Jika Anda membaca artikel ini, berarti Anda sedang mencari referensi contoh proposal untuk berbagai kebutuhan Anda kan? Baca terus untuk mendapatkan lebih dari 20 contoh proposal siap download, seperti proposal kegiatan, proposal bisnis, proposal penelitian, dan lainnya.

Pengertian Proposal

Berdasarkan KBBI, proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Biasanya ketika Anda membuat proposal, berarti Anda ingin melakukan suatu pengajuan kepada pihak lain. Misalnya kepada atasan, dosen, calon partner bisnis, calon sponsor, dan sebagainya.

Dengan mempersiapkan proposal, Anda berarti sedang membuat rencana yang dituangkan dalam tulisan lalu dijelaskan secara sistematis maupun terperinci. Biasanya ketika Anda sedang membuat proposal, Anda akan mau melaksanakan kegiatan yang direncanakan.

Di sisi lain, proposal tidak hanya berbentuk perencanaan pelaksanaan kegiatan saja, tapi juga tentang penawaran atau perencanaan ide atau gagasan kepada pihak lain. Tujuannya agar Anda mendapatkan dukungan, baik izin, kerjasama, dana, sponsorship, maupun persetujuan lainnya

Jenis-Jenis Proposal

1. Proposal Kegiatan

Ketika Anda ingin mengadakan kegiatan seperti pentas seni & aktivitas kegiatan lainnya, alangkah baiknya Anda membuat proposal kegiatan yang berisi pengajuan rencana kegiatan, pengajuan dana maupun hal lainnya terkait kegiatan tersebut, selama masih dalam satu topik pembahasan (yaitu kegiatan tersebut).

2. Proposal Bisnis

Ingin mendirikan usaha? Alangkah baiknya Anda membuat proposal usaha, baik untuk mendapatkan investor atau mencari partner bisnis.

advertisement

3. Proposal Penelitian

Pada umumnya digunakan untuk akademisi, seperti pengajuan membuat skripsi, tesis, maupun penelitian secara umum.

1. Contoh proposal penelitian

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

  • Judul Proposal Penelitian

Apakah Ada Pengaruh Ketika Siswa/I Sedang Bermain Game Secara Online Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa/I Kelas X SMA Bintara

  • Latar Belakang Masalah

Sekarang ini baik siswa/i seringkali bermain game secara online pada smartphone untuk menghabiskan waktunya.

Hal ini memprihatinkan sekali, seharusnya para siswa/i menghabiskan waktunya untuk aktivitas yang positif. Misalkan mengikuti kursus, bermain piano dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan keahlian.

Fakta di lapangan pada tanggal 22-24 September 2018 di kelas X SMA Bintara, sekitar 60% para siswa/i selalu menghabiskan waktu bermain game secara online. Persentase tersebut diperoleh melalui pengumpulan data berupa angket.

Fakta berikutnya yaitu motivasi ketika siswa/i proses belajar siswa kelas X SMA Bintara masih tergolong kategori rendah, jadinya selain bermain game online. Siswa/i bermalas-malasan maupun tidur lalu bercanda.

advertisement

Kedua permasalahan tersebut menghambat pencapaian tujuan kognitif, maka dari itu dibutuhkan penelitian dengan judul “Apakah Ada Pengaruh Ketika Siswa/I Sedang Bermain Game Secara Online Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa/I Kelas X SMA Bintara

  • Pembatasan Masalah
  1. Siswa/i selalu bermain game secara online di saat jam pembelajaran di sekolah SMA Bintara secara langsung.
  2. Kuranya motivasi dalam belajar siswa/i di kelas X SMA Bintara.
  • Rumusan Masalah
  1. Apakah ada pengaruh ketika para siswa/i sedang bermain game online terhadap motivasi proses pembelajaran siswa kelas X SMA Bintara?
  • Kajian Teori

Pada proposal penelitian ini ada dua teori yang kami akan merangkum yaitu mengenai motivasi dalam pembelajaran dan siswa/i selalu bermain game online untuk apa, adapun beberapa kajian teori dalam motivasi belajar yaitu hal yang pertama adalah pengertian lalu fungsi maupun jenis lalu ciri-ciri, faktor dalam mempengaruhi maupun usaha dalam meningkatkannya motivasi siswa/i dalam belajar.

Kalau kajian teori mengenai game online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain: pengertian, jenis dan dampaknya.

  • Hipotesis
  1. Apa ada pengaruh positif secara signifikan seperti: ketika siswa/i sedang bermain game online lalu kaitannya dengan motivasi ketika siswa/i belajar di SMA Bintara.
  • Desain Penelitian

Penelitian ini berdasarkan fakta yang telah terjadi di lapangan, maka dari itu perlu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Agar menghasilkan data berupa kumpulan angka yang benar-benar akurat.

  • Populasi dan Sampel
  1. Seluruh siswa/i kelas X SMA Bintara terdapat 180 orang.
  2. Contoh penelitian ini mengambil masing-masing 90 baik siswa maupun siswi yang benar-benar menyukai game online.
  • Instrumen Pengumpulan Data

Penelitian ini merupakan pengumpulan data dari responden siswa/i kelas X SMA Bintara berupa angket tertutup, isi pada angket yaitu pertanyaan antara bermain game secara online dan motivasi proses pembelajaran.

  • Validitas data

Pengujian data ini berdasarkan pengalaman maupun fakta-fakta, dimulai dari isi (content) maupun konstruk (construct) lalu konkuren (Concurrent) dan prediksi (predictive). Dan nantinya menjadi bahan evaluasi di SMA Bintara menjadi lebih baik lagi.

Download contoh proposal penelitian kuantitatif

2. Contoh Proposal Usaha

Contoh proposal usaha makanan

  1. Judul Proposal : Es Jelly Susu
  2. Ringkasan Eksekutif
  • Konsep Bisnis

“Es Jelly Susu” adalah satu-satunya produk minuman yang segar dan sehat lalu memiliki bahan dasar utama yaitu kelapa muda. Agar rasanya makin nikmat, maka diperlukan jelly serta susu kental manis sebagai pelengkap. Rencana jual produk ini yaitu lokasinya di kawasan alun-alun selatan dengan yang beroperasi dari pukul 10.00-16.00 WIB.

  • Tim Manajemen

Usaha “Es Jelly Susu” memiliki karyawan yang berjumlah empat orang lalu jumlah profit dibagi empat, 4 orang tersebut memiliki peranan penting. Antara lain owner dan dapat melayani pembeli menggunakan sistem secara shift.

  • Gambaran Usaha

1. Deskripsi Singkat Produk

“Es Jelly Susu” yaitu sejenis minuman yang memiliki bahan dasar yaitu kelapa muda yang benar-benar segar dan sehat.

Kenapa harus kelapa muda? Karena mudah ditemui lalu murah maupun sehat dan rasanya segar. Agar menarik lagi terdapat jelly dan susu kental manis.

2. Strategi Pemasaran

  • Strategi produk

“Es Jelly Susu” mempunyai keunggulan dibanding produk lainnya, antara lain menggunakan bahan yang masih segar lalu terdapat tambahan susu sebagai pemanis dan paling terakhir yaitu jelly agar Anda menikmati sensasi yang luar biasa disaat meminumnya.

  • Strategi harga

Produk ini dijual dengan harga Rp 5.000, harga ini sudah termasuk murah dan benar-benar terjangkau semua kalangan masyarakat.

  • Strategi promosi

Berbicara strategi, kami mempromosikan produk ini yaitu online (sosial media, website maupun email) dan offline dengan media spanduk maupun brosur.

  • Target pasar

Target pasar khusus produk ini adalah anak sekolah, pekerja dan wisatawan.

3. Analisis Persaingan

  • Pesaing

Banyak sekali yang bersaing serupa dengan produk ini, langkah inovasi yang pertama prioritaskan yaitu menambahkan susu sebagai pemanis lalu inovasi berikutnya yaitu jelly sebagai sensasi kenyal jadinya Anda makin menikmati saat menyantapnya.

  • Posisi dalam persaingan

Berbicara produk minuman “Es Jelly Susu” ini banyak pesaingnya, maka dari itu kami membuka usaha ini dibuka di area alun-alun selatan.

Adapun alasan pemilihan lokasi yaitu belum terdapatnya pesaing penjual produk serupa.

  • Kelebihan dibanding pesaing

Salah satu aspek produk ini berbeda dibandingkan pesaingnya yaitu terdapat susu sebagai pemanis dan jelly untuk memberikan sensasi kenyal.

4. Rencana Desain & Pengembangan

  • Tujuan usaha jangka panjang

Kami menjual produk ini ke semua orang dari berbagai kalangan dan membuka cabang di kota lain.

  • Strategi

Kami mempromosi secara online (menggunakan sosial media, website maupun email) maupun offline (pemasangan spanduk, brosur dan membuka stand pameran)

  • Evaluasi resiko

Hanya 1 hari produk ini tidak dapat bertahan

  • Pengendalian persediaan

Disetiap harinya kami akan menjual 40 gelas kepada konsumen

  • Kontrol keuangan

Siapkan uang tunai secukupnya, apabila ada kembalian

Menyisihkan antara modal maupun profit untuk biaya tak terduga.

Untuk keperluan pribadi, tidak menggunakan uang modal

5. Analisis Rencana Keuangan

  • Perkiraan pendapatan

Modal awal

= biaya variabel + biaya tetap

= (biaya bahan baku x 30 hari) + biaya tetap

= (Rp 100.000×30 hari) + Rp 2.600.000

= Rp 3.000.000 + Rp 2.600.000

= Rp 5.600.000

Hasil penjualan per bulan

= target penjualan harian x harga jual per gelas x 30 hari

= 45 gelas x Rp 5.000 x 30 hari

= Rp 6.700.000

Laba

= hasil penjualan – modal awal

= Rp 6.700.000 – Rp 5.600.000

= Rp 2.200.000

  • Perkiraan pengeluaran per hari

Bahan baku

10 kelapa muda Rp 30.000

2 kaleng susu kental manis Rp 20.000

2 jelly Rp 4.000

⅓  kg gula pasir Rp 4.000

Air isi ulang Rp 13.000

Es batu Rp 3.000

Kelapa santan Rp 6.000

1 pak gelas plastik Rp 15.000

Sedotan Rp 3.000

Kantong plastik Rp 3.000

Peralatan

1 gerobak Rp 4.000.000

1 termos Rp 110.000

1 toples Rp 50.000

Total Rp 4.160.000

  • Sumber modal dan penggunaan

Modal untuk membuka usaha “Es Jelly Susu” ini dari iuran 4 orang lalu sebagian lagi dari pinjaman pihak bank. Sebagian keuntungan lagi buat bayar cicilan.

Download Contoh proposal usaha makanan

3. Contoh Proposal Kegiatan

1. Judul Proposal

Proposal Kegiatan Alumni SMK Broadcast Cakra Buana 2018

2.Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dalam kehidupannya, maka dari itu kami sebagai panitia alumni SMK Broadcast Cakra Buana

Dalam kegiatan ini antar angkatan alumni dari tahun 2007 sampai 2018 akan berhubungan secara baik dan tiap tahunnya selalu mempererat silaturahmi

Selain itu ada aktivitas lainnya seperti menghimpun dana untuk kebutuhan bakti sosial.

3. Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Untuk mempererat silaturahmi antar alumni dari angkatan 2007 sampai 2018.
  2. Menghimpun dana yang berguna untuk bakti sosial.

4. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan

Acara ini dilakukan pada hari Sabtu, 01 Desember 2018

Untuk waktunya adalah pada pukul 09.00-14.00 wib.

5. Susunan Acara Kegiatan

Adapun susunan acara kegiatannya adalah sebagai berikut:

09.00-10.00 : registrasi ulang

10.10-10.30: sambutan

10.35-12.00: inti

12.05-13.30: Istirahat + ibadah Dzuhur

13.35-14.00: penutup + foto-foto per angkatan

6. Susunan Panitia

Adapun susunan panitianya adalah sebagai berikut:

Penanggung jawab: Rio Marlyano

Ketua panitia: Abdillah

Sekretaris: Dian Febriani

Bendahara: Dini Pandansari

Sek. Acara: Maydina

Sek. Perlengkapan: Ilfah

Sek. Konsumsi: Alisa

7. Anggaran Dana

Untuk kegiatan ini didapat dari dana:

Kas per angkatan alumni: 5.000.000

Kas SMK Broadcast Cakra Buana: 3.500.000

Keseluruhan: 10.000.000

Biaya untuk perlengkapan:

Penyewaan tempat: 1.500.000

Sewa panggung: 1.000.000

Sewa peralatan music: 1.000.000

Biaya konsumsi: 4.000.000

Biaya lain-lain: 1.000.000

Total keseluruhan: 8.500.000

8. Penutup

Demikian proposal kegiatan kegiatan alumni SMK Broadcast Cakra Buana ini kami buat, kami harap agar Bapak maupun Ibu bersedia membantu biaya demi kelancaran kegiatan kami.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.

Download Contoh Proposal Kegiatan

4. Contoh Proposal Skripsi

Format umum dalam menulis proposal skripsi pada kampus umumnya:

  • COVER

Pada bagian ini berisi judul proposal lalu nama penyusun selain itu nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program studi, jurusan, nama universitas, dan paling bawah yaitu tahun pembuatan.

  • LEMBAR JUDUL

Tiap kampus kadang menggunakan lembar judul ada juga tidak, tugas Anda yaitu selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing agar tahu lembar judul sebaiknya digunakan atau tidak.

Pada lembar judul ini yaitu lembaran yang berisi judul skripsi yang Anda sendiri mengajukan.

  • LEMBAR PENGESAHAN

Lembar pengesahan adalah halaman yang berisi dari pengesahan skripsi yang akan dibuat lalu ketika dosen pembimbing utama menyetujui proposal ini akan ditandatangani.

  • KATA PENGANTAR

Bagian ini yang berisi pernyataan pengantar dari penulis (Anda) Anda akan menjelaskan dari maksud maupun tujuan penulisan skripsi ini dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu Anda.

  • DAFTAR ISI

Pada bagian ini Anda membuat daftar halaman sehingga dari pembaca atau penguji akan mudah menemukan isi pada proposal skripsi.

  • DAFTAR TABEL

Pada poin ini berisi dari daftar judul-judul tabel, yang berguna untuk pembaca mudah sekali mencari tabel pada pembahasan skripsi.

  • DAFTAR GAMBAR

Berisi daftar-daftar gambar selusuh isi dari proposal, jadinya penguji maupun dosen pembimbing mengetahui daftar gambar yang sering digunakan apabila pada proposal ini memiliki gambar.

  • DAFTAR LAMPIRAN

Pada bagian ini berisi dari lampiran surat penelitian lalu lampiran berkas dan lampiran-lampiran lainnya yang menjadi pendukung dalam proses penulisan skripsi ini.

BAB I. PENDAHULUAN

Bab awal yang berisi:

1.1 Latar Belakang Masalah

1.2 Rumusan Masalah

1.3 Batasan Masalah

1.4 Tujuan Penelitian

1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

Pada bagian ini Anda membuat bab isi dari proposal ini, Anda akan membuat poin-poin sebagai berikut:

2.1 Landasan Teori

2.1.1 Bag. Landasan Teori

2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN

Bab ini berisi metode penelitian yang isinya:

3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian

3.2 Teknik Pengumpulan Data

3.3 Teknik Analisis Data

3.4 Analisis Sistem

  • DAFTAR PUSTAKA

Pada bagian ini berisi daftar bahan-bahan referensi atau literatur sebaiknya diambil dari buku lalu jurnal maupun sumber elektronik yang terpercaya dan menunjang dalam pembuatan skripsi.

  • LAMPIRAN

Lampiran ini yang berisi dari hasil scan maupun fotokopi dan lampiran lainnya sampai akhirnya proposal skripsi Anda selesai.

Download contoh proposal skripsi

5. Contoh Proposal Pengajuan Dana

Proposal Kegiatan Festival Pentas Seni Dan Budaya

  • LATAR BELAKANG

Seiring berjalan waktu perkembangan teknologi terus berkembang dan sayangnya minat pada anak terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia kurang diminati. Anda sebagai orang tua harus menjaga maupun melestarikan sampai akhirnya seni dan budaya untuk masa depannya, anak-anak menyukai terhadap seni maupun budaya Indonesia.

Melihat kondisi dan fakta di lapangan maka dari itu kami sebagai organisasi Peduli Seni & Budaya Indonesia, akan menyelenggarakan kegiatan Festival maupun Pentas Seni Budaya. Yang pesertanya diharapkan anak-anak dan dalam mengedukasinya tentunya dengan cara menyenangkan.

  • MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945,

kami ingin mengadakan acara Festival maupun Pentas Seni Budaya. Yang memiliki tujuan yaitu:

  1. Untuk memperingati maupun memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
  2. Untuk menumbuhkan maupun melestarikan minat anak pada seni maupun budaya Indonesia
  3. Agar ada regenerasi dan selalu melestarikan budaya maupun seni milik Indonesia.
  • KEGIATAN

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Festival maupun Pentas Seni Budaya ini akan dilaksanakan pada

Hari : Sabtu

Tanggal : 17 Agustus 2019

Waktu : 10.00 s/d selesai

Tempat : Kemang Village

  • SUSUNAN ACARA

Terlampir

  • SUSUNAN PANITIA

Terlampir

  • ANGGARAN

Terlampir

Download contoh proposal pengajuan dana

6. Contoh Proposal 17 Agustus

PROPOSAL SEKOLAH

KEGIATAN PERAYAAN HUT RI KE 74

SMK TARUNA BHAKTI

1. PENDAHULUAN

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 pada tanggal 17 Agustus 2019, maka kami dari pihak penyelenggara SMK Taruna Bhakti mengisi hari kemerdekaan di tahun 2019.

Kami akan mengadakan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia yang ke 74 bagi siswa/siswi SMK Taruna Bhakti.

2. TUJUAN

  1. Meningkatkan silaturahmi antara guru maupun siswa/i SMK Taruna Bhakti.
  2. Meningkatkan jiwa sportifitas supaya selalu mencapai prestasi.
  3. Kami mengajak siswa/i untuk selalu bangga menjadi warga Indonesia dan cinta tanah air.

3. PESERTA

Peserta peringatan HUT RI ke 74 para siswa-siswi kelas XI sampai XII dan guru SMK Taruna Bhakti.

  • WAKTU DAN TEMPAT

Acara “Peringatan HUT RI ke 74“ ini akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal: Sabtu, 17 Agustus 2019

Tempat: Di SMK Taruna Bhakti

  • SUSUNAN KEPANITIAAN

Ketua: Bowo Dwi

Sekretaris: Kang Emil

Bendahara: Agus Sakti

Seksi acara: Sinta Ayu

Seksi umum dan dokumentasi : Anton Budi

Seksi upacara : Agus Budi

Seksi peralatan : Bagus Putri

Seksi lomba : Alisa Marlyana

P3K : Putri Ayu

  • RENCANA KERJA

Jadwal Kegiatan   : 17 Agustus 2019

Perlombaan:

Baca puisi

Tarik tambang

Pidato kemerdekaan

Lomba makan kerupuk

PBB

Balap karung

Pukul 10.00 – Selesai

  • ANGGARAN DANA

Pengeluaran

Bendera merah putih 5 buah Rp. 100.000

Konsumsi dewan juri  Rp. 100.000

Kertas kado 100 buah Rp 15.000

Perlengkapan hadiah  Rp.300.000

Karung 15 buah Rp 30.000

Kerupuk 100 buah Rp 80.000

Tali tambang 10 pcs Rp. 70.000

Tali 10 Pcs Rp.  10.000

Bendera merah putih 10 buah  Rp.100.000

Lain lain Rp. 50.000

TOTAL Rp.855.000

Sumber dana:

Siswa/i iuran @Rp. 5.000 X 100 = Rp. 500.000

Guru iuran @Rp 15.000 X 30 = Rp 450.000

  • PENUTUP

Demikian proposal kegiatan ini kami buat, kami selaku panitia. Memohon dukungan baik moral maupun materi demi kelancaran acara ini, terima kasih

Cimanggis, 07 Januari 2019

Panitia Pelaksana

 

Ketua Panitia                                      Sekretaris

 

Bowo Dwi                                    Kang Emil

 

Mengetahui,

Kepala SMK Taruna Bhakti      Pembina OSIS

 

Agus          Oji

Download contoh proposal 17 agustus

7. Contoh Proposal Singkat

KEGIATAN TABLIGH AKBAR MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1440 H

  • Pendahuluan

Kami sebagai pelaku panitia akan mengadakan Tabligh Akbar agar Islam di Indonesia selalu makmur.

Pada kegiatan positif ini kami mengharapkan akan berkembang dan Anda sebagai umat Islam terhindar dari aktivitas negatif.

  • Tujuan

Kami memiliki tiga tujuan dalam mengadakan tabligh akbar

  1. Merayakan tahun baru Islam 1440 H
  2. Menyiarkan syiar Islam kepada masyarakat sekitar
  3. Menjalin silaturahmi
  • Nama Kegiatan

“Merayakan Tabligh Akbar Di Tahun Baru Islam 1440 H”

  • Tanggal dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan:

Hari: Jum’at

Tanggal : 30 Agustus 2018

Waktu : 09.00 s/d selesai

  • Lokasi Kegiatan

Acara ini akan dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

  1. Bentuk Kegiatan
  2. Sholawat bersama
  3. Tabligh Akbar
  • Susunan Panitia

Penanggung jawab: KH. Agus Sakti

Ketua: Ust. Agung

Sekretaris: M. Margadi, S.Pd

Bendahara: H. Saiful

  • Seksi-seksi
  1. Seksi acara: Ahmad
  2. Seksi konsumsi: Nadia
  3. Seksi humas dan dokumentasi: Anton
  4. Seksi perlengkapan: Angga
  • Rencana Anggaran
  1. Mubaligh 1 orang: Rp 1.000.000
  2. Qori’ dan sari tilawah : Rp 1.000.000
  3. Tenda dan pentas: Rp 4.000.000
  4. Sound system: Rp 600.000
  5. Dokumentasi : Rp 1.000.000
  6. Konsumsi : Rp 5.000.000
  7. Cetak undangan : Rp 350.000
  8. Akomodasi panitia: Rp 1.000.000
  9. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami susun, kami mengajak Bapak/Ibu maupun warga sekitar untuk turut dan mensukseskan kegiatan ini. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Download contoh proposal singkat

8. Contoh Proposal Kewirausahaan

BAB I

LATAR BELAKANG

Ide Usaha

Seiring berjalan waktu kebutuhan primer (makanan) bergizi memang menjadi prioritas utama dalam kelangsungan hidup. Maka dari itu kami membuat usaha yang menjual makanan untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Menu pada 4 sehat 5 sempurna yaitu:

  1. Makanan pokok yang mengandung karbohidrat, seperti:
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Nasi
  • Sagu
  • Gandum
  • Jagung
  1. Lauk pauk mengandung kandungan protein, antara lain:
  • Telur
  • Tahu tempe
  • Daging : sapi, kambing, ikan, ayam, dan bebek
  1. Sayur-Sayuran yang mengandung serat maupun mineral, seperti:
  • Selain itu ada juga kol maupun daun ubi lalu wortel dan lain-lain
  • Sawi, kacang panjang, tomat, bayam, lobak, brokoli, kangkung
  1. Buah-Buahan yang mengandung serat dan mineral, antara lain:
  • Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat.
  1. Susu

BAB II

RELEVANSI

  1. Mengapa Usaha Menu 4 Sehat 5 Sempurna Dibutuhkan?

Kami ingin sekali menyadari kepada Anda untuk mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna itu sangat penting sekali

  1. Kendala atau Masalah yang harus dipecahkan

Agar menu 4 sehat 5 sempurna itu kami selalu jual setiap hari, kami mohon bantuan permodalan baik donator maupun investor.

BAB III

TINJAUAN DARI USAHA

Manfaat utama :

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan
  2. Agar masyarakat teredukasi 4 sehat 5 sempurna
  3. Dapat memenuhi kebutuhan konsumsi

BAB IV

Kegiatan dari usaha

Metodologi pembuatan produk

Alasan kami memilih usaha 4 sehat 5 sempurna, mencari bahan baku memang mudah.

Bahan baku :

  1. Makanan pokok yang mengandung karbohidrat, seperti:
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Gandum
  1. Lauk pauk mengandung kandungan seperti protein, antara lain:
  • Daging : Ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek
  • Telur
  • Tahu tempe
  1. Sayur-Sayuran yang mengandung serat dan mineral, seperti:
  • Kangkung maupun Sawi lalu lobak, bayam, tomat, brokoli, kacang panjang.
  • Wortel, kol, daun ubi dan masih banyak lagi
  1. Buah-Buahan yang mengandung serat maupun mineral, antara lain:
  • Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat.
  1. Susu

Perlengkapan:

– Kompor gas

– Kemasan

– Penyedap rasa

Rincian Biaya

Modal awal :

  1. Alat masak/kompor gas: Rp. 600.000
  2. Membeli bahan baku: Rp 1.000.000
  3. Biaya kemasan: Rp. 100.000
  4. Penyedap rasa: Rp 50.000
  5. Biaya transportasi kendaraan: Rp 200.000
  6. Karyawan 2 orang :Rp. 2.000.000/bulan

Total: Rp 3.950.000

BAB V

PENUTUP

Kami yakin sekali masyarakat sekitar akan sehat setelah mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna dan selalu rutin berolahraga sebagai pelengkap menuju hidup sehat.

Download contoh proposal kewirausahaan

9. Contoh Proposal Bisnis

  • Judul proposal usaha: Amran Puding
  • Bahan dan alat yang dibutuhkan

6 buah kiwi dengan ukuran yang sedang

4 buah jeruk

4 buah melon

6 gelas air

Nutrijel

Gula

Wajan

  • Proses pembuatan

1. Langkah pertama yaitu potong-potong buah sesuai keinginan Anda (kecuali buah jeruk).

2. Sebaiknya buah kiwi dipotong secara horizontal

3. Pada buah melon dipotong berbentuk dadu

4. Anggur alangkah baiknya dibelah menjadi 3 sampai 4 potong

5. Didihkan air

6. Langkah berikutnya yaitu campurkan nutrijel lalu gula dan air yang telah mendidih

7. Tunggu hingga 3 menit sampai akhirnya masukan kedalam wajan.

  • Rincian biaya usaha

Modal awal: Rp 100.000

Bahan dan alat:

  1. 1 buah Nutrijel Rp 20.000
  2. 1 kg gula Rp 20.000
  3. Kap puding (5 pack) Rp 20.000
  4. Sendok plastik (3 pack) Rp 10.000

Jumlah Rp 70.000

Download contoh proposal bisnis

10. Contoh Proposal Pentas Seni

PROPOSAL

PELAKSANAAN PENTAS SENI (PENSI) PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMK WIKRAMA

  • PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Berbicara seni yang merupakan salah satu kreatifitas yang terus menerus berkembang dan sampai akhirnya kami sebagai pihak OSIS SMK Broadcast Cakra Buana, Depok akan mengadakan pentas seni maupun teater bagi siswa di setiap kelasnya.

Pentas seni & teater tersebut memiliki tujuan yaitu meningkatkan apresiasi siswa/siswi lalu menumbuhkan rasa percaya diri sehingga berani tampil didepan umum.

Selain itu, ada juga dance modern lalu kontes band yang mempunyai tujuan yakni meningkatkan kreativitas para siswa/i untuk melatih potensi untuk terus berkembang. Dalam acara ini kami sebagai pihak penyelenggara mengangkat tema yaitu “Vibrasi Dalam Satu Panggung”

  1. Tujuan Kegiatan
  2. Mempererat tali silaturahmi antar siswa maupun siswi dan guru di SMK Broadcast Cakra Buana, Depok
  3. Dapat meningkatkan semangat bekerja sama dan masih satu visi.
  4. Meningkatkan kreativitas para siswa/i dalam pentas seni & budaya
  5. Agar para siswa/i terhibur dengan kegiatan ini.
  • ISI PROPOSAL

1. Tema

Kami mengangkat tema yaitu “Vibrasi Dalam Satu Panggung”, kami memberikan kesempatan para siswa/i untuk bersemangat dalam berkarya di acara pentas seni & budaya.

2. Macam-macam Kegiatan

Adapun kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu :

  1. Pentas drama & budaya
  2. Modern dance
  3. Band
  4. Penutupan

3. Peserta

Para peserta di pentas seni & budaya ini perwakilan masing-masing dari siswa kelas X dari SMK Broadcast Cakra Buana, Depok.

  1.  Peralatan yang dibutuhkan
  2. Panggung
  3. Mikrofon
  4. Speaker/pengeras suara
  5. Kostum
  6. Atribut
  7. Spanduk

4. Waktu dan tempat pelaksanaan

  • Pentas drama & seni:

Tanggal: Sabtu, 01 Desember 2018

Waktu: pukul 10.00 WIB – 11.45 WIB

Tempat: Gedung utama SMK Broadcast Cakra Buana

  • Modern dance :

Tanggal: Sabtu, 01 Desember 2018

Waktu: pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB

Tempat: Gedung utama SMK Broadcast Cakra Buana

  • Band & penutupan

Tanggal: Minggu, 02 Desember 2018

Waktu: pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB

Tempat: Gedung utama SMK Broadcast Cakra Buana

5. SUSUNAN ACARA

  • Sabtu, 01 Desember 2018
  1. 09.00-09.30: Kumpul siswa/i di Gedung utama SMK Broadcast Cakra Buana
  2. 09.30-10.00: Penyambutan
  3. 10.00–11.45: Pentas drama & seni
  4. 11.50-12.50: Istirahat
  5. 13.00–15.00: Modern dance
  • Minggu, 02 Desember 2018
  1. 09.00-09.30: Kumpul siswa/i di Gedung utama SMK Broadcast Cakra Buana
  2. 09.30-10.00: Penyambutan
  3. 10.00–11.45: Penampilan band
  4. 11.50-12.50: Istirahat
  5. 13.00–16.00: Penutupan

6. SUSUNAN KEPANITIAN

  • Pelindung: Agus Sakti (Kepala sekolah)
  • Pengarah: Dian Pandansari S.pd
  • Penanggung jawab: Muhammad Eko (Ketua OSIS)
  • Ketua panitia: Siti Badriah
  • Sekretaris: Budiman
  • Bendahara: Isparmo
  • Seksi acara: Eka Dwi
  • Seksi dana usaha: Winarta
  • Seksi humas: Amsari
  • Seksi keamanan: Yanto
  • Seksi dokumentasi: Minarta
  • Seksi peralatan: Eka Astuti

7. ANGGARAN DANA

Kegiatan ini diperoleh dari dana:

  1. Dana kas sekolah: Rp. 500.000-
  2. Dana partisipasi siswa: Rp. 2.000.000-
  3. Dana partisipasi guru: Rp. 5.000.000-

Total: Rp 7.500.000

Biaya pengeluaran:

  1. Penyewaan panggung: Rp. 1.500.000,-
  2. Penyewaan alat musik: Rp. 1.000.000,-
  3. Biaya penataan panggung: Rp. 500.000,-
  4. Konsumsi: Rp. 1.000.000,-
  5. Lain – Lain: Rp. 1.000.000,-

Total: Rp 5.000.000

8. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat kami mengharapkan dukungan maupun partisipasi dari sekolah.

Atas perhatian dan kerjasama, kami ucapkan terima kasih.

PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI & BUDAYA

DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS X

Disahkan di :

Depok, 16 Oktober 2018

 

Mengetahui,

 

Ketua panitia                                           Ketua OSIS

 

Siti Badriah   Muhammad Eko

 

Kepala sekolah

 

Agus Sakti

Download contoh proposal pentas seni

11. Contoh Proposal Sponsorship

Proposal sponsorship sering digunakan sebagai sarana untuk menggalang dana dalam pelaksanaan suatu event atau kegiatan tertentu. Berikut ini adalah contoh proposal sponsorship sederhana yang bisa digunakan:

  • LATAR BELAKANG

Kesehatan adalah sesuatu yang berharga dan tidak ternilai harganya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan badan tanpa mengeluarkan biaya adalah dengan mengikuti jalan sehat, selain murah olahraga sederhana yang diikuti oleh banyak peserta ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Sebagai bukti akan kesehatan masyarakat, kami PC PGRI Kecamatan Sumpiuh berniat bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Sumpiuh untuk melaksanakan kegiatan Jalan Sehat dalam memeriahkan HUT ke- 73 PGRI dan HGN Tahun 2018

  • NAMA KEGIATAN

Nama kegatan ini adalah “Jalan Sehat Hari Guru Nasional 2018 Kecamatan Sumpiuh ”

  • TEMA KEGIATAN

“Sehat Badanku, Sehat Jiwa dan Pemikiranku”

  • TUJUAN KEGIATAN
  1. Sebagai sarana berolahraga
  2. Ajang silaturahmi antar Guru, siswa dan masyarakat
  3. Sebagai media promosi
  • DASAR KEGIATAN
  1. Hasil rapat Panitia Pelaksana HUT PGRI KE-73 dan HGN Kecamatan Sumpiuh
  2. Program kerja PGRI Kecamatan Sumpiuh
  • SASARAN KEGIATAN

Guru, siswa dan masyarakat di sekitar Kecamatan Sumpiuh

  • WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan Jalan Sehat HUT PGRI 2018 ini akan dilaksanakan pada :

Hari             : Minggu

Tanggal       : 25 November 2018

Pukul           : 07.00 s.d. 11.00 WIB

Tempat        : Taman Kota Kecamatan Sumpiuh

  • SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung : Abdul Kudus, SE (Camat Sumpiuh)

Penanggung Jawab   : Sudiono S.Pd.SD (Ketua PC PGRI Sumpiuh)

Ketua Pelaksana        : Toto Prayitno, S.Pd

Sekretaris Pelaksana     : Wasimin, S.Pd.SD

Bendahara Pelaksana : Ninin Agustina, S.Pd.SD

  • Seksi-Seksi

Humas              : Suhardi, S.Pd.SD

Sekretariatan : Diana Herawati, S.Pd.SD, Fitriyaningsih S.Pd.Jas

Perlengkapan : Drs. Sudarmaji, S.Pd

Dokumentasi     : Abdul Rohman, S.Pd

Konsumsi          : Riki Suherman, S.Pd

P3K                  : Teguh Suparwito,S.Pd.SD

Keamanan         : Kapospol dan Babinsa

  • MEKANISME
  1. Penggalangan sponsor dilakukan H-25 dari hari pelaksanaan
  2. Promosi dilakukan H-5 di desa-desa dan media promosi seperti radio, banner dan media lainnya
  3. Peserta dapat mengambil tiket di kantor UPPK pada H-2 pelaksanaan
  4. Peserta dapat mendaftar langsung pada hari H pelaksanaan di Taman Kota Sumpiuh sebelum kegiatan dimulai.
  5. Untuk peserta guru dan siswa tiket dibagikan di sekolah
  6. Peserta harus membawa kupon saat hari pelaksanaan
  • BENTUK KEGIATAN

Jalan Sehat 

Start jalan sehat dimulai dari Taman Kota Sumpiuh melalui jalan lingkar mengelilingi kecamatan Sumpiuh dan kembali finish di Taman Kota Sumpiuh.

Senam Bersama

Senam aerobik bersama sambil menunggu kesiapan peserta jalan sehat.

Hiburan dan Pembagian Hadiah

Pembagian hadiah diselingi dengan hiburan organ tunggal dari “Lanang Bandara”

  • ANGGARAN BIAYA
  • Promosi :
  1. Pamflet  450 lembar @1500                            Rp.  675.000
  2. Spanduk 8 Buah                                              Rp.  950.000

———————– +

TOTAL                                                            Rp.  1.625.000

  • Kepanitiaan :
  1. Kaos seragam panitia 30 buah @50.000       Rp.   1.250.000
  2. PengurusanPerijinan                                      Rp.      450.000
  3. Konsumsi                                                       Rp.      600.000

———————- +

TOTAL                                                                Rp.   2.300.000,-

  • Perlengkapan :
  1. Rental panggung                                            Rp.   1.000.000
  2. Sound Sistem                                                 Rp.   1.500.000
  3. Kupon                                                    Rp.   1.200.000
  4. Perlengkapan P3K                                         Rp.      350.000

———————– +

TOTAL                                                                Rp.   4.050.000

  • Hadiah :
  1. Hadiah Hiburan                                                   Rp.    2.000.000,-
  2. Kipas angin  3 Buah  @500.000                         Rp.    1.500.000,-
  3. HP 3 buah  @500.000                                        Rp.    1.500.000,-
  4. Sepeda 1 Buah  @1.500.000                             Rp.    1.500.000,-
  5. TV ’24  2   Buah @1.600.000                             Rp.    3.200.000,-
  6. Mesin Cuci  1 Buah @1.500.000                        Rp.   1.500.000,-

———————- +

Total                                                                   Rp.  11.200.000,-

  • Jumlah Keseluruhan :
  1. Promosi                                                               Rp.     1.625.000,-
  2. Kepanitiaan                                                         Rp.    2.300.000,-
  3. Perlengkapan                                                      Rp.    4.050.000,-Hadiah                                                                Rp. 11.200.000,-

——– ————— +

TOTAL BIAYA                                                   Rp. 19.175.000,-

  • PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat sebenar-benarnya. Besar harapan kami agar acara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Akhirnya, selaku panitia kami mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan semoga acara “Jalan Sehat Hari Guru Nasional 2018 Kecamatan Sumpiuh, dapat berjalan dengan lancar amiin.

Download contoh proposal sponsorship

12. Contoh Proposal Wirausaha

Proposal wirausaha adalah rencana atau bisnis yang dituangkan dalam dokumen tertulis baik internal maupun eksternal mengenai usaha yang akan dijalani. Proposal kewirausahaan mencakup sasaran dan strategi untuk meyakinkan investor yang akan memberikan bantuan modal usaha. Salah satu contoh proposal wirausaha yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

BAB I

LATAR BELAKANG

  • Ide Usaha

Menyongsong era persaingan bebas dan untuk memberdayakan masyarakat, kami akan menambah nilai guna bahan baku di lingkungan sekitar menjadi produk yang bernilai lebih tinggi.

  • Gagasan Usaha

Solusi mengatasi menurunnya harga jual produk pertanian, khususnya produk makanan yaitu pisang serta mempertahankan perekonomian dan dapat menstabilkan usaha serta membuka lapangan pekerjaan.

BAB II

RELEVANSI

  • Kenapa memilih jenis usaha keripik pisang?

tanah yang subur mendukung masyarakat Indonesia untuk menghasilkan komoditi, salah satunya adalah pisang, petani akan sejahtera jika bisa menambah nilai guna pisang menjadi produk olahan lain.

  • Kendala atau masalah yang harus dipecahkan?

Meningkatkan kualitas produk pisang menjadi keripik pisang membutuhkan dukungan modal yang tidak dapat kami tanggung sendiri, oleh sebab itu kami membutuhkan donatur atau investor yang berkenan mengatasi kendala kami tersebut.

BAB III

TINJAUAN DARI USAHA

Usaha ini mempunyai keunggulan manfaat bagi masyarakat di berbagai bidang yaitu sebagai berikut:

  • Kegiatan Masyarakat

Kegiatan perekonomian masyarakat dalam usaha industri dalam pembuatan keripik pisang didukung oleh masyarakat karena membantu mengurangi pengangguran.

  • Kebutuhan pasar

Kripik pisang adalah produk yang memiliki cita rasa yang berbeda dan sering dikonsumsi masyarakat.

  • Bahan baku usaha

Bahan baku keripik pisang sangat mudah diperoleh di lingkungan masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau.

  • Tenaga pengelola

dikelola dengan higienis di produksi yang berbasis industri dan menggunakan karyawan warga setempat.

  • Kelebihan usaha keripik Pisang

1. Nutrisi tidak hilang, karena digoreng pada suhu rendah (80-85oC)

2. Tekstur dan warna menarik

3. Enak dan renyah

BAB IV

Kegiatan dari usaha

  • Metodologi pembuatan produk

Alasan kami memilih usaha keripik pisang. Karena Bahan baku untuk membuat keripik mudah diperolehnya. Adapun cara dan bahan-bahan dalam membuat keripik pisang tersebut sebagai berikut:

  • Bahan baku :
  1. Pisang
  2. Penyedap rasa
  3. Balik modal secara cepat 4 sampai dengan 6 bulan
  4. Pasar terbuka lebar, bahkan peluang ekspor yang sangat besar
  5. Proses produksi dan pengelolaan usaha sangat gampang
  • Peralatan :
  1. Kompor gas
  2. Alat pemotong pisang atau pisau
  3. Penjepit plastik
  • Langkah Membuat:

Pertama kita membuat irisan pisang tipis-tipis. Setelah itu potongan pisang kita masukan ke dalam penyedap rasa, setelah dimasukkan penyedap rasa, kemudian pisang digoreng, terakhir tiriskan pisang dan tunggu pisang hingga dingin untuk dikemas.

  • Rincian Biaya

Modal awal :

  1. Membuat surat izin usaha : Rp 150.000
  2. Membuat spanduk atau label : Rp. 100.000
  3. dst….

Jumlah Total Modal Awal: Rp…..

Modal Per Minggu :

  1. Biaya kemasan : Rp….
  2. Bahan baku       : Rp…
  3. dst….

Pengeluaran Perbulan: Rp…………..

Rincian per minggu:

Bahan baku : Rp………. 1 bulan

  • transportasi : Rp.……/minggu
  • pengemasan atau packing : Rp……/minggu

dst….

Total pengeluaran perbulan Rp…………..

(Pengeluaran perbulan + Modal awal )

(Rp….+Rp…..) = Rp…..

Total pengeluaran =Rp…..

Pemasukan:

  1. Keripik pisang….bungkus
  2. Per Minggu minimal…bungkus
  3. dst…

Keuntungan perbulan =  (pemasukan – pengeluaran setiap bulannya)

= (Rp…– Rp….)

= Rp…..

BAB V

PENUTUP

Hasil pertanian seperti pisang ternyata ditingkatkan menjadi komoditi yang bernilai lebih, yaitu keripik pisang. Hal ini dapat memberdayakan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

Download contoh proposal usaha

13. Contoh Proposal Karya Ilmiah

Proposal karya tulis ilmiah merupakan suatu bentuk rancangan penelitian yang akan dilakukan agar mendapat persetujuan dari pihak tertentu. Berikut ini adalah contoh proposal karya ilmiah sederhana mengenai Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang mempunyai nilai budaya tinggi, seiring berkembangnya zaman predikat Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ramah perlahan-lahan mulai luntur, bukan bangsa lain yang menghilangkan predikat tersebut tetapi perilaku masyarakat sendiri. Dengan meluasnya dampak globalisasi, terjadi pula perubahan pola pikir masyarakat .

Globalisasi membuat jarak, ruang dan waktu sangat dekat dan singkat. Mudah bagi seseorang melakukan komunikasi di belahan bumi manapun. Sebagai bangsa berkarakter seyogyanya kita tidak melupakan jati diri bangsa. Walaupun Globalisasi memberikan perubahan positif, tapi tidak semuanya sesuai dengan kepribadian bangsa Jadi kita harus pandai menyeleksi serangan budaya asing tersebut.

  • Rumusan Masalah

Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap perilaku kehidupan masyarakat?

  • Tujuan penelitian

Mengetahui dampak positif dan negatif globalisasi bagi kehidupan masyarakat

  • Metode dan Teknik Penelitian

Penulis melakukan metode observasi dan studi pustaka untuk mendapatkan fakta dan data yang diperlukan, adapun teknik yang digunakan adalah:

  1. Teknik Pengamatan Langsung, penulis mengamati langsung kecenderungan perilaku masyarakat yang diduga merupakan pengaruh globalisasi.
  2. Teknik Wawancara, tujuannya untuk memperoleh gambaran perilaku masyarakat secara umum pada wilayah tertentu.
  3. Studi Pustaka, dalam metode ini, penulis mencari sumber pustaka dari beberapa referensi atau pendapat para ahli.
  • Sistematika Penulisan

Penulis akan menjelaskan hasil penelitian secara runtut dalam bab pendahuluan sampai dengan bab penutup menggunakan sistematika yang direkomendasikan dalam penulisan sebuah karya tulis ilmiah.

BAB  II

PEMBAHASAN

  • Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Sektor ekonomi dirasakan paling terpengaruh karena dampak globalisasi. Dampak Positifnya, untuk dapat bertahan di era modern diperlukan kreativitas tinggi untuk melahirkan inovasi dan terobosan baru. Sementara dampak negatif yang juga sangat dirasakan dewasa ini adalah adanya kesenjangan ekonomi yang kontras antar warga masyarakat.

Bisnis E-commerce seperti amazon, tokopedia, Ebay, Gojek, Grab dan lain sebagainya merupakan inovasi yang dilahirkan di era globalisasi sekarang ini. Masyarakat semakin diberi kemudahan mengakses informasi untuk mendapatkan barang, transportasi ataupun layanan yang dibutuhkan masyarakat lainnya.

  • Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi menuntut masyarakat untuk lebih mengenal budaya asing entah itu baik ataupun buruk. Mirisnya sebagian masyarakat lebih mengenal budaya asing dibandingkan budaya bangsanya sendiri. Pada sisi lain masalah sosial pengangguran, penggunaan narkoba, pergaulan bebas dan lainnya turut menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama-sama.

BAB III
PENUTUP

  • Kesimpulan

Globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Bertambahnya lapangan pekerjaan, investasi dari luar negeri, mudahnya mendapatkan barang/jasa merupakan dampak positif bidang ekonomi, sementara dampak negatifnya adalah sikap konsumerisme, masuknya tenaga asing, pasar dikuasai barang-barang impor dan matinya usaha pengusaha lokal.

Di bidang sosial budaya dampak positif yang muncul seperti multikulturalisme budaya dunia, rasa toleransi dan ketergantungan, berfikir modern, menghargai waktu dll, dampak negatif dapat berupa perilaku menyimpang seperti penyalahgunaan narkotika, komunitas gay, lesbian, gaya berpakaian terbuka dsb.

  • Saran
  1. Kunci dalam menghadapi arus globalisasi yang sangat deras adalah dengan menyeleksi setiap pengaruh budaya asing yang masuk dalam berbagai bidang kehidupan.
  2. Senantiasa berpikir cerdas dan menguasai IPTEK sebagai bekalnya.

DAFTAR PUSTAKA

Lentera Kecil. (2012, 17 Juni). Keterampilan Menulis Paragraf . Diperoleh 19 Juni 2012, dari https://lenteraecil.com/keterampilan-menulis-paragraf/

Hermans, B., 2000, Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch, [online], (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 25 Juli 2008 )

Catatan: Daftar Pustaka hanya contoh

Download contoh proposal karya ilmiah

14. Contoh Proposal Kegiatan Pramuka

Dalam kehidupan di dunia pasti tidak lepas dengan yang namanya permasalahan segala administrasi, entah administrasi yang mengatur Kartu keluarga, Akte kelahiran, Akta tanah, KTP, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Administrasi memang penting untuk dilakukan karena fungsi dari administrasi itu sendiri adalah sebagai bukti fisik untuk menambah kelegalitasan pernyataan.

Administrasi tidak hanya mencangkup dalam ranah surat menyurat saja namun juga mencangkup permasalahan penyusunan makalah, laporan penelitian, laporan pertanggung jawaban serta penyusunan proposal untuk kegiatan tertentu.

Proposal sering digunakan dan dibuat ketika memang akan mengadakan suatu acara kegiatan baik di kampung, di sekolah atau bahkan di universitas. Proposal sering disebut dengan istilah identik lainya seperti surat pengajuan dana untuk kegiatan karena di dalam proposal tersebut mengandung atau terlampir beberapa estimasi dana dan estimasi waktu kegiatan yang lebih detail.

Tidak sembarang dan semudah yang dibayangkan dalam menyusun proposal kegiatan karena proposal disusun dengan sistematis dan terperinci serta memiliki format dan alur yang sudah di tentukan berdasarkan keputusan wewenang. contoh proposal kegiatan pramuka tentu hal tersebut memuat beberapa informasi seperti tujuan kegiatan, estimasi waktu pelaksanaan, estimasi dana, siapa saja pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

Proposal kegiatan pramuka itu sendiri tergolong dalam proposal yang formal dan masuk dalam bentuk proposal kegiatan karena acara tersebut hanya dilakukan oleh pihak tertentu saja dalam satu waktu. Jika ingin membedah contoh proposal kegiatan pramuka umumnya akan sama dengan proposal kegiatan yang lainnya.

Proposal kegiatan pramuka memiliki unsur unsur kelengkapan yang antara lain seperti surat pengantar, kata pengantar, landasan kegiatan, tujuan kegiatan, nama dan tema kegiatan, bentuk kegiatan, waktu kegiatan, penyelenggara kegiatan, peserta kegiatan, susunan panitia dan acara, anggaran dana yang dibutuhkan, serta bagian terakhir yaitu penutup.

Pentingnya surat pengantar dalam proposal kegiatan pramuka yakni untuk memberikan pemberitahuan kepada pihak yang bersangkut bahwasannya proposal tersebut ingin mencari dana / donatur atau bentuk sponsor sehingga menciptakan bentuk kerja sama antara kedua belah pihak.

Lalu ada kata pengantar dalam proposal kegiatan pramuka yang tentunya bertujuan untuk memberikan suatu pembukaan atau semacam muqaddimah yang nantinya akan memberikan penjelasan gambaran terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. Saran dalam pembuatan kata pengantar hendaknya di buat se-menarik mungkin sehingga dapat menarik simpati dari pihak yang ingin bekerja sama.

Selain itu, proposal kegiatan pramuka sebaiknya dijelaskan terkait tujuan dari acara tersebut supaya dapat meyakinkan bahwasanya acara tersebut benar benar memiliki niatan baik untuk dilaksanakan. Proposal kegiatan pramuka juga memuat beberapa informasi yang perlu dicantumkan seperti tema kegiatan, tanggal pelaksanaan, tempat pelaksanaan, target peserta, dan masih banyak lagi.

Susunan acara juga wajib dicantumkan dalam proposal agar pelaksanaan acara tersebut tersusun rapi dan sistematis sehingga lebih jelas dan terbukti kelegalitasan acara tersebut. Dalam susunan acara hendaknya dibuat selengkap mungkin seperti terdapat alokasi waktu tiap acara, keterangan acara, pengisi, dan alat alat yang dibutuhkan untuk mensukseskan acara tersebut.

Bagian yang paling penting dalam penyusunan proposal kegiatan acara pramuka selain point point yang dijelaskan di atas yaitu ‘susunan dana atau estimasi dana’ karena point tersebut berguna sebagai bentuk kebutuhan dana yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan pramuka, selain itu juga berfungsi sebagai bukti untuk mencari sumbangan dana atau mencari sponsorship.

Yang terakhir dalam penyusunan proposal hendaknya jangan lupa untuk membuat bagian penutup dalam proposal itu sendiri. Bagian penutup biasanya menjelaskan tentang salam penutup dan permohonan maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan proposal tersebut.

Download contoh proposal kegiatan pramuka

15. Contoh Proposal Magang

Proposal memang sangat lah penting untuk di buat dan digunakan untuk kepentingan seperti pengajuan dana untuk kegiatan acara, membuat pkm (pekan kreativitas mahasiswa), mengajukan lamaran magang, pengajuan inventaris barang dan kepentingan lainya asalkan logis.

Proposal yang sering di buat mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di perguruan tinggi baik negeri dan swasta biasanya membuat proposal jenis kegiatan yang dilaksanakan untuk kepentingan pribadi maupun umum. Namun beda halnya jika proposal tersebut dibuat dari mahasiswa yang sudah tingkat akhir tentu mereka membuat proposal untuk magang di perusahaan atau tempat magang yang mereka inginkan.

Tidaklah mudah untuk membuat proposal magang, tentu proposal tersebut memiliki format format sendiri yang dapat membedakan dengan jenis proposal lainnya. Akan fatal apabila dalam pembuatan penyusunan proposal magang tidak memperhatikan kaidah kaidah yang sudah di atur dalam format aturan proposal.

Proposal magang merupakan proposal jenis penelitian karena maksud dari proposal itu sendiri ialah untuk meneliti berbagai ilmu sains atau mengabdi untuk masyarakat demi memenuhi kepentingan akademik dalam kampus. Proposal magang termasuk dalam jenis proposal yang berbentuk formal karena proposal tersebut diserahkan kepada instansi yang resmi dan berwenang.

Dalam penyusunan proposal magang biasanya termuat beberapa point seperti Lembar persetujuan antara kedua belah pihak, pembukaan atau mukadimah, latar belakang proposal, dasar pemikiran, tujuan kegiatan, manfaat kegiatan, sasaran kegiatan, dan yang terakhir ada penutup.

Lembar persetujuan berisi tentang informasi identitas mahasiswa yang akan magang di perusahaan yang dipilih, identitas tersebut berisi nama lengkap, nim, asal program studi, asal universitas, tempat yang dituju, waktu lama untuk magang, dan bagian terakhir dalam lembar persetujuan harus ada tanda tangan dari pihak yang terlibat termasuk ketua prodi.

Selanjutnya pembukaan atau mukadimah berisi tentang salam pembuka, ucapan syukur, serta diikuti dengan beberapa informasi tujuan kegiatan. Lalu proposal magang juga harus dilengkapi dengan latar belakang yang mendeskripsikan bentuk bentuk keilmuan tentang tema ataupun ilmu yang sedang dipermasalahkan sehingga dapat menemukan solusi pemecahan yang digunakan sebagai bahan utama dalam proses magang.

Selanjutnya bagian dasar pemikiran yang termuat dalam proposal magang menjelaskan terkait informasi informasi seputar program magang yang telah dipaparkan oleh kaprodi kepada mahasiswanya sehingga dapat memberikan suatu pencerdasan atau menambah keilmuan dan wawasan bagi pembaca ataupun pihak instansi yang dilamar.

Point selanjutnya yaitu harus menjelaskan isi dari tujuan kegiatan yang tercantum dalam proposal magang sehingga acara tersebut memberikan dampak yang berarti bagi kedua belah pihak dan dapat menjadi pembelajaran yang akan datang bagi mahasiswa sebagai sosok agent of change dalam peradaban dunia.

Manfaat kegiatan juga harus dijelaskan dalam proposal kegiatan magang tersebut, biasanya menjelasakannya harus sedetail mungkin dan terdapat sub bab manfaat itu sendiri, baik manfaat bagi mahasiswa, manfaat bagi perguruan tinggi, dan manfaat bagi instansi yang dilamar.

Selanjutnya ada sasaran kegiatan yakni menjelaskan posisi mahasiswa yang akan melamar magang di instansi tersebut. Posisi mahasiswa berarti mereka harus meninggalkan status mahasiswanya terlebih dahulu dan bersifat sementara karena dalam perusahaan mahasiswa harus membaur dengan rekan kerja yang lainnya agar tidak menimbulkan jiwa senioritas ataupun lainnya.

Lalu proposal magang sebaiknya juga dilengkapi dengan informasi tempat dan waktu kegiatan sehingga pelaksanaanya dapat terpantau dan terjadwal sebaik mungkin meskipun hal tersebut sudah termuat dalam lembar persetujuan namun di bagian point terakhir hendaknya dicantumkan kembali.

Bagian terakhir dalam proposal harus diakhiri dengan penutup yang menjelaskan saran, ketersediaan sikap mahasiswa dalam magang terhadap instansi yang dituju dan jangan lupa menjelaskan bagian salam penutup. Proposal magang biasanya dilengkapi dengan lampiran biodata pelamar magang yang memuat seperti biodata pada umumnya yang terdapat nama, nim, prodi, alamat, nomor hp.

Download contoh proposal magang

16. Contoh Proposal Makanan

Usaha tak hanya membutuhkan sumber daya manusia, ilmu, dan modal saja namun masih perlu juga hal hal keperluan lain yang lainnya. Bahkan di zaman sekarang jika ingin berusaha maka harus melakukan persiapan persiapan yang matang agar ketika membuka bisnis usahanya tidak mengalami halangan sedikitpun.

Persiapan sebelum usaha sangat banyak sekali seperti melatih jiwa entrepreneurship dari awal, memperkukuh niat sebelum berusaha, dan melatih sifat yang gigih, kerja keras serta keuletan dalam berwirausaha. Mungkin penjelasan penjelasan seperti itu sudah banyak dan sering dilakukan oleh pengusaha yang lainnya.

Namun ada yang perlu diperhatikan oleh beberapa pengusaha sebelum terjun ke daerah wilayah bisnisnya yaitu harus mempersiapkan segala persyaratan administrasi dalam usaha seperti membuat NPWP, membuat proposal pengajuan usaha bias makanan, minuman, ataupun usaha lainya.

Proposal usaha makanan salah satu jenis proposal yang semi formal dan tergolong dalam jenis proposal bisnis karena kepentingan dan tujuan proposal itu sendiri hanya digunakan untuk membuka peluang bisnis dalam mencari sumber penghasilan diri sendiri ataupun golongan.

Proposal makanan biasanya isinya hanya mengandung sedikit ilmu ilmu yang termuat dalam proposal itu sendiri karena mayoritas proposal makanan hanya berisi konten inovasi inovasi dalam pengembangan bisnis makanannya serta metode dalam pelaksanaan bisnis.

Format proposal makanan tidak sama seperti proposal yang tergolong kategori formal maka dari itu perlu diperhatikan bagi beberapa pengusaha yang ingin melakukan penyusunan pengajuan proposal bisnisnya sebelum take action dalam berwirausaha.

Isi dari proposal itu sendiri tak sebanyak seperti proposal kegiatan acara dan proposal untuk magang di perusahaan. Proposal makanan hanya memuat Bab pertama yaitu pendahuluan yang berisi (Latar belakang, visi dan misi usaha, tujuan kegiatan, maksud dari kegiatan usaha makanan) lalu ada bab yang kedua yaitu mengarah kepada pembahasan yang berisi ( strategi pemasaran, analisis swot ) dan bab ketiga yaitu membahas tentang management produksi yang berisi (proses produksi, bahan baku, kelengkapan ).

Selanjutnya isi dari bab keempat dalam proposal makanan yaitu rencana anggaran atau estimasi modal dam berbisnis yang berisi tentang ( Modal, penentuan harga jual produk, laba dan rugi) dan bab yang terakhir adalah bab penutup yang berisi tentang (kesimpulan, kritik, saran, salam penutup).

Masuk ke pembahasan yang pertama dalam proposal makanan yaitu bab tentang pembukaan yang berisi latar belakang dalam proposal itu sendiri. Latar belakang umumnya memuat informasi pada proposal yang seperti biasanya. Lalu dalam bab pembuka juga ada pembahasan terkait visi dan misi dalam berusaha, visi dan misi harus dijabarkan dengan terpisah supaya tidak membingungkan pembaca dalam memahami isi proposal tersebut.

Setelah itu pengusaha wajib menjelaskan tujuan dalam berwirausaha yang dicantumkan dalam proposal agar pembahasan tersebut dapat terukur dan terarah manfaat yang didapat dari proses berbisnis itu sendiri.

Selanjutnya masuk ke dalam bab pembahasan yang memuat informasi terkait strategi pemasaran yang berguna untuk melancarkan promosi promosi terhadap produk yang dijual kepada pelanggan agar dapat mensukseskan langkah strategi bisnis dari pengusaha tersebut. Pengusaha juga harus memperhatikan beberapa analisis data yang diperoleh dari data kuantitatif maupun kualitatif agar dapat melakukan evaluasi terhadap monitoring usaha bisnisnya.

Lalu ada bab ketiga terkait management produksi yang mendeskripsikan terkait permasalahan bahan baku dari produk tersebut harus di jelaskan serta dalam cara membuat produk tersebut serta menjelaskan bagaimana proses dalam memproduksi produk tersebut agar laku keras dalam pemasaran bisnis.

Yang paling penting dalam proposal makanan yaitu berisi informasi terkait modal yang harus disiapkan dalam bentuk perkiraan dana atau estimasi dana serta pengusaha harus jeli dan teliti dalam melakukan perhitungan laba dan rugi sehingga dapat mempertimbangkan sebelum menentukan harga jual produk tersebut.

Yang terakhir dalam proposal yakni jangan lupa untuk selalu memberi bagian penutup karena bagian ini merupakan momen terpenting untuk berinteraksi langsung kepada pelanggan agar dapat mengirimkan saran dan kritiknya.

Download contoh proposal makanan

17. Contoh Proposal Bisnis Plan

Anak sekolah seperti pelajar, mahasiswa, bahkan orang tua yang berprofesi di dunia bisnis atau di perusahaan pasti tidak asing dengan istilah proposal. Memang keberadaan proposal untuk zaman sekarang sangat penting sekali diperlukan untuk menunjukan kepentingan dalam menyampaikan pengajuan acara ataupun yang lainnya.

Proposal sudah semenjak dahulu ada dan beredar di Indonesia, ini merupakan bukti bahwasannya perkembangan ilmu pada manusia sudah berkembang sangat baik, terlebih lagi proposal masuk sebagai peran administrasi.

Sekarang jika berbisnis mandiri atau kerjasama bilateral dengan perusahaan lain maka perlu sekali untuk menyusun proposal sebelum hal tersebut dilakukan. Yang perlu diperhatikan dalam menyusun rancangan proposal bisnis plan yaitu format penyusunan, serta ekstensi soft filenya jika dikirim atau di upload kepada perusahaan lain.

Sebelum menyusun proposal bisnis plan, alangkah baiknya pebisnis memikirkan ide bisnisnya terlebih dahulu sebelum disusun di dalam proposal. Penyusunan proposal bisnis plan memiliki beberapa bab yang di dalam bab tersebut terisi beberapa sub judul untuk menjelaskan hal hal yang perlu digambarkan dalam bisnis yang diajukan.

Bab pertama terdiri dari latar belakang masalah / latar belakang bisnis itu sendiri, latar belakang sebaiknya ditulis semenarik mungkin agar dapat menarik simpati pembaca atau menarik pihak sponsorship untuk ikut andil dalam bekerja sama mewujudkan bisnis tersebut. Latar belakang biasanya mendeskripsikan bentuk masalah atau bentuk identifikasi serta orientasi bisnis yang hendak di adakan.

Bab kedua berisi nama bisnis plan yang artinya berisi judul dari ide bisnis yang telah diciptakan oleh pebisnis yang hendak berwirausaha. Tentu saja nama tersebut akan menjadi ikonik (icon unik) dalam bisnis, sehingga dapat mudah diingat oleh masyarakat konsumen lainnya.

Bab ketiga dalam proposal bisnis plan yaitu menjelaskan tujuan dari bisnis itu sendiri sehingga tujuan tersebut timbul untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis itu sendiri atau tujuan itu untuk semua golongan masyarakat asalkan tujuan tersebut bermanfaat bagi mereka.

Bab ke-empat di proposal bisnis plan biasanya menjelaskan bentuk deskripsi dari keunggulan produk yang akan dibawa untuk berbisnis. Sangat gampang sekali untuk mendeskripsikan jenis keunggulan produk dalam bisnis itu sendiri yang jelas selalu tampilkan konten konten yang positif sehingga memudahkan dalam strategi promosi dalam bisnis tersebut.

Bab kelima terdapat analisis SWOT(Strength, Weakness, Opportunity, Threat) arti dari SWOT itu sendiri adalah Strength = Kekuatan, Weakness = Kelemahan, Opportunity = Kesempatan, Threat = Ancaman. Analisis SWOT memang penting untuk dilakukan karena akan membantu sejauh mana proses bisnis anda akan berkembang berdasarkan observasi data yang telah dilakukan.

Bab keenam dalam penyusunan proposal jenis bisnis plan yakni analisis produk yang telah dibuat untuk berlabuh di dunia wirausaha. Jadi tidak hanya melakukan analisis swot saja yang berguna untuk menganalisis keadaan sekitar anda dalam berwirausaha, namun analisis produk memang penting untuk dilakukan supaya produk yang dapat dipasarkan tidak mengecewakan pembeli atau konsumen langganan. Analisis produk biasanya menjelaskan jenis produk, cara membuat, ketahanan produk, harga produk, serta strategi pemasaran produk tersebut.

Bab yang dituju dalam proposal bisnis plan yaitu anggaran dana yang berisi perhitungan atau estimasi modal yang perlu di butuhkan dalam mengembangan atau membangun bisnis. Sebaiknya perhitungan modal tersebut dilakukan dengan teliti dan benar serta jujur, jangan melakukan tindakan korupsi dalam perhitungan modal jika melakukan hal tersebut maka akan fatal sekali, bias bias proposal tersebut tidak legal.

Bagian bab terakhir adalah penutup yang menjelaskan harapan dari pebisnis yang telah mengajukan dan membangun ide bisnisnya agar produk bisnis tersebut akan laku di pasaran dan tahan lama dalam proses berwirausaha.

Download contoh proposal bisnis plan

18. Contoh Proposal Kualitatif

Tulis menulis surat memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada zaman dahulu namun keberadaan kegiatan tersebut sekarang sangat jarang dilakukan bahkan zaman sekarang jarang sekali ada orang yang mengirimkan surat melalui kantor pos Indonesia. Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menyebabkan tren zaman dahulu mulai membekas dalam sejarah.

Masuk ke zaman yang serba teknologi membuat manusia semakin mudah dalam melakukan kegiatannya entah untuk bekerja, berkarya, maupun kegiatan lainnya. Meski zaman sudah maju akan tetapi kegiatan dalam pengetikan naskah surat elektronik, faximile, pembuatan proposal, masih dilakukan oleh manusia.

Proposal memang sangat penting keberadaannya agar dapat menunjukan sifat kelegalitasan dalam menyusun agenda atau informasi. Bentuk proposal yang ada yaitu bermacam macam seperti formal, semi-formal, dan non formal.

Secara umum jenis jenis pada proposal mencangkup kepentingan untuk penelitian, bisnis, proyek, dan kegiatan. Proposal jenis penelitian sering disebut dengan istilah proposal kualitatif karena maksud dari isi proposal itu sendiri bertujuan untuk melakukan studi penelitian terhadap produk atau sains yang di permasalahkan.

Arti kata kualitatif pada proposal kualitatif (penelitian) yakni berarti melakukan pengumpulan data berdasarkan riset pengamatan baik menggunakan indra manusia, maupun pikiran akal rasional. Isi proposal kualitatif lebih menjurus pada deskripsi terhadap hal yang diteliti serta cenderung melakukan pencarian atau pengamatan data secara analitis.

Format yang terkandung dalam proposal kualitatif sama halnya dalam menyusun proposal pekan kreativitas mahasiswa (pkm). Format tersebut terdiri dari Judul proposal penelitian, Latar belakang masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, kajian teori, hipotesis, desain penelitian, populasi dan sampel, instrumen pengumpulan data, validitas data.

Judul proposal sebaiknya ditulis dengan kalimat yang efektif dan seefisien mungkin sehingga tidak menyulitkan pembaca dalam menerjemahkan kata kata dalam judul di proposal itu sendiri. Dan kalau bisa gunakan kata singkatan atau kalimat yang semenarik mungkin sehingga mudah diingat bagi pembaca.

Latar belakan masalah dalam proposal kualitatif yaitu menjelaskan bentuk rumusan permasalahan dalam ide yang diambil yang tercantum dalam judul proposal sehingga sangat bagus sekali apabila latar belakang tersebut memuat beberapa informasi pengetahuan untuk menambah wawasan serta cakrawala bagi pembaca.

Selanjutnya pembatasan masalah masuk dalam poin pembahasan dalam proposal kualitatif karena point tersebut menggambarkan rumusan beberapa data yang diolah berdasarkan fakta dari riset penelitian sehingga biasanya memuat beberapa gejala atau faktor yang timbul akibat judul tersebut.

Proposal penelitian sebaiknya menjelaskan rumusan masalah yang dilibatkan berdasarkan judul dari ide proposal itu sendiri sehingga rumusan permasalahan yang terjadi akan menimbulkan pembahasan yang kritis untuk di bahas secara diskusi bersama.

Bagian kajian teori dalam proposal kualitatif yaitu bagian yang menjelaskan teori teori yang digunakan untuk mendeskripsikan point permasalahan dari judul proposal sehingga dapat memuat teori teori keilmuan seperti biasa yang menjelaskan secara sederhana hingga kompleks.

Hipotesis dan desain penelitian (metode penelitian), kedua point tersebut memang baik untuk di tuliskan di dalam proposal karena hipotesis menjelaskan terkait dugaan sementara yang akan timbul berdasarkan pemikiran dari penulis proposal dan metode penelitian menjelaskan terkait cara untuk melakukan penelitian agar permasalahan tersebut segera ditangani dan mendapat hasil yang memuaskan.

Instrumen pengumpulan data dalam proposal kualitatif menjelaskan terkait alat dalam pengambilan atau pencarian data yang dibutuhkan pencetus ide penelitian. Instrumen tersebut bisa berupa alat yang bisa digunakan untuk mengukur, angket, kuisioner, atau bahkan e-voting dan masih banyak lagi.

Download contoh proposal kualitatif

19. Contoh Proposal Pengajuan

Proposal merupakan suatu pembukuan yang menyimpan segala data atau informasi terkait hal hal yang diajukan. Proposal biasanya tersusun dalam satu bentuk makalah atau seperti laporan yang di jilid dan terdapat logo dari instansi pembuat proposal.

Proposal berfungsi sebagai pembuktian hukum dasar tertulis namun hukum tersebut bukanlah hukum seperti yang ada di undang undang maupun pasal namun mengandung informasi terhadap suatu hal. Proposal memang sangat banyak macam macam  nya ada yang berbentuk penelitian, bisnis, kegiatan , proposal pengajuan, dan masih banyak lagi.

Proposal yang dibuat biasanya mengandung maksud dan tujuan tertentu seperti halnya ketika ingin mencari dana sponsorship maka perlu sekali membuat proposal pengajuan dana dan juga tidak hanya masalah financial saja namun jika ingin melakukan magang di perusahaan atau organisasi maka perlu ada pengajuan proposal magang.

Namun yang sering dilakukan biasanya proposal pengajuan dana yang gunannya untuk mengajukan suatu dana ataupun meminta bantuan dana dan sponsorship. Dalam mengajukan suatu dana biasanya target yang dicapai tercantum dalam proposal seperti instansi yang dimintai sumber dana, target dana, serta bentuk tawaran dana.

Proposal pengajuan dana yang dibuat mahasiswa ataupun pekerja biasanya bertujuan ingin membuat suatu kegiatan atau bentuk kerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan atas kepentingan bersama. Format proposal pengajuan umumnya sama seperti proposal jenis lainnya.

Format proposal pengajuan dana memiliki identitas instansi atau perorangan yang ingin mencari dana, kata pengantar, latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan baik untuk yang mengajukan dana dan yang dimintai dana serta yang dapat menikmati hasil dana tersebut, deskripsi kegiatan (apabila memang dan yang diminta untuk menyelenggarakan suatu kegiatan), program kegiatan (jika kegiatan tersebut memang formal dan memiliki regulasi dan konsep yang telah di atur), rencana pembiayaan, dan terakhir penutup.

Dalam penyusunan proposal pengajuan memang sangat penting sekali untuk mencantumkan identitas instansi atau perorangan yang membuat proposal tersebut agar proposal tersebut benar benar fakta telah dibuat oleh pihak yang berwenang apalagi jika proposal tersebut terdapat suatu cap atau stempel yang tertera dalam proposal tersebut.

Kata pengantar dalam proposal memang masih diperlukan agar dapat memberikan kesan yang menarik dalam proposal tersebut sekaligus memberikan salam pembuka dan mendeskripsikan instansi atau identitas dari pembuat,bentuk kegiatan dalam proposal.

Proposal pengajuan juga memiliki isi latar belakang yang baik agar dapat memberikan wawasan kepada pembaca untuk menambah sarana keilmuan. Biasanya latar belakang dalam proposal menjelaskan bentuk sejarah ataupun perumusan masalah serta solusi dari program kegiatan yang diajukan.

Proposal membutuhkan kerangka tujuan dalam kegiatan yang akan diselenggarakan, oleh karena itu mayoritas dari pembuat proposal menuliskan tujuan kegiatan atau program yang akan diselenggarakan serta dalam mengajukan suatu dana untuk mensukseskan acara tersebut.

Berbeda dengan tujuan, bagian format proposal pengajuan yang paling urgent yaitu hasil atau target yang diharapkan. Jadi bagian point tersebut memberikan pemaparan hasil yang akan di dapat oleh pihak pihak yang terlibat dalam proposal.

Adanya keterangan, latar belakang, hasil dan target tidak cukup untuk membuktikan bahwa proposal tersebut memang sah. Maka dari itu perlu bagian atau point point khusus untuk menjelaskan maksud dari proposal tersebut. Maksud dari format khusus itu sendiri adalah bagian deskripsi acara serta rancangan pembiayaan acara tersebut.

Deskripsi acara dalam proposal pengajuan menjelaskan bentuk informasi kegiatan mulai dari jadwal, tempat, tema, peserta, serta program program kegiatan (jika ada). kegiatan yang  diadakan pasti membutuhkan dana , oleh karena itu perlu sekali menyusun rancangan dana agar kegiatan dari dana tersebut memang membutuhkan sumbangan dana dari pihak lain.

Download contoh proposal pengajuan

20. Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Metode Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 2 Kradenan Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2007/2008

  •      Latar Belakang Masalah

Berdasarkan pengalaman penulis yang telah melaksanakan pembelajaran IPA di kelasnya, siswa kurang antusias mengikuti KBM karena guru terpaku pada metode ceramah tanpa menggunakan alat peraga yang menarik. Hal ini berpengaruh terhadap rata-rata hasil belajar IPA yang hanya mencapai 50,00 padahal KKM yang ditentukan adalah 75,00. Untuk memperbaiki motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang rendah tersebut, penulis bermaksud melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas berjudul “Metode Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 2 Kradenan Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2007/2008”

  •      Rumusan Masalah

Bagaimanakah metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kradenan Tahun pelajaran 2007/2008?

  •   Tujuan Penelitian Contoh Proposal PTK

Tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah mengetahui efektifitas penggunaan metode discovery untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kradenan kecamatan Sumpiuh.

  •   Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan melalui penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi guru mengenai metode pembelajaran discovery, meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta memberikan masukan bagi sekolah atau kepala sekolah untuk menentukan kebijakan.

  •   Hipotesis Tindakan

Hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan adalah sebagai berikut:

Penerapan metode discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN 2 Kradenan Kecamatan Sumpiuh tahun pelajaran 2007/2008.

  •    Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1.   Penelitian ini adalah mengenai peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa
  2.   Objek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Kradenan Kecamatan Sumpiuh.
  3.   Penelitian dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2007/208
  4.   Penelitian dibatasi pada mata pelajaran IPA kompetensi dasar menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik sementara maupun tetap.
  •      Definisi Operasional

Agar variabel penelitian mempunyai persepsi yang sama, perlu dijelaskan hal-hal sebagai berikut:

  1.   Metode pembelajaran penemuan (discovery)

Adalah cara mengajar guru yang melibatkan siswa dalam proses kegiatan mental melalui tukar pendapat, diskusi, presentasi, membaca, mencoba dsb.

  1.   Motivasi belajar

Adalah motif yang mendorong untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan belajar yang diharapkan.

  1.   Prestasi belajar adalah

Adalah skor atau nilai sebagai perwujudan dari hasil belajar yang telah dilakukan.

  •   Kajian Pustaka
  1. Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery)

Teknik penemuan adalah terjemahan dari discovery. Menurut Sund discovery adalah proses mental dimana mampu mendeskripsikan sesuatu konsep atau prinsip.

  1. Motivasi Belajar

Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, (Usman, 2000: 28).

  1. Prestasi Belajar IPA

prestasi belajar IPA adalah skor yang diperoleh siswa setelah terlibat langsung seluruh potensi yang dimilikinya yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor (keterampilan) dalam proses belajar mengajar IPA.

  1. Hubungan Motivasi, hasil belajar dan metode pembelajaran discovery.

Adanya motivasi dalam pembelajaran model penemuan (discovery) tersebut maka hasil belajar akan menjadi optimal.

  •        Metode Penelitian

1. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

2. Kehadiran Peneliti

Pada penelitian ini, peneliti yang juga sebagai guru melakukan kegiatan menyusun angket dan membuat RPP, menghimpun data dengan mengamati pembelajaran, melakukan wawancara, melaksanakan RPP

3. Lokasi Penelitian

Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Kradenan Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas.

4. Data dan sumber

Sumber data adalah siswa sebagai objek penelitian

5. Prosedur pengumpulan data

Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Wawancara, Angket, Observasi, Tes, Catatan lapangan

  •      Analisis data

1)      Kemampuan Berpikir

Dinilai melalui rubric pada siklus I dibandingkan dengan pertanyaan dan jawaban yang telah dinilai dengan rubric pada siklus II.

Rumus untuk mencari skor klasikal kemampuan bertanya siswa

Skor riil

————-   x 4

Skor maks

Keterangan:

Skor riil          : skor total yang diperoleh siswa

Skor maksimal : Skor tertinggi yang seharusnya diperoleh siswa

4                : Skor tertinggi dari tiap jawaban (pedoman penskoran lihat lampiran)

2)      Hasil Belajar

Siswa dianggap tuntas jika daya serapnya mencapai 65%, Secara kelompok juga dianggap tuntas jika mencapai 85% dari jumlah siswa yang mencapai daya serap minimal 65 % (Depdikbud 2000 dalam Aswirda 2007)

Tahap-tahap penelitian Contoh Proposal PTK

Siklus I

1)   Perencanaan

Hal yang dilakukan pada pada tahap ini adalah menyusun RPP, lembar kerja, soal tes, pembentukan kelompok dan penjelasan mengenai metode yang akan digunakan.

2)   Pelaksanaan Tindakan

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan langkah-langkah dan metode pembelajaran.

Kegiatan penutup

Guru melakukan tes tertulis pada setiap siklus. Gunanya adalah untuk mengukur hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran.

3)   Observasi

Berkolaborasi dengan rekannya, melakukan pengawasan pada kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.

4)   Refleksi

Menganalisa data yang diperoleh untuk menentukan perbaikan pembelajaran pada siklus II

Siklus II

Kegiatan pada pada siklus II merupakan hasil refleksi pada siklus I yang telah dianalisa dan dievaluasi secara cermat.

Download Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

21. Contoh Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

PEMBUATAN HIASAN DINDING RAMAH LINGKUNGAN                                    

BAB I

PENDAHULUAN

  1.      Latar Belakang

Apabila sampah tidak ditangani dengan baik dapat mengganggu keseimbangan lingkungan seperti pencemaran air, tanah dan udara, apalagi semakin berkembangnya zaman semakin beragam juga sampah atau limbah yang dihasilkannya. Dalam upaya mengatasi permasalahan sampah diperlukan kesadaran dan peran serta masyarakat. Salah satunya adalah dengan penerapan program 3R (reduce, reuse dan recycle). Sebagai contoh bekas kemasan kopi dapat dimanfaatkan sebagai produk kerajinan dinding yang lebih bernilai ekonomi.

  1. Perumusan Masalah

Bagaimana memanfaatkan sampah yang tidak berguna menjadi produk yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat.

  • Tujuan Program
  • Mengurangi kadar sampah penyebab pencemaran dan global warming seperti limbah kertas dan bungkus minuman.
  • Meningkatkan nilai guna sampah menjadi barang bernilai ekonomi
  • Luaran yang diharapkan

Luaran yang diinginkan adalah produk kerajinan berupa hiasan dinding dari proses daur ulang limbah kertas menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual.

  1. Kegunaan

Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini adalah:

  •   Sebagai usaha mengurangi sampah penyebab pencemaran
  •   Memunculkan jiwa wirausaha dan kreativitas masyarakat
  •   Meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat                                                                      

BAB II

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Usaha ini dirintis untuk mengurangi pencemaran sampah anorganik di lingkungan masyarakat dan merubahnya menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomi.

  1.       Product (Produk)

Produk ini merupakan pengembangan dari proses daur ulang sampah menjadi produk kerajinan berupa hiasan dinding dengan motif sederhana seperti hewan, tumbuhan dsb.

  1.       Price (Harga)

Produk hasil kerajinan akan dijual Rp 25.000,- per buah.

  1.       Place (Tempat/Lokasi Produksi)

Tempat produksi kerajinan berbahan dasar sampah ini berada di Desa Kradenan Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.

  1.       Promotion (Promosi)

Media promosi produk kerajinan ini dilakukan melalui media FB dan akan diupayakan membuka online shop.

  1.       People (Orang)

Produk kerajinan dibuat manual menggunakan tenaga manusia yang sudah melalui pelatihan kewirausahaan. Konsumen dapat menghubungi produsen dengan bertemu langsung atau melalui contact person yang sudah disediakan.

BAB III

METODE PELAKSANAAN

  1.       Persiapan
  2.   Tempat Produksi PKM-K

Produksi hiasan dinding dilakukan di salah satu rumah anggota kelompok 2.

  1.   Alat dan Bahan yang digunakan

Alat dan bahan yang dipakai dalam pembuatan hiasan dinding ini yaitu:

(1) gunting

(2) kertas majalah atau bekas pembungkus kopi

(3) kertas karton

(4) lem

(5) plastik mika

  1.    Cara pembuatan

Cara pembuatan hiasan dinding ramah lingkungan berbahan sampah adalah sebagai berikut:

  1.   Guntinglah kertas/ pembungkus kopi mengikuti pola yang sudah ditentukan.
  2.   Buat pola gambar hewan atau tumbuhan pada kertas karton
  3.   Kertas/ pembungkus kopi yang sudah digunting mengikuti pola kemudian digulung menjadi bulatan dan diberi lem tembak pada ujungnya.
  4.   Tempelkan gulungan tersebut pada pola yang sudah dibuat di kertas karton sehingga membentuk gambar.
  5.   Beri hiasan di sekitar gambar
  6. Agar tidak rusak tutup produk yang sudah jadi tersebut menggunakan kertas mika.
  7.    Pemasaran

Pemasaran dilakukan langsung dengan menawarkannya langsung kepada calon pembeli ataupun melalui media sosial facebook.

  1.    Pelaporan

Pelaporan semua hasil pelaksanaan PMK-K ini dilakukan setelah dilakukannya proses pemasaran.

BAB IV

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

  1.      Anggaran Biaya

Ringkasan anggaran dari proses produksi hiasan dinding ramah lingkungan ini adalah sebagai berikut :

No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1. Gunting @Rp 5.000 x 2

Lem cair korea

Lem Uhu

Isolasi Kingco

Rp  9.000,-

Rp. 7.000,-

Rp. 8.000,-

Rp. 3.500,-

2. Transport :

Pasar membeli peralatan

Rp. 6.000,-
Jumlah Rp. 33.500,-
  1.   Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan selama proses produksi sampai dengan pemasaran produk hiasan dinding ramah lingkungan adalah sebagai berikut:

  1.   Pembelian alat dan bahan  : 5 November 2014
  2.   Pembuatan produk         : 6 – 7 November 2014
  3.   Tahap Pemasaran              : 8 November 2014

Download Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Tips membuat proposal yang baik dan benar

Ketika Anda membuat sebuah proposal, ada beberapa poin yang Anda harus ketahui. Dimulai dari siapa yang akan menjadi target pasar maupun menjelaskan keinginan Anda dalam bentuk proposal. Ada beberapa tips lainnya ketika Anda akan membuat proposal, seperti:

  1. Sebaiknya ditulis secara jelas dan singkat

Sebaiknya proposal dibuat singkat dan straight to the point ya! agar tidak basa-basi dalam membuat proposal dan tentunya dijelaskan dengan bahasa yang baik. Nah, alangkah baiknya memulai proposal dari bagian awal yang jelas maupun sederhana dan logis, sampai akhirnya orang-orang yang membaca proposal Anda mudah dimengerti.

  1.  Buatlah argumen secara tepat dan baik

Di proposal Anda, sebaiknya jelaskan beragam solusi terbaik dan alasan mengenai mengapa pihak yang diberi proposal harus mendukung ide atau rencana Anda.

Dalam membuat proposal juga kami menyarankan untuk mengumpulkan berbagai fakta terbaik dan argumen yang mendukung, sampai akhirnya orang yang membaca proposal semakin yakin dan serius melaksanakan proposal yang Anda ajukan.

  1.  Hindari copy paste dan kesalahan pengetikan

Anda boleh menggunakan proposal milik orang lain lalu amati (dilihat terlebih dahulu bagian mana saja yang diperlukan maupun tidak ketika Anda membuat proposal) dan modifikasi/disesuaikan dengan kebutuhan saat Anda membuat proposal.

Tips mendesain proposal yang menarik

Pada umumnya, proposal dibuat dan di-layout dengan Microsoft Word, sehingga hasilnya sangat standar dan kurang menarik secara desain.

Padahal, seharusnya jika proposal kita didesain secara baik, orang yang membaca proposal Anda akan makin serius untuk mewujudkan kegiatan Anda. Kenapa? Karena Anda sendiri serius mempersiapkan desain proposal agar menarik dan terlihat profesional, tidak asal-asalan.

Jika Anda belum mengetahui cara membuat desain proposal yang menarik, tenang saja. Berikut beberapa tips untuk mendesain proposal yang menarik.

  • Gunakan warna yang minimalis, yang elegan dan sederhana.
  • Masukkan ornamen-ornamen pendukung seperti gambar yang bagus dan relevan.
  • Juga gunakan tipografi/font yang sesuai, misalnya font yang cukup formal seperti Times New Roman, jangan Comic Sans.
  • Tata letak/layout juga mendukung ketika Anda membuat proposal.
  • Penggunaan warna yang kontras juga penting sekali, karena eye catching bagi pembaca Anda dan terdapat bagian yang ingin Anda tonjolkan.
  • Masukkan pola-pola maupun ornamen lainnya, agar proposal yang Anda buat memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi nilai tambahan.
  • Penggunaan white space lalu elemen garis maupun lainnya juga menjadi salah satu faktor penting dalam membuat proposal, biar terkesan sederhana maupun profesional.
  • Dan masih banyak lagi yang Anda bisa eksplorasi dalam membuat proposal dengan desain kreatif.

Berikut beberapa contoh proposal dengan desain yang menarik:

contoh proposal yang menarik

 

contoh proposal yang menarik 1

3 Tools desain proposal kreatif

Setelah Anda mengetahui tips membuat desain proposal yang menarik, apakah Anda sudah tahu tools untuk mempermudah Anda membuat berbagai jenis proposal dengan desain yang menarik?

Ada 3 tools yang saat ini populer untuk mempermudah dan mempercepat Anda membuat proposal yang menarik.

1. Nusii

3 Tools desain proposal kreatif 1

Dengan menggunakan Nusii, Anda makin mudah dalam mendesain proposal secara kreatif. Fitur-fitur utama yang bisa aplikasikan antara lain drag and drop agar menyesuaikan dan mengubah bagian proposal sesuai dengan keinginan Anda.

2. Proposify

3 Tools desain proposal kreatif 2

Keunikan pada fitur-fitur Proposify, yaitu bisa berkolaborasi dengan klien maupun rekan Anda. Sehingga ada kesepakatan bersama dalam membuat desain proposal yang kreatif.

3. Canva

3 Tools desain proposal kreatif 3

Anda juga dapat menyelesaikan proposal dengan desain kreatif, cepat dan dapat diunduh dengan format tertentu.

Penutup

Demikian kami sajikan berbagai contoh proposal yang dapat langsung dipergunakan untuk kebutuhan Anda, beserta tips membuat proposal dan tools untuk mendesain proposal Anda secara kreatif. Semoga bermanfaat ya!



[reaction_buttons]