Serba-Serbi Kartu Tanda Mahasiswa UI: Canggihnya Bukan Main

Hallo warga UI, kalian tau ga sih kalau kartu tanda mahasiswa (KTM) UI bukan hanya kartu identitas mahasiswa biasa loh, kartu yang didapat pasca registrasi mahasiswa baru ini memiliki banyak fungsi lho. Ada banyak kelebihan KTM UI yang bisa kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lIngkup kampus UI, apa aja sih? Yuk simak lebih lanjut!


0

Hallo warga UI, kalian tau ga sih kalau kartu tanda mahasiswa (KTM) UI bukan hanya kartu identitas mahasiswa biasa loh, kartu yang didapat pasca registrasi mahasiswa baru ini memiliki banyak fungsi lho. Ada banyak kelebihan KTM UI yang bisa kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkup kampus UI, apa aja sih? Yuk simak lebih lanjut!

Untuk Masuk Perpusat

Sumber: blog.pesantrenmedia.com

KTM bukan hanya untuk sekedar masuk perpusat aja guys, tapi kalau kamu mau mengakses internet dari kebun apel, atau meminjam buku di perpusat kamu wajib banget bawa benda yang satu ini.

Untuk Parkir

Sumber: Youtube TVUI

Tau ga sih ada parkiran di suatu fakultas yang mengharuskan mahasiswanya untuk menge-tap KTM UI agar bisa mengakses parkiran tersebut? Iya, ada yaitu di Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM). Nah bagi warga FASILKOM yang bawa kendaraan pribadi, jangan sampai lupa ya bawa KTM kamu ke kampus.

Untuk Jajan di Kantin

Sumber: Twitter.com

Beberapa kantin masih menerapkan sistem pembayaran makanan menggunakan ktm ini loh, seperti di kantin matoa, atau di kantin fakultas teknik, jadi setelah memesan makanan kamu bisa langsung kasih ktm tersebut ke pedagang kantinnya, dijamin anti ribet karna kamu dan bapak pedagang gaperlu repot-repot menyiapkan uang receh untuk kembalian.

BACA JUGA: Slurp, Ini Makanan-Makanan Enak di Kantin Vokasi UI

Untuk Naik Transportasi Umum

Sumber: antaranews.com

Yap bener banget, dengan mengaktifkan saldo KTM kamu bisa menggunakannya untuk keperluan naik transportasi umum, seperti pulang pergi ke kampus naik KRL, jalan-jalan menggunakan LRT, atau untuk naik busway juga bisa kok! Tapi pastikan saldo di dalam KTM kamu cukup ya.

Alat Absensi Kehadiran

Sumber: blog.dimensidata.com

Ada juga beberapa fakultas yang menerapkan aturan absen dengan menggunakan ktm dengan cara ditap ke mesin absensi, cara ini terbilang cukup ampuh untuk mengurangi potensi kecurangan seperti titip absen ke teman.

Sebagai Alat Pembayaran di Minimarket

Sumber: jatimnet.com

Yap, kamu bisa belanja kebutuhan bulanan kamu secara non-tunai atau cashless menggunakan kartu ini, tapi pastikan saldo yang ada di dalam kartu itu cukup ya, sangan sampai kurang, nanti malu sama mbak-mbak kasir alfamartnya

BACA JUGA: Bukan Mahasiswa IT? Gak Masalah, Ini Dia 3 Teknik Hacking Pemula Berikut Caranya

Kalau ktmnya hilang bagaimana kak? Apakah bisa mendapatkan yang baru?

Yap jawabannya adalah bisa, berdasarkan pengalaman seorang teman saya, bagi kamu yang kehilangan KTM, kamu tetap bisa mendapatkan KTM baru dengan cara melaporkan ke pihak berwajib jika kartu tanda mahasiswamu telah hilang, lalu setelah lapor dan mendapat surat pernyataan kamu harus mengisi formulir kehilangan KTM yang dapat di akses melalui situs plk.ui.ac.id setelah itu tunggu konfirmasi bahwa laporan kamu telah diterima melalui email, setelah submit laporan kehilangan kamu harus mengambil surat kehilangan di gedung PLK yang berlokasi di dekat stasiun pondok cina namanya adalah gedung Merah. Nah setelah men-submit kamu harus segera mengambil surat tersebut dalam jangka waktu 2 hari, jika tidak maka laporan kamu akan dianggap hangus. Nah setelah mendapatkan surat dari PLK baru deh kamu bisa memproses dan membuat ktm baru.

Kalau tadi kita sudah membahas beberapa fungsi ktm yaitu bisa digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum dan belanja di minimarket, lalu bagaimana cara mengisi saldonya? Gampang banget, kamu bisa mengisi saldo KTM via ATM BNI, teller Bank BNI, Alfamart, atau di beberapa kantin kampus UI. Pada dasarnya karena UI melakukan kerjasama dengan BNI, maka seluruh transaksi tapcash dapat kamu lakukan hanya dengan menggunakan KTM ini. Jangan lupa untuk selalu membawa KTM ini setiap kamu ke kampus ya!

BACA JUGA: Cara Ganti Password Akun UI (SIAK NG) dan Solusi Jika Expired


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply