Sering banget FIB UI diplesetkan dari yang artinya Fakultas Ilmu Budaya jadi Fakultas Ilmu Bazar atau Fakultas Ilmu Bersenang-senang. Sebetulnya gak masalah, sih, karena pada kenyataannya FIB UI memang tipe fakultas yang cukup sering mengadakan bazar dan acara-acara untuk kesenangan. Entah dari kapan dan kenapa bisa begitu, hanya Tuhan yang tahu.

Kalau diperkirakan, dalam sebulan sedikitnya ada satu acara band yang manggung sampai larut malam, tiga acara yang membuka bazar, dan hampir setiap hari jam malam di FIB tidak berlaku. Oleh karena itu, FIB bisa dibilang fakultas yang gak pernah ada matinya. Pagi, siang, sore, dan malam, penghuninya akan selalu berkeliaran.

Berbeda dengan Fakultas lain seperti Psikologi, pukul 6 sore saja penghuninya sudah pulang, ya, maklum, sih kebanyakan cewek. Nah, kalau kamu sedang di kampus dan mau menghabiskan waktumu di FIB UI, akan ada banyak banget wahana yang bisa kamu nikmati, bisa bareng pacar, teman sepermainan, atau sendiri juga asyik, kok!

advertisement

BACA JUGA5 Pandangan Orang tentang Anak Sastra (Ini Curhat Kami Anak FIB)

Bazar

Di mana ada acara di FIBUI, di situ ada bazar via kopmafibui

Di mana ada acara di FIBUI, di situ ada bazar via kopmafibui

Sudah dibilang bahwa FIB UI sering banget menggelar kegiatan yang isinya bazar. Meskipun acara formal seperti seminar beasiswa, gak afdol kalau gak pakai bazar. Ya, pokoknya bazar number uno banget. Bazar ini biasanya digelar sampai agak malam, ada yang jual makanan tradisional seperti kerak telor, makanan western seperti pizza, makanan Asia seperti takoyaki, sushi, dan teman-temannya. Lalu ada banyak minuman juga, kalau mau chatime, di bazaar FIB ada, kok!

Satu yang paling unik adalah emperan buku bekas. Abang penjual buku bekas ini selalu nongkrong di selasar belakang gedung 9 FIB, di situ dia akan menjajakan bukunya yang banyak banget, dari mulai ensiklopedia sampai buku menggambar.

advertisement

 

Festival Bahasa

Acara-acara di FIB UI biasanya diadain sampai malam via fib.ui.ac.id

Acara-acara di FIB UI biasanya diadain sampai malam via fib.ui.ac.id

Jurusan di FIB jumlahnya ada 15, dan itu termasuk banyak loh, Guys! Setiap jurusan punya acara masing-masing, seperti FestiFrance, Falasido, dan banyak banget yang pastinya berbau bahasa dan kesenian. Ya, sedikitnya per jurusan akan meluncurkan dua kegiatan per tahunnya. Info pentingnya, setiap ada acara, FIB akan meriah sampai malam hari, apalagi untuk acara penutupan, wah bisa sampai tengah malam, deh!

 

advertisement

Penampilan Band

Gak peduli hari apa, kamu bisa nemuin yang nyanyi bahkan di Kantin Sastra

Gak peduli hari apa, kamu bisa nemuin yang nyanyi bahkan di Kantin Sastra

Bukan hanya acara festival bahasa yang bikin seru karena selain acara dari jurusan pun, FIB punya banyak acara yang ujung-ujungnya ngundang band. Meskipun band-band yang tampil seringnya dari kalangan FIB, tapi ramenya itu, loh yang gak perlu diraguin lagi. Penampilan band seringnya diadakan di Kansas alias kantin sastra, gak peduli malam Jumat atau malam apa, kalau udah disuguhin band, mahasiswa akan merapat dan nyanyi bareng. Nah, konser kecil-kecilan ini dibuka untuk umum. Jadi kalau kamu mau hiburan gratis, hitung-hitung menghilangkan penat, langsung saja nonton konser ini. Terbuka untuk umum, kok!

 

Makan malam di FIB

Malem hari, kamu bisa nemuin mie ayam yang ciamik via limoengroen

Malem hari, kamu bisa nemuin mie ayam yang ciamik via limoengroen

Setiap malam di depan FIB hadir hidangan enak banget, penuh sensasi, dan cukup fenomenal. Apakah itu? Ya, mie ayam dan gorengan. Namanya mie ayam sengketa, setiap sehabis Magrib kalau laper banget dan pengen makanan yang enak, murah, dan suasana yang indah, cobain deh!

advertisement

Tempatnya di depan gerbang FIB atau di samping parkiran FISIP UI. Nah, kalau makan di situ, kamu bisa merasakan rasanya dinner bersama alam. Pertama karena tempat makannya di lahan parkir, kedua bisa sambil lihat rasi bintang (kalau gak hujan), dan ketiga harganya cuma Rp7.000,00 per porsi. Mantap, deh!

Selain ada tukang mie ayam, ada juga tukang gorengan yang selalu setia menemani tukang mie ayam. Gorengan malam ini pakai gerobak mini dan bertahan sampai larut malam. Menu gorengannya standar, sih, yang membedakan adalah rasa dan sensasinya. Terbukti, kok! Kalau kamu samperin abang gorengannya, pasti abang itu lagi goreng-goreng, soalnya habisnya sangat-sangat cepat. Satu lagi, anak dari fakultas lain sering banget ikutan nongkrong, loh!

Itulah empat wahana yang sensasional banget di FIB ketika malam tiba. Rasain sekali saja, maka kamu akan ketagihan, gak percaya? Silahkan dicoba, guys!