7 Laptop Kuliah Terbaik 2022 untuk Berbagai Keperluan

anakui.com – Tidak ada alat lain yang sama pentingnya bagi mahasiswa seperti laptop. Fitur lengkap untuk pencatatan, belajar, pekerjaan rumah, kolaborasi, dan kegiatan ekstrakurikuler. Berikut adalah laptop kuliah terbaik untuk mahasiswa yang bisa sobat pilih sesuai kebutuhan.

Jika memilih satu, sobat akan memilih laptop untuk pendidikan minimal 4 tahun, jika tidak studi lebih lanjut atau kehidupan selanjutnya. Memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa dan murah bisa terasa seperti pekerjaan rumah.

Ada banyak sekali laptop di pasaran, dan sobat dapat membantu dengan memeriksa rekomendasinya di ulasan kami kali ini. Sebagian besar mahasiswa harus memprioritaskan portabilitas, masa pakai baterai, dan kinerja kecuali jurusan atau kampus menyarankan sebaliknya.

Laptop Kuliah Terbaik 2022

Saat memasuki tahun 2023, bagian terbaru laptop termasuk CPU Intel Generasi ke-12, prosesor AMD Ryzen 6000 dan GPU, chip M2 Apple, dan GPU seri RTX 30 Nvidia. Ada beberapa laptop dengan GPU Intel terpisah, tetapi kami belum memiliki kesempatan untuk mengujinya sampai tulisan ini dibuat.

Jika mengambil kelas dari jarak jauh, sobat tentunya harus mempertimbangkan webcam. Semakin banyak laptop akhirnya menggunakan webcam 1080p, yang seringkali menyertakan lensa berkualitas lebih tinggi untuk gambar yang lebih baik.

Juga, jangan lupa untuk mencari diskon bagi pelajar. Banyak vendor mungkin menawarkan istirahat, kartu hadiah, atau tambahan gratis jika dapat membuktikan bahwa sobat adalah mahasiswa secara langsung, baik melalui alamat email .edu atau bukti lain seperti rencana perjalanan atau kartu tanda mahasiswa.

1. MacBook Air (M2)

MacBook Air dengan chip M2 baru Apple akan menjadi salah satu laptop kuliah terbaik paling populer di kampus belakangan ini. Apple memiliki cap merek, dan Air baru memiliki kinerja dan masa pakai baterai untuk mendukungnya.

Desain ulang baru Apple membuang irisan klasik untuk desain yang lebih rata yang mengingatkan pada MacBook Pro 14 inci dan 16 inci. Ini juga termasuk pengisi daya MagSafe 3 yang secara magnetis mengaktifkan pengisi daya dan mencegah laptop terbalik jika terbalik. .

MacBook Air baru juga memiliki tampilan yang lebih bagus daripada model sebelumnya dan dapat dengan mudah membantu melewati hari dengan sekali pengisian daya (berjalan lebih dari 14 jam dalam pengujian kami).

Webcam 1080p juga merupakan peningkatan untuk keluarga yang mengikuti kelas jarak jauh atau melakukan panggilan video di kampus. Laptop untuk mahasiswa 2022 ini mulai dari Rp. 19 jutaan. Jadi bagi sobat yang ingin sedikit berhemat sebaiknya mempertimbangkan model M1, yang masih dijual dan mulai dari Rp. 15 jutaan.

Spesifikasi
CPU: CPU Apple M2 8-core
GPU: GPU 10 inti
Layar: 13,6 inci, Liquid Retina, 2560 x 1664, True Tone
Berat: 1,24 kg (2,7 pon)

Kelebihan

  • + Desain baru yang stylish dan tipis
  • + M2 kuat dan efisien.
  • + Baterai tahan lama
  • + Kamera web 1080p
  • + Tampilan cerah
  • + MagSafe kembali ke MacBook Air.

Kekurangan

  • – Mulai lebih mahal dari generasi sebelumnya
  • – Hanya mendukung satu tampilan eksternal
  • – Takik tampilan akan mengganggu beberapa orang.

2. HP Pavilion Plus 14

Layar bagus dengan harga bagus. Sobat dapat membeli laptop kuliah terbaik di bawah Rp. 15 jutaan yang memiliki banyak hiasan. HP Pavilion Plus 14 menghadirkan performa bertenaga hingga prosesor Intel Core i7-12700H series dan layar OLED rasio aspek 16:10 yang indah.

Sobat tidak akan sering menemukan kombinasi itu pada titik harga Rp. 15 jutaan yang kami ulas. Kombinasi layar OLED beresolusi tinggi dan prosesor seri-H membuat baterai sedikit terkuras.

Namun, mungkin sepadan bagi mereka yang mencari notebook untuk mahasiswa dengan fitur yang lebih canggih, dengan rangkaian port yang mencakup USB Type-C, USB Type-A, HDMI 2.1, jack headphone, dan pembaca kartu microSD.

Bagi yang memiliki anggaran terbatas, ada model AMD Ryzen serta model non-plus dengan tampilan 1080p yang harganya lebih murah. Plus juga hadir dalam berbagai konfigurasinya sendiri, termasuk prosesor seri P dan U generasi s12 eIntle. Seri U kemungkinan merupakan pilihan terbaik untuk baterai dalam hal pertukaran kinerja.

Spesifikasi
Prosesor: Intel Core i7-12700H
GPU: Intel Iris Xe (terintegrasi)
Tampilan: 14 inci, 2880 x 1800, 90 Hz, 16:10
Berat: 3,09 pon / 1,4 kg

Kelebihan

  • + Layar OLED 16:10
  • + Pemilihan port yang kuat
  • + Konfigurasi di bawah Rp. 15 jutaan
  • + Laptop yang kompeten

Kekurangan

  • – Masa pakai baterai yang mengecewakan
  • – Banyak software yang dimuat sebelumnya

3. Lenovo Yoga 9i (Gen 7, 14-inch)

Lenovo Yoga 9i adalah salah satu ultrabook terbaik, dengan desain bulat dan tipis dengan banyak port untuk mouse, drive cadangan, atau periferal lainnya, termasuk Thunderbolt 4 dan USB Type-A. Kami menguji Yoga 9i dengan layar OLED yang mengukur kecerahan 352 nits dan mencakup 140,1% gamut warna DCI-P3.

Terlihat cerah, penuh warna dan sangat mengesankan, terutama dengan dukungan Dolby Vision. Sobat dapat mengubahnya menjadi tablet jika ingin menggunakan Yoga untuk membuat catatan.

Saat siap untuk mulai menulis makalah, laptop terbaik 2022 ini berfungsi seperti buku catatan. Laptop kuliah terbaik ini juga dapat digunakan sebagai tampilan untuk presentasi dengan audio yang berasal dari bilah suara 360 derajat yang bagus.

Spesifikasi
Prosesor: Intel Core i7-1260P
GPU: Intel Iris Xe
Layar: 14 inci, 3840 x 2400, 16:10, layar sentuh OLED, Dolby Vision
Berat: 1,4 kg (3,09 pon)

Kelebihan

  • + Desain ramping dan bergaya
  • + Layar OLED cerah opsional
  • + Bilah suara 360 derajat yang besar dan serbaguna
  • + Port Thunderbolt 4 dan USB Type-A

Kekurangan

  • – Terlalu banyak software pra-instal
  • – Sulit untuk meningkatkan SSD
  • – Kunci laptop tambahan harus dapat diprogram.

4. Microsoft Surface Pro 8

Jika suka membuat catatan dengan tangan dan ingin mengikuti kelas di PC portabel, Surface Pro 8 sangat berharga. Microsoft telah memutakhirkan Pro 8 ke tampilan 120Hz sehingga terlihat halus seperti sutra saat menggunakan stylus. Bagaimanapun, bahwa Surface Pro 8 tidak dilengkapi dengan keyboard atau stylus.

Kecuali jika menggabungkan semuanya dalam satu paket, mereka datang secara terpisah. Selain penulisan yang halus, tablet ini memiliki desain ramping dengan aluminium anodized, sudut membulat, dan bezel tipis yang terlihat bagus dan terasa premium. Speakernya sangat bagus saat mendengarkan musik sambil belajar.

Windows 11 merupakan nilai tambah karena lebih ramah sentuhan daripada Windows 10 dan menjadikan Surface Pro 8 lebih dapat digunakan daripada iterasi sebelumnya tanpa Type Cover terpasang. Rekomendasi laptop untuk mahasiswa 2022 ini sayang jika sobat lewatkan.

Spesifikasi
Prosesor: Intel Core i7-1185G7
GPU: Intel Iris Xe
Layar: 13 inci, 2880 x 1920, 3:2, 120Hz, layar sentuh PixelSense Flow
Berat: 1,96 lbs (0,89 kg) (tanpa keyboard)

Kelebihan

  • + Produktivitas dan kinerja game yang luar biasa
  • + Desain keren

Kekurangan

  • – Mahal
  • – Sedikit lebih besar dan lebih berat dari kompetisi.
  • – Masa pakai baterai bisa lebih baik.

5. Acer Nitro 5

Acer Nitro 5 membuktikan bahwa sobat bisa mendapatkan mesin game yang solid di bawah Rp. 15 jutaan  dengan anggaran terbatas, jika ekspektasi terhadap performa masuk akal. Lumayan desain terbaru Nitro 5 sedikit lebih dewasa.

Tentu, laptop kuliah terbaik ini masih memiliki keyboard RGB dengan lampu latar, tetapi tidak memiliki desain yang agresif dengan banyak sudut dan aksen merah, jadi sangat bagus untuk ruang kelas serta pertemuan game sekolah.

Nitro 5 juga dilengkapi dengan kabel SATA di luar kotak sehingga dapat menambahkan penyimpanan nanti. Ini adalah cara yang layak untuk menghemat uang. Perusahaan laptop sering menagih lengan dan kaki untuk penyimpanan lebih banyak, sehingga mereka yang memiliki obeng bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan dengan harga murah.

Spesifikasi
Prosesor: Intel Core i5-12500H
GPU: Nvidia GeForce RTX 3050Ti
Layar: 15,6 inci, 1920 x 1080, 144 Hz
Berat: 5,51 pon / 2,5 kg

Kelebihan

  • + Murah
  • + Desain rapi
  • + Kinerja bagus untuk harganya

Kekurangan

  • – Terlalu banyak bloatware
  • – Tampilan agak buram

6. Dell XPS 15 (9520)

Untuk sains, pengkodean, dan video. Beberapa mahasiswa mungkin membutuhkan daya GPU. Untuk itu, kami menyukai Dell XPS 15. Dell XPS 15 sebagai laptop murah terbaik 2022 tidak hanya portabel, tetapi juga menggunakan Nvidia GeForce RTX 3050 Ti dengan CPU Intel H-series Generasi ke-12.

Mahasiswa yang membuat beberapa sains, pengkodean dengan model pembelajaran mendalam, siswa seni atau jurnalisme yang mengekspor video akan menghargai kinerja ekstra. Jika menginginkan layar yang lebih besar, pertimbangkan Dell XPS 17.

XPS 15 memiliki daya tahan baterai yang sangat lama mengingat komponennya yang kuat. Itu berjalan selama 9 jam dan 43 menit dalam pengujian kami. XPS 15 menampilkan desain kokoh dengan bezel tipis di sekeliling layar agar mudah dibawa dan fokus pada pekerjaan.

Jika bersedia membayar, opsi tampilan OLED adalah suguhan. Tidak seperti MacBook Pro terbaru Apple, yang memiliki output HDMI bawaan, sobat harus menggunakan dongle untuk menyambungkannya ke monitor eksternal.

Spesifikasi
Prosesor: Intel Core i7-12700H
GPU: Nvidia GeForce RTX 3050Ti
Layar: 15,6 inci, 3456 x 2160, 16:10, layar sentuh OLED
Berat: 4,31 pon / 1,96 kg

Kelebihan

  • + Desain aluminium yang kuat
  • + Layar OLED yang hidup
  • + Masa pakai baterai yang sangat lama dibandingkan dengan spesifikasi
  • + Kinerja yang kuat

Kekurangan

  • – Port terbatas
  • – Kamera web sedang

7. Asus ROG Zephyrus G14

Sobat dapat menggunakan laptop untuk pelajar yang sama untuk bermain game dan tugas sekolah. Ditenagai oleh AMD Ryzen 9 6900HS dan AMD Radeon RX6800S, Zephyrus G14 tidak hanya menghadirkan performa kelas gaming, tetapi juga memiliki beberapa fitur yang sempurna untuk pekerjaan kampus.

Dalam pengujian baterai kami, misalnya, Zephyrus bertahan lebih dari 10 jam 30 menit. Ini berarti sobat dapat menghabiskan waktu berjam-jam di ruang kelas atau perpustakaan yang panjang tanpa terhubung ke listrik (kecuali jika bermain game, tentu saja).

Model AMD Advantage memiliki rasio aspek 16:10, sehingga dapat menampilkan lebih banyak teks, spreadsheet, atau pekerjaan lain daripada versi sebelumnya.

Dan, tentu saja pada kebanyakan laptop, Asus telah mengembalikan webcam ke model ini. Ini untuk saat sobat perlu bekerja dari jarak jauh atau berkolaborasi dengan orang lain di kamar asrama.

Spesifikasi
Prosesor: AMD Ryzen 9 6900HS
GPU: AMD Radeon RX 6800S
Layar: 14 inci 2560 x 1600, 16:10, 120Hz
Berat: 3,79 pon / 1,72 kg

Kelebihan

  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Desain portabel yang bergaya
  • + Asus akhirnya menambahkan webcam.
  • + Speaker yang sangat bagus

Kekurangan

  • – Beberapa titik sentuh keyboard terasa hangat dan tidak nyaman
  • – Mahal

Tips Membeli Laptop Kuliah Terbaik

Setelah mengetahui beberapa daftar rekomendasi dari kami barusan, sobat bisa mengetahui cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa berikut.

  • Pertimbangkan jurusan atau spesialisasi: Jurusan sains dan jurusan seni liberal mungkin memiliki persyaratan yang berbeda. Jurusan teknik yang bekerja dengan software desain berbantuan komputer mungkin menginginkan laptop dengan kartu grafis terpisah, sementara siswa yang terutama melakukan penelitian dan menulis makalah mungkin baik-baik saja dengan ultrabook tipis. Kampus atau jurusan mungkin juga memiliki spesifikasi yang direkomendasikan, jadi pastikan untuk memeriksanya.
  • Cari tahu apakah pekerjaan sobat bersifat lokal atau di cloud: Cari tahu apakah kampus atau jurusan menggunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Microsoft OneDrive. Jika demikian, sobat dapat bertahan dengan lebih sedikit ruang penyimpanan internal. Tentu saja, anggarkan sedikit ruang ekstra jika menginginkan salinan pekerjaan sendiri, atau jika ingin menyimpan file pribadi dan sekolah.
  • Berat dan masa pakai baterai penting. Sobat dapat membawa laptop ini di ransel sepanjang hari dan mengikuti kelas. Masa pakai baterai yang ringan dan tahan lama melindungi punggung dan menampung lebih banyak buku.
  • Pertimbangkan cara membuat catatan: Keyboard yang bagus selalu penting. Terutama saat menulis makalah. Namun, beberapa siswa masih lebih suka membuat catatan dengan tangan, dan mereka mungkin ingin mempertimbangkan laptop 2 in 1 yang dapat dikonversi atau dilepas dengan stylus.
  • Periksa apakah memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon pelajar: Beberapa toko menawarkan diskon sebagai bukti afiliasi dengan universitas atau perguruan tinggi. Sekolah dapat terlibat dengan vendor untuk berdagang dengan model tertentu. Orang lain mungkin memberikan kartu hadiah atau earbud gratis. Bagus jika sobat dapat menemukan kesepakatan.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA