingkan dengan membawa buku fisik.

www.ebooklobby.com

Ebook Lobby

Bacaan gratis juga bisa kamu dapatkan di Ebook Lobby. Tampilan situs website ini sekilas sangat sederhana dan mudah diakses. Pada bagian Home, terdapat kategori jenis buku yang tersedia, mulai dari seni dan fotografi, biografi dan memori, bisnis dan investasi, buku anak-anak, komputer, memasak, kesehatan, hukum, dan sebagainya.

Menariknya, kamu akan disuguhi informasi beserta link download 10 buku teratas saat itu. Daftar ini dapat berubah tergantung pada jumlah view yang didapatkan oleh tiap buku. Bukan hanya buku-buku fiksi aneka genre, kamu juga bisa menemukan buku nonfiksi dengan berbagai tema menarik.

www.oapen.org

Oapen

Kamu dapat mengunduh berbagai jenis buku akademik secara gratis dari website ini. Sebagian besar terdiri atas buku-buku ilmu sosial. Oapen bekerja sama dengan sejumlah penerbit untuk menciptakan kontrol kualitas terhadap buku-buku yang ditawarkan kepada pembaca.

Perpustakaan online ini memiliki kantor fisik di National Library di The Hague, Belanda. Awalnya, Oapen (Open Access Publishing in European Networks) adalah proyek yang didanai oleh EU dalam waktu 30 bulan. Tujuan dari proyek tersebut adalah melakukan publikasi yang optimal terhadap buku akademik, khususnya di bidang sosial, sehingga semakin banyak dibaca.

www.id.booksc.org

BookSC

Jika kamu ingin membaca ebook secara gratis, pilihan lainnya yang wajib kamu coba adalah BookSC. Situs ini menyimpan sekitar 4,9 juta buku serta lebih dari 77 juta artikel yang bisa diunduh secara gratis. Buku-buku tersebut bisa diunduh dalam format PDF atau dikirim ke Kindle dan email.

Untuk memudahkan kamu dalam mencari, kamu dapat memanfaatkan filter seperti tahun dan bahasa. Pada kolom Search, kamu hanya perlu memasukkan kata atau frasa berupa judul, penulis, atau ISBN.

Nah, bagi kamu yang senang membaca buku, situs-situs ini wajib sering dikunjungi. Kamu dapat menambah informasi maupun pengetahuan dari pilihan buku klasik tetapi masih bermanfaat. Semakin menarik lagi jika situs tersebut juga dilengkapi dengan layanan lain, seperti artikel atau jurnal ilmiah.

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, kamu kini tidak perlu bingung saat hendak mencari bahan-bahan referensi. Namun, pastikan kapasitas penyimpanan di ponselmu mencukupi untuk menyimpan semua hasil unduhan tersebut. Selamat download ebook gratis!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Hangga Nuarta

Halo! Saya Hangga, alumni FEUI. Saat ini bekerja di bidang digital marketing. Kadang menulis di blog saya juga hangganuarta.com.
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals