Cara Membuat Garis di Word dengan Mudah (Kop Surat, DLL)

Anakui.comCara Membuat Garis di Word, Kali ini kami akan membahas tentang Cara Membuat Garis di Word dengan mudah. Word sendiri merupakan program pengolah kata yang digunakan oleh banyak orang karena fiturnya yang banyak. Seringkali orang menggunakan fitur-fitur berbeda ini untuk membantu mereka menyelesaikan tulisan mereka untuk hasil yang optimal.

Namun meskipun demikian, seringkali orang tidak mengetahui manfaat dari fitur ini. Hal ini bisa dimaklumi, karena banyak orang yang hanya peduli dengan fitur-fitur yang ada dan hanya tertarik untuk menulisnya. Namun, tidak ada salahnya menggunakan fitur tersebut untuk mengoptimalkan postingan yang Anda tulis nantinya.

Oleh karena itu, di sini kami akan mengulas tentang Cara Membuat Garis di Word dengan mudah. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat garis horizontal atau vertikal. Anda juga dapat membuat garis menggunakan beberapa fungsi. Berikut panduan lengkap yang bisa Anda ikuti.

Cara Membuat Garis di Word

Garis itu sendiri biasanya digunakan saat membuat proyek di Microsoft Word. Susun pengaturan Anda, dimulai dengan batas kop surat/kepala surat, dan yang digunakan dalam bagan alur. Membuat garis di Microsoft Word sebenarnya mudah, namun banyak orang yang tidak mengetahui triknya.

Cara Membuat Garis di Word

Ada dua langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuat garis Anda sendiri. Yang pertama adalah Anda dapat menggunakan huruf pada keyboard untuk membuat garis. Pada langkah kedua membuat garis di Microsoft Word, Anda dapat menggunakan beberapa fitur tradisional seperti menyisipkan bentuk dan menggunakan batas. Berikut adalah beberapa panduan menggambar garis yang dapat Anda ikuti tanpa basa-basi.

Membuat Garis di Word Menggunakan Border

Langkah pertama untuk membuat garis di Word adalah dengan menggunakan menu Borders. Langkah ini sangat mudah karena Anda tidak perlu menghitung garis lagi, tetapi garis mengikuti panjang teks.

Membuat Garis di Word Menggunakan Border

Cara Membuat Garis Border

  1. Pertama, buka lembar kerja yang Anda buat di Word, lalu tempatkan kursor pada status garis yang diinginkan.
  2. Kemudian anda bisa menentukan menu home atau halaman pertama jika kata tersebut dalam bahasa Indonesia.
  3. Temukan submenu Borders dan klik gambar panah bawah.
  4. Anda memiliki beberapa opsi. Anda dapat memilih batas bawah untuk membuat garis bawah horizontal dan batas besar untuk
    membuat garis atas horizontal.
  5. Anda kemudian dapat membuat garis vertikal di kiri/kanan dengan memilih batas kiri/kanan untuk membuat garis vertikal.

Membuat Garis di Word Menggunakan Shapes

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan untuk membuat garis panjang di Word adalah dengan menggunakan fitur Shapes. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Membuat Garis di Word Menggunakan Shapes

Langkah-langkah membuat garis dengan kata-kata menggunakan shapes.

  1. Buka lembar kerja kata, lalu pilih menu Sisipkan, atau sisipkan kata jika dalam bahasa Indonesia.
  2. Kemudian cari fitur ‘Tampilan’.
  3. Jika Anda mengklik menu Penampilan, ada banyak opsi untuk dipilih. Temukan bentuk garis pelat.
  4. Anda dapat mencari garis pelat di menu Garis dan menentukan garis di paling kiri.
  5. Tempatkan kursor di tempat Anda ingin menggambar garis luar, lalu klik garis luar pelat.
  6. Nantinya, kursor akan berubah menjadi tanda plus (+) besar yang bisa Anda gunakan untuk menentukan panjang garis yang Anda inginkan.

Tempatkan kursor lebih awal karena garis akan segera dibuat saat panjang garis yang diinginkan tercapai.

Saat membuat garis, akan ada lingkaran di kedua ujung garis. Anda dapat mengeklik di mana saja pada kata tersebut untuk menghapus lingkaran yang baru saja Anda seret.

Jika Anda ingin membuat garis vertikal, Anda dapat melakukan langkah ini dengan menyeret garis secara vertikal.

Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk membuat garis, tetapi Anda juga dapat menggunakan fungsi shapes untuk membuat berbagai bentuk yang telah disiapkan. Anda dapat mencobanya satu per satu jika perlu.

Membuat Garis di Word Menggunakan Karakter Min(-)

Pada langkah ini, kita secara manual membuat garis horizontal dengan karakter keyboard min(-).

Langkah ini mudah diikuti karena Anda tidak perlu bersusah payah untuk menemukan fitur-fitur yang dijelaskan di atas. Berikut beberapa langkahnya.

Membuat Garis di Word Menggunakan Karakter Min

Cara Membuat Garis di Word menggunakan karakter min(-)

  1. Yang pertama tentu saja membuka lembar kerja dengan word yang Anda buat.
  2. Anda kemudian dapat menempatkan kursor di tempat yang Anda inginkan untuk memunculkan garis horizontal, seperti di bagian
    bawah teks yang Anda tulis.
  3. Anda kemudian dapat menekan karakter minus pada keyboard Anda sekitar 3 kali.
  4. Tekan karakter min(-) sekitar 3 kali dan tekan Enter untuk secara otomatis membuat garis horizontal sepanjang teks yang Anda
  5. catat di lembar kerja Word Anda.

Membuat Garis di Word Menggunakan Garis Bawah ( _ )

Cara mudah untuk membuat garis pada Word adalah dengan menggunakan karakter garis bawah (_) pada keyboard Anda. Caranya sama seperti yang pertama kali. Berikut beberapa langkahnya.

Membuat Garis di Word Menggunakan Garis Bawah

Cara Membuat Garis di Word menggunakan menggunakan Garis Bawah (_).

  1. Buka lembar kerja di Word tempat Anda membuatnya.
  2. Tempatkan kursor di tempat yang ingin Anda beri garis horizontal.
  3. Kemudian tekan karakter garis bawah ( _ ) sekitar tiga kali pada keyboard Anda dan tekan Enter.
  4. Garis horizontal dibuat secara otomatis berdasarkan panjang teks di lembar kerja.
  5. Perlu diperhatikan bahwa terdapat perbedaan bentuk garis horizontal yang dibuat oleh karakter min(-) dan karakter garis bawah(_).

Garis horizontal yang dibuat saat menggunakan karakter underscore(_) jauh lebih tebal daripada garis yang dibuat dengan karakter min(-).

Membuat Garis di Word menggunakan karakter bintang (*)

Anda juga dapat membuat garis dengan karakter selain min (-) dan garis bawah (_), tetapi itu akan mengubah tampilan garis. Ini biasanya diperlukan ketika seseorang ingin membuat garis putus-putus atau garis horizontal yang tidak rata. Kali ini saya akan memberikan beberapa langkah untuk membuat garis horizontal di Word dengan karakter asterisk (*):

Membuat Garis di Word menggunakan karakter bintang

Cara membuat garis di word dengan karakter bintang (*)

  1. Buka lembar kerja kata yang Anda buat.
  2. Tempatkan kursor di tempat Anda ingin menambahkan garis.
  3. Tekan tanda bintang (*) sekitar tiga kali, lalu tekan Enter.
  4. Bergantung pada panjang teks dalam lembar kerja kata, garis bintang bertitik dihasilkan secara otomatis.

Penutup

Tentu saja ada perbedaan dan manfaat menggunakan metode di atas untuk membuat garis di Word. Cara-cara tersebut bisa Anda coba satu per satu untuk mengetahui perbedaannya. Padahal, masih ada karakter yang bisa membuat garis horizontal, seperti tanda hash (#), sama dengan (=), worm (~), dan simbol lainnya.

Manakah dari metode yang disebutkan di atas yang menurut Anda lebih mudah digunakan? Cobalah dan terus jelajahi banyak fitur lain dari Microsoft Word. Karena Microsoft Word adalah keterampilan yang penting untuk dikuasai saat ini.

Itulah tadi Artikel dari AnakUI.com tentang Cara Membuat Garis di Word. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke sosmed kalian ya.terima kasih!!

Leave a Comment