12 Monitor Gaming Terbaik 2022, Ngegame Jadi Lancar!

anakui.com –  Monitor gaming terbaik termasuk layar yang mendukung 4K, 144Hz, dan G-Sync. Monitor gaming yang bagus dapat meningkatkan pengalaman bermain game.

Baik sedang membangun rig yang sangat kuat atau membeli salah satu PC gaming terbaik, sobat pasti menginginkan salah satu merk monitor gaming terbaik untuk membuat game terlihat sebaik mungkin. Ini berlaku bahkan bagi mereka yang memiliki konsol seperti PS5 dan Xbox Series X.

Monitor gaming top-of-the-line sangat penting jika membayar mahal untuk mesin kelas atas. Monitor game dapat menampilkan gambar tajam, warna cerah, resolusi tinggi, dan kecepatan frane cepat, dengan menu yang mudah dinavigasi dan sejumlah opsi untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game.

Beberapa monitor gaming dibuat melengkung untuk membantu menjaga jarak optimal setiap sudut layar dari mata. Cocok untuk berbagai kebutuhan gaming.

Monitor Gaming Terbaik 2022

Untuk menyusun daftar monitor gaming terbaik, kami menguji beberapa display gaming terlaris di pasaran untuk melihat apa yang benar-benar menghadirkan pengalaman gaming yang layak untuk PC, konsol, atau laptop gaming terbaik pada masanya.

Pilihan kami menjalankan keseluruhan dari resolusi 1080p hingga 4K, dan kecepatan refresh 60Hz hingga 144Hz dan seterusnya. Berikut adalah daftar monitor gaming terbaik yang dapat sobat beli hari ini

1. Razer Raptor 27

Monitor gaming termahal & terbaik secara keseluruhan

Spesifikasi
Dimensi: 24,2 x 15,3 x 7,5 inci
Ukuran layar: 27 inci
Resolusi: 2560x1440
Tingkat refresh: 144Hz
Input: DisplayPort, HDMI, USB-C
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 20,9 pon

Kelebihan

  • + Tampilan warna-warni
  • + Desain cerdas
  • + Menu sederhana

Kekurangan

  • – Sangat mahal dibandingkan barang lain di daftar ini.
  • – Memerlukan USB-C untuk kustomisasi

Razer Raptor 27 saat ini menempati peringkat sebagai monitor gaming terbaik secara keseluruhan. Layar 27 inci ini menampilkan warna cemerlang dengan akurasi memukau dalam resolusi Quad HD yang tajam. Kecepatan refresh 144Hz Raptor 27 yang cepat memungkinkan menjalankan game di lebih dari 100 frame per detik.

Layar 2560 x 1440 piksel cukup tinggi untuk menampilkan gambar yang bagus, tetapi tidak terlalu tinggi sehingga sobat memerlukan PC yang sangat kuat untuk memaksimalkannya. Dengan kata lain, ini merupakan jalan tengah yang hampir sempurna antara kinerja dan aksesibilitas.

Satu-satunya downside Raptor 27 adalah harganya mahal, terutama dibandingkan dengan monitor quad HD lainnya. Namun, sobat juga membayar untuk desain fisik monitor yang bagus, dengan akses yang sangat mudah ke port dan manajemen kabel yang sangat sederhana.

2. Acer XFA240

Monitor gaming terbaik di bawah 3 jutaan

Spesifikasi
Dimensi: 22,3 x 2,4 x 13,2 inci
Ukuran layar: 24 inci
Resolusi: 1920x1080
Tingkat refresh: 144Hz
Input: DisplayPort, HDMI, DVI
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: TN
Berat: 8,5 pound

Kelebihan

  • + Terjangkau dibandingkan dengan produk pesaing
  • + Kualitas warna bagus
  • + Desain yang mudah dan intuitif

Kekurangan

  • – Menunya menyebalkan
  • – “Game Mode” dapat memperburuk grafik.

Acer XFA240 menunjukkan bahwa monitor full HD yang bagus tidak harus mahal. Dengan harga tidak lebih dari Rp. 3 jutaan, monitor 1080p ini menawarkan warna yang lebih akurat dari yang diharapkan. Lebih banyak tambahan, termasuk mode vertikal penuh yang sangat berharga sebagai layar kedua.

Monitor ini sempurna untuk bermain game dan produktivitas, dengan kecepatan refresh 144Hz dan banyak port, termasuk input DVI untuk komputer lama. Monitor gaming terbaik murah ini memiliki beberapa keanehan yang cukup normal untuk harganya.

Speaker internal tidak layak digunakan, menunya membingungkan, dan konfigurasinya terasa agak murah. Di sisi lain, monitor gaming 144hz terbaik ini sepadan dengan harga yang diminta. Mengingat seberapa baik tampilan game dan betapa cantik warnanya dengan beberapa penyesuaian.

3. Alienware AW3423DWF

Monitor Gaming QD-OLED Melengkung Terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 16,36/20,69 x 32,10 x 12,04 inci (dengan dudukan)
Ukuran layar: 34 inci
Resolusi: 3440x1440
Kecepatan refresh: 165 Hz (DisplayPort), 120 Hz (HDMI)
Input: 1 HDMI, 2 DisplayPort, 4 USB-A, saluran keluar audio, headphone
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 21:9
Jenis Panel: Titik Kuantum
Berat: 21 pon

Kelebihan

  • + Kualitas gambar yang sangat baik
  • + Lebih murah dari model aslinya
  • + Desain lebih tipis dan ringan
  • + Kecepatan refresh cepat dan latensi rendah

Kekurangan

  • – Pembaruan kecil yang terbaik

Alienware AW3423DWF QD-OLED mengatasi beberapa masalah dengan model aslinya. Dengan dukungan HDMI 2.1 disertakan, harga rendahnya solid. Perbaikan, meskipun hanya peningkatan kecil secara keseluruhan, secara objektif menghasilkan produk yang lebih kuat.

Meskipun demikian, sulit untuk merekomendasikan monitor gaming curved terbaik ini kepada orang yang telah membeli versi aslinya. Dukungan HDMI 2.1 bagus, tetapi tidak sebanding dengan peningkatannya. Terutama jika soabt bermain game PC.

Dan seperti yang kami katakan, sangat sedikit game konsol yang mendukung 120Hz. Jika memiliki AW3423DW, sobat tidak akan melewatkan banyak hal. Namun, mengingat AW3423DWF berharga Rp. 16 jutaan, ini menjadikannya perangkat yang lebih mudah untuk direkomendasikan kepada pemula.

4. Sony Inzone M9

Monitor gaming terbaik jika sobat juga memiliki PS5

Spesifikasi
Resolusi: 3.840 x 2.160
Ukuran layar: 27 inci
Tingkat refresh: 144Hz
Input: 1 jack headphone, 3 USB-A, 1 USB-B, 1 USB-C, 1 Port Tampilan, 2 HDMI 2.1
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 15 pon

Kelebihan

  • + Tampilan Jelas
  • + Refresh rate 144Hz yang sangat mulus
  • + Desain bergaya dan minimalis
  • + Cocok untuk game PC dan PS5
  • + Harga kompetitif

Kekurangan

  • – Monitor tidak dapat diputar 90 derajat.
  • – Bass lemah dari speaker internal

Monitor gaming Sony Inzone M9 adalah perangkat fantastis untuk game PC dan PS5. Dengan harga eceran Rp. 13 jutaan, monitor gaming 4K 144Hz 27 inci yang menakjubkan ini merupakan pembelian yang bagus untuk siapa saja yang bermain game di PC atau PlayStation 5.

Jika secara tidak sengaja ingin melakukan keduanya dan melakukannya di layar yang sama, M9 cocok untuk sobat. Juga ada yang aneh. Perangkat game yang diproduksi oleh Sony di bawah divisi perangkat keras bernama Inzone, terpisah dari divisi game Sony, Sony Interactive Entertainment.

Inzone tidak membuat perangkat keras apa pun khusus untuk PS5. Tetapi sobat dapat menebaknya dengan melihat M9, yang menampilkan estetika yang sama dengan konsol terbaru Sony.

Namun, Sony jelas menargetkan gamer PC (bersama dengan pengguna PS5) dengan monitor gaming 27 inch terbaik ini dengan banyak port dan waktu respons 1 ms. Speaker internal tidak dapat menawarkan banyak hal di bagian bass, tapi itu sangat sunyi di monitor yang bagus.

5. Acer Predator XB323QK

Monitor Gaming 32 Inci 4K 144Hz Terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 28,18 x 12,16 x 21 inci
Ukuran layar: 31,5 inci
Resolusi: 3.840 x 2.160
Tingkat refresh: 144Hz
Input: DisplayPort, HDMI 2.1, USB Tipe-A/B/C
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 31,8 pound

Kelebihan

  • + Tampilan 4K 144Hz yang Cerah dan Indah
  • + Penyangga sederhana dan dirancang dengan baik
  • + Lampu latar LED membuatnya terlihat bagus di meja Anda.
  • + Port HDMI 2.1 mendukung fungsi tampilan PS5/Xbox Series X.

Kekurangan

  • – Penempatan port yang tidak nyaman
  • – Speaker yang buruk

Acer Predator XB323QK adalah monitor gaming 4K 32 inci yang hebat yang juga mendukung Xbox Series X dan PlayStation 5. Jika mampu membelinya, layar 144Hz ini membuat pertukaran konsol atau kabel sangat merepotkan karena sebagian besar port berada di bibir bawah.

Layar besar dan cantik ini juga hadir dengan fitur apik seperti lampu latar LED yang dapat disesuaikan. Beragam mode serta opsi tampilan yang dapat digunakan untuk menyempurnakan performa saat memainkan game favorit.

Ada juga sepasang speaker internal, tetapi kualitas suaranya yang kecil memotivasi untuk membeli sepasang headphone atau speaker komputer terbaik.

6. Samsung Odyssey G9

Terbaik saat sobat benar-benar membutuhkan monitor gaming melengkung terbesar.

Spesifikasi
Dimensi: 45,2 x 21,2 x 16,4 inci (dengan dudukan)
Ukuran layar: 49 inci
Resolusi: 5.120x1.440
Tingkat refresh: 240Hz
Masukan: HDMI, DisplayPort, USB
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 32:9
Tipe Panel: VA
Berat: 36,8 pon

Kelebihan

  • + Reproduksi warna yang sangat baik
  • + Layarnya sangat cerah, terutama dalam mode HDR
  • + Berbagai fitur permainan yang kuat
  • + Performa bagus secara keseluruhan

Kekurangan

  • – Jejak desktop besar
  • – Luar biasa mahal
  • – Tidak ada speaker terintegrasi
  • – Tidak semua game memanfaatkan rasio aspek yang tidak biasa.

Monitor gaming Odyssey G9 49 inci Samsung yang melengkung adalah performa yang kuat secara keseluruhan, tetapi desainnya yang berat dan harga yang tinggi membuatnya tidak ideal untuk semua orang.

Menawarkan fitur-fitur terbaik dan kinerja yang mengesankan di setiap metrik, Odyssey G9 layak mendapat pertimbangan serius bagi siapa saja yang dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Jadi, jika memiliki kartu grafis kelas atas, ruang meja yang berlebihan (atau potongan dinding yang cukup besar), dan perpustakaan game yang hampir penuh, sobat memiliki yang unik (tetapi tidak selalu lengkap) perpustakaan game yang ingin diadaptasi).

Jika sobat dapat melakukan rotasi visual dan tidak ingin menggunakan monitor untuk yang lainnya, sobat mungkin tidak akan kecewa. Selain itu, Odyssey G9 Neo generasi berikutnya, yang menggantikan G9 asli, diharapkan menjadi monitor melengkung ultrawide 8K pertama di dunia.

Jika sampai membuahkan hasil, maka monitor 240hz terbaik ini akan benar-benar menakjubkan.

7. Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF

Monitor gaming 24 inch terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 20,8 x 12,1 x 23,8 inci
Ukuran layar: 24 inci
Resolusi: 1920x1080
Tingkat refresh: 144Hz
input: DisplayPort, HDMI
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: TN
Berat: 10 pon

Kelebihan

  • + Harga wajar
  • + Frame rate yang layak
  • + Profil kecil

Kekurangan

  • – Warna yang salah
  • – Antarmuka yang membosankan

Dell membuat monitor gaming 144hz murah yang tangguh dalam semua ukuran dan resolusi. Jika daya pemrosesan dan ruang meja membatasi pilihan monitor, Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF adalah pilihan yang baik, menawarkan resolusi 1080p yang tajam dan kecepatan refresh 144Hz yang layak.

Monitor gaming murah terbaik 2022 ini adalah monitor game sederhana dan harganya mencerminkan di bawah Rp. 3 jutaan. Tetap saja, ada banyak hal yang disukai dari S2421HGF, mulai dari desainnya yang ramping dan sadar ruang hingga beberapa prasetel yang cantik.

Warna jelas tidak akurat, dan menavigasi menu monitor Dell bisa jadi membosankan di saat-saat terbaik. Namun, tidak semua periferal game harus menjadi aksesori kelas atas. Jika menginginkan monitor kecil, kokoh, dan sederhana yang berfungsi, S2421HGF cocok untuk sobat pilih.

8. ViewSonic Elite XG270QC

Monitor QHD Melengkung Terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 24,2 x 22,5 x 10,4 inci
Ukuran layar: 27 inci
Resolusi: 2560x1440
Kecepatan Refresh: 165Hz
Input: DisplayPort, HDMI, USB-A, audio 3,5mm
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 16,5 pound

Kelebihan

  • + Layar cantik
  • + Warna-warna cerah
  • + Kecepatan frame tinggi

Kekurangan

  • – Memakan banyak ruang.
  • – Mahal dibandingkan dengan pesaing

ViewSonic Elite XG270QC adalah monitor lengkung besar dengan layar sangat terang. Basis segitiganya yang bergaya membutuhkan banyak ruang meja, tetapi itu sepadan. Sobat mendapatkan layar 1440p 27 inci dengan warna-warna cerah dan kecepatan refresh 165Hz.

Untuk gamer dengan GPU bertenaga, ini berarti game quad HD dengan potensi lebih dari 100 frame per detik di setiap game. Selain harga dan ukuran XG270QC, hanya sedikit yang bisa direkomendasikan.

Ini memiliki opsi menu yang komprehensif, banyak port, dan berbagai preset yang nyaman untuk berbagai jenis game dan aplikasi. Baik perlu memainkan game terbaru atau menikmati perpustakaan media streaming yang besar, layar XG270QC yang cerah, berani, dan indah adalah alat yang tepat untuk pekerjaan itu.

9. Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H

Monitor Gaming 360Hz Tinggi Terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 21,9 x 20,7 x 9,9 inci
Ukuran layar: 25 inci
Resolusi: 1920x1080
Tingkat Refresh: 360Hz
Input: HDMI, DisplayPort, USB-A, audio 3,5 mm
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 26,8 pound

Kelebihan

  • + Tingkat penyegaran yang mengesankan
  • + Monokrom dan Kecerahan
  • + Desain elegan dan intuitif

Kekurangan

  • – Harga sangat tinggi untuk apa yang didapatkan
  • – Beberapa fitur yang tidak nyaman

Alienware 25 Gaming Monitor AW2521H memiliki kecepatan refresh tercepat dari semua monitor gaming yang kami ulas, pada 360Hz. Jika memiliki PC game yang sangat kuat, sobat dapat menjalankan game dengan frekuensi gambar lebih dari 300 frame per detik.

Selain itu, AW2521H memiliki layar cerah penuh warna dan desain futuristik yang menyenangkan. AW2521H hanya memiliki dua kelemahan utama. Harga tinggi dan fakta bahwa resolusi maksimumnya adalah 1080p.

Sebagian besar PC modern, dapat menjalankan game setidaknya dalam resolusi QHD dengan frekuensi gambar yang cukup tinggi. Tetapi jika menginginkan frekuensi gambar tercepat untuk eSports atau game multipemain kompetitif lainnya, AW2521H dapat memberikannya.

10. HP Omen 27i

Monitor Gaming 165Hz Terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 24,1 x 10,1 x 20,6 inci
Ukuran layar: 27 inci
Resolusi: 2560x1440
Kecepatan Refresh: 165Hz
Input: DisplayPort, HDMI, USB-A, audio 3,5mm
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: IPS
Berat: 17 pon

Kelebihan

  • + Kecepatan refresh cepat
  • + Layar quad HD yang indah
  • + Gamut warna lebar

Kekurangan

  • – Mahal dibandingkan dengan monitor quad HD lainnya
  • – Sistem Profil Kesalahan

HP Omen 27i dalam banyak hal merupakan jalan tengah yang sempurna. Layar Quad HD adalah jalan tengah yang sempurna antara Full HD dan UHD. Kecepatan refresh 165Hz adalah jalan tengah yang sempurna antara 60Hz dan 240Hz.

Desainnya adalah jalan tengah yang sempurna antara estetika gamer dan model produktivitas yang lebih lembut. Untuk penggemar game, Omen 27i menawarkan frekuensi gambar yang fleksibel. Untuk desainer grafis, monitor memberikan warna yang akurat.

Monitor yang elegan dan fungsional untuk memainkan game terbaru atau mengedit photo organizer di rumah. Seperti monitor quad HD layar datar lainnya, HP Omen 27i cukup mahal dan perangkat lunak profilnya bisa sedikit bermasalah. Jika tidak, desain sederhana, layar beresolusi tinggi, dan fitur permainan hebat sangat disukai.

11. Dell S3220DGF Gaming Monitor

Monitor Gaming 32 Inch Terbaik

Spesifikasi
Dimensi: 28,0 x 18,5 x 9,8 inci
Ukuran layar: 32 inci
Resolusi: 2560x1440
Kecepatan Refresh: 165Hz
Input: DisplayPort, HDMI, USB, audio 3,5mm
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: TN
Berat: 16,8 pound

Kelebihan

  • + Layar cerah dan penuh warna
  • + Preset yang berguna
  • +Mudah dipasang dan dibongkar

Kekurangan

  • – Mahal dibandingkan dengan pesaing
  • – Memakan banyak ruang.

Monitor gaming Dell S3220DGF sangat besar. Jika mencari monitor gaming 32 inci, itu bagus. Model melengkung yang besar ini memiliki layar yang sangat cerah, akurasi warna yang fantastis, dan dukungan HDR. Acara TV dan film terlihat bagus, tetapi game terlihat sangat bagus.

Layar melengkung game aksi dan petualangan, terutama dengan palet warna yang kaya, membuat sebagian besar judul lebih imersif, dan ada banyak prasetel cantik untuk genre favorit. Bahkan dengan monitor 32 inci, Dell S3220DGF berukuran besar dan berat, jadi sobat memerlukan meja yang kokoh untuk menopangnya.

Ukuran dan kecerahan monitor juga membuat tugas produktivitas cukup menantang, menjadikannya model game di atas segalanya. Namun, jika bisa mengangkatnya, pemasangannya mudah.

12. Alienware AW5520QF 55-Inch OLED Gaming Monitor

Monitor game terbaik untuk konsol

Spesifikasi
Dimensi: 48,3 x 10,4 x 30,3 inci
Ukuran layar: 55 inci
Resolusi: 3840 x 2160
Tingkat refresh: 120Hz
Input: HDMI, DisplayPort
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: OLED
Berat: 57,5 ​​pon

Kelebihan

  • + Desain cantik dan bergaya
  • + Panel OLED yang luar biasa
  • +DisplayPort dan beberapa port USB 3.0

Kekurangan

  • – Sangat mahal
  • – Rumit untuk mengaktifkan fitur seperti HDR

Alienware AW5520QF 55-inci adalah monitor game terbaik dan TV layar lebar dalam satu perangkat bagi mereka yang bersedia menghabiskan hampir Rp. 37 jutaan.

Layar OLED besar ini memberi yang terbaik dari keduanya. Memberi ukuran dan kualitas gambar TV 4K 55 inci, bersama dengan fitur monitor gaming utama seperti konektivitas DisplayPort dan kecepatan refresh 120Hz yang cepat. Sambungkan ke konsol atau PC ruang tamu atau keduanya.

Label harga AW5520QF yang lumayan mungkin menakut-nakuti mereka yang memiliki anggaran terbatas. Tetapi jika mencari monitor premium yang berfungsi ganda sebagai TV yang bagus atau untuk game PC di ruang tamu, layar raksasa Alienware secara unik memenuhi syarat untuk melakukan hal itu.

Ingat: Komputer dapat mengalirkan hampir semua hal, sehingga sobat dapat menonton, mendengarkan, dan memainkan apa pun yang diinginkan.

Cara Memilih Monitor Gaming Terbaik

Kriteria untuk memilih monitor gaming sedikit berbeda dengan memilih monitor terbaik secara keseluruhan. Menentukan monitor gaming mana yang terbaik untuk kebutuhan bermuara pada tiga faktor utama: resolusi, kecepatan refresh, dan harga.

  • Resolusi: Resolusi yang diperlukan bergantung pada kemampuan PC. Komputer yang sangat kuat dapat menjalankan game dengan resolusi 4K (3840 x 2160 piksel), jadi sobat pasti menginginkan monitor yang lebih canggih. Perangkat yang lebih murah bekerja lebih baik dengan monitor 1080p, dan perangkat di antaranya dapat berjalan pada resolusi quad HD.
  • Kecepatan refresh: Kecepatan refresh serupa karena sistem yang lebih kuat memerlukan monitor dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi. Kecepatan refresh dan frae per detik bukanlah hal yang persis sama, tetapi berguna untuk menganggapnya sama saat memilih monitor. Apakah PC sobat cukup kuat untuk mendapatkan 60 frame per detik selama bermain game? 120 frame per detik? lagi? Semakin tinggi kecepatan refresh, semakin tinggi jumlah bingkai per detik yang dapat didukung monitor.
  • Harga: Harganya cukup jelas. Ingatlah bahwa monitor yang lebih mahal akan berguna untuk jangka waktu yang lebih lama. Layar yang bagus dapat bertahan satu dekade atau lebih, dan jika memutuskan untuk membeli atau membuat mesin baru di masa mendatang, sobat mungkin tidak perlu mengganti monitor yang cukup canggih.

Cara Menguji Monitor Gaming

Untuk menguji monitor gaming terbaik, kami menggunakan colorimeter dan perangkat lunak pembandingan untuk mengukur akurasi warna, kontras, dan kecerahan monitor. Kecerahan monitor mengacu pada jumlah nits pencahayaan yang dapat dihasilkannya.

Akurasi Warna (atau Delta-E) mengukur seberapa cerah warna itu. Gamut warna mengacu pada keragaman spektrum yang dapat ditampilkan. Itu juga dapat mengukur latensi monitor dan mendorongnya ke batas kecepatan frame game.

Secara kualitatif, kami menjalankan setiap monitor melalui pengujian produktivitas dan permainan kami. Karena sobat tidak akan berpindah monitor setiap kali perlu membuka pengolah kata, menonton video, atau mengirim email, monitor apa pun dalam daftar ini harus tajam dan responsif untuk penggunaan sehari-hari.

Dalam hal bermain game, kami menjalankan setiap monitor melalui game dengan genre berbeda, termasuk FPS, RTS, MOBA, RPG, dan MMO, memastikan kami tidak memilih satu genre dengan mengorbankan genre lainnya.

Leave a Comment