Mari Mengenal Danau-Danau yang ada di Kampus UI Depok

Salah satu hal menarik di UI adalah danau nya yang berjumlah 6 danau. Yuk kenalan sama danau-danau yang ada di UI!


0

Mengenal Danau Legendaris di Kampus UI Depok. Universitas Indonesia terkenal dengan lingkungan kampusnya yang asri, yang dilengkapi dengan Kawasan Hutan Kota serta danau buatan yang berfungsi sebagai daerah resapan air. Tidak tanggung-tanggung, Kampus UI Depok memiliki enam buah danau, loh! Hal ini menjadikan UI sebagai green campus, yang menunjukkan kepedulian UI terhadap lingkungan hidup. Beberapa danau UI ini seringkali menjadi tempat tujuan mahasiswa maupun masyarakat umum untuk bersantai karena suasananya yang asri dan sejuk, terutama pada saat weekend.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Enam buah danau di Kampus UI Depok dinamai dengan nama-nama pohon yang tumbuh di ekosistem pepohonan UI. Uniknya lagi, singkatan dari nama keenam danau tersebut membentuk kata KAMPUS. Danau-danau tersebut bernama Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam. Yuk, kita mengenal danau-danau tersebut!

1. Danau Kenanga

Sumber: kompasiana.com

Danau Kenanga terletak di antara Gedung Rektorat Balairung dan Masjid UI, dan memiliki luas sebesar 28.000 m2. Danau Kenanga dibangun pada tahun 1992, dengan jarak yang tidak begitu jauh dengan pemukiman penduduk di Kukusan, Beji, Depok. Danau Kenanga ini merupakan danau paling iconic di Kampus UI Depok, karena dikelilingi oleh pemandangan gedung-gedung megah UI. Setiap weekend, terdapat banyak masyarakat yang berolahraga maupun menikmati pemandangan di sekitar Danau Kenanga. Di sekitar danau juga terdapat banyak tanaman dan tempat untuk pejalan kaki, loh!

2. Danau Agathis

Sumber: rynari.wordpress.com

Danau Agathis terletak di antara FMIPA dan Politeknik Negeri Jakarta, dengan luas sebesar 20.000 m2. Danau ini sendiri dibangun pada tahun 1995. Aliran air Danau Agathis berasal dari sistem tata air Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung – Cisadane. Lalu, di Danau Agathis ini terdapat tumbuhan eceng gondok dan beberapa spesies ikan air tawar, loh. Sayangnya, danau ini mulai mengalami sedimentasi, dan UI sendiri pernah melakukan pengerukan, pembuangan dan penghamparan Danau Agathis.

BACA JUGA: UI Dikejutkan dengan Ditemukannya Mayat Bayi di Danau Agatis

3. Danau Mahoni

 

Sumber: eng.ui.ac.id

Danau Mahoni memiliki lokasi di sebelah utara dan selatan kampus, dibatasi oleh jalan utama lingkar selatan, sebelah timur Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI) dan Fakultas Psikologi UI, sebelah barat Fakultas Ekonomi. Danau Mahoni sendiri dibangun pada tahun 1996 dengan luas sebesar 45.000 m2. Uniknya, di danau ini terdapat PLTS Bifacial terapung dengan 36 panel surya bifacial yang menghasilkan listrik 10.000 – 13.000 watt peak, keren banget!

4. Danau Puspa

Sumber: twitter.com oleh PLKUI

Danau Puspa terletak di sebelah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Danau ini dibangun pada tahun 1995 dengan luas sebesar 20.000 m2. Sayang sekali, di danau ini terdapat banyak sampah yang berasal dari pemukiman di daerah Beji, Kota Depok karena letaknya yang berada di hilir sungai. Pada tahun 2014, pernah dilaksanakan kerja bakti di danau ini yang dibantu oleh 1600 orang anggota TNI AD, loh!

BACA JUGA: Danau UI Bukan Cuma Soal Mitos, tapi Danau UI Juga Penting Buat Masyarakat!

5. Danau Ulin

Sumber: twitter.com oleh PLKUI

Danau Ulin berlokasi di antara Danau Puspa dan Danau Salam. Danau ini dibangun pada tahun 1998 dengan luas 72.000 m2. Sayangnya, danau ini juga mulai mengalami sedimentasi, nih, sehingga pihak UI melakukan pengerukan danau tersebut. Selain itu, di Danau Ulin ini tidak jarang terlihat petugas membersihkan danau dengan menaiki rakit, loh, keren, ya!

6. Danau Salam

Sumber: kompasiana.com

Danau Salam memiliki lokasi di antara Danau Ulin dan Danau Puspa, yang mana Danau Salam ini merupakan bagian rangkaian dari kedua danau tersebut. Danau ini dibangun pada tahun 1998 dengan luas sebesar 42.000 m2. Di pinggir danau ini terdapat salah satu tempat makan yang terkenal enak, loh, yaitu Restoran Mang Engking. Selain itu, latihan penyelamatan Tim SAR juga sering dilakukan di danau ini.

Nah, di antara keenam danau tersebut, mana saja yang pernah kamu kunjungi?

BACA JUGA: Menyelami Danau Air Tawar Terdalam di Asia Tenggara


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
1
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
1
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
1
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Andreas Chrisdikananda
insert bio here

0 Comments

Leave a Reply