Beberapa waktu yang lalu, saya dikirimi email dari milis Studentcompetitions.com. Isinya tentang artikel Five Reasons You Should Participate in a Student Competition! (Lima Alasan Kamu Harus Berpartisipasi dalam sebuah Kompetisi Mahasiswa!) Berikut ini ringkasan dari lima alasan berkompetisi:

  1. Belajar, Belajar, Belajar Alasan utama untuk berkompetisi, kamu bisa belajar banyak hal dengan mengikuti suatu perlombaan. Yaa, kalau ikut lomba karya tulis, bisa belajar banyak tentang penulisan ilmiah, kalau ikut lomba business plan, bisa belajar banyak tentang merancang bisnis dan wirausaha tentunya.
  2. Terkadang Kamu Punya Kesempatan Baik untuk Menang –  Walaupun jumlah hadiah lumayan besar dan hadiah-hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan, masih banyak kompetisi yang tidak diikuti banyak peserta. The more niched a competition is, the higher the chance that the number of participants is low and hence, jadi kesempatan untuk menang pun semakin besar. Jadi, kalau kamu berbakat di bidang-bidang tertentu, seperti environmental economics, high-level econometrics, advanced monetary economics, just go for it!
  3. Bagus untuk CV-mu – Perusahaan-perusahaan tahu bahwa berpartisipasi dalam sebuah perlombaan merupakan a great effort bagi seorang mahasiswa dan untuk itu, mereka menghargainya ketika mencari kandidat untuk lowongan pekerjaan. Banyak mengikuti perlombaan menunjukkan bahwa kamu ambisius dan kamu tidak takut bersaing atau diadu dengan orang lain.
  4. Memberikan Dorongan untuk Memulai Usaha Sendiri – Setelah mengikuti perlombaan bisnis dan inovasi teknologi, kamu bisa mendapatkan dorongan lebih untuk membangun usaha sendiri atau berwirausaha.
  5. Jalan Pintas untuk Sukses – Ikuti kompetisi pertamamu dan alami kenikmatan berkompetisi. Pada awalnya, kamu mungkin tidak selalu menang, tetapi jika kamu terus berlomba, kamu akan mempelajari permainan tersebut dan akhirnya akan menang. Hal yang menarik dari mengikuti perlombaan, outcome yang dihasilkan tergantung padamu dan kemampuanmu, serta kepuasan ketika kamu akhirnya menguasai sesuatu tidak ada tandingannya.

Artikel ini beserta berbagai informasi kompetisi mahasiswa bisa dilihat di sini.