5 Tempat di UI Ini Ramah untuk Kaum Introvert. Kegiatan perkuliahan dari pagi sampai sore memang bikin lelah. Belum lagi kalau malamnya ada rapat organisasi atau kepanitiaan, rasanya tenaga kayak diperas habis-habisan. Kaum ekstrovert mungkin nggak mempermasalahkan hal itu karena mereka cenderung suka bertemu dengan banyak orang. Namun, bagaimana dengan kaum introvert? Nggak bisa bohong, pasti capek banget rasanya.

Jika memiliki waktu luang, orang-orang yang memiliki kepribadian introvert ini akan memilih untuk berdiam diri di kamar untuk mengisi kembali tenaganya. Nah, bagaimana dengan introvert yang punya banyak kesibukan di kampus? Tenang aja, UI punya beberapa spot bagi kaum introvert untuk lari dari segala hiruk-pikuk perkuliahan. Di mana aja tempatnya? Berikut ulasannya.

1. Lantai 4 Perpusat

Sumber: ui.ac.id

Siapa sih mahasiswa UI yang nggak suka ke Perpustakaan Pusat (Perpusat)? Udah wifi-nya kenceng, AC-nya adem, ada tempat nongkrongnya lagi. Selain meminjam buku, Perpusat juga menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk kabur sejenak dari kepenatan kuliah. Tak terkecuali bagi kaum introvert.

advertisement

Kalau kalian suka tempat yang sepi, kalian bisa ke lantai 4 Perpusat dan duduk-duduk di depan ruang koleksi referensi. Di sana, kalian bisa menenangkan diri dengan ditemani oleh pemandangan Gedung Rektorat yang bisa kalian lihat melalui dinding kaca. Selain itu, wifi di sana kenceng banget, loh. Sambil mengisi tenaga diri, kalian bisa streaming tanpa takut buffering, deh.

BACA JUGA: 4 Fasilitas di Perpusat UI Ini Bikin Kamu Komentar “Ini Perpustakaan apa Mall?

2. Pusgiwa

Sumber: ui.ac.id

Siapa bilang Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa) cuma buat aktivis organisasi kampus aja? Semua orang boleh ke sini, kok. Kegiatan mahasiswa di sana juga biasanya lebih banyak dilakukan pada sore atau malam hari. Jadi, pagi sampai siang tempat ini cukup sepi.

advertisement

Buat kaum introvert, Pusgiwa bisa jadi pilihan tempat untuk mengisi tenaga. Karena sepinya cuma pagi sampai siang, mungkin cuma kalian yang kelasnya siang atau sore aja yang bisa mampir ke sini dulu, kecuali kalau kalian mau cabut kuliah sih, hehe.

Di sana, kalian bisa duduk-duduk di selasar bawah sambil mainin ikan di kolam atau sekadar menikmati pemandangan Danau Mahoni sambil wifi-an. Selain itu, kalian juga bisa rebahan di satu ruangan organisasi kalau kalian punya akses buat masuk ke sana. Ingat, jangan sampai kalian curi-curi buat masuk ruangan orang, ya.

BACA JUGA: 8 Fakta Pusgiwa UI yang Cuma Diketahui Aktivis UKM dan Organisasi

advertisement

3. Belakang Makara Art Center

Potret senja dari belakang Makara Art Center (dokumentasi pribadi)

Bisa dibilang kalau tempat ini emang literally sepi. Saking sepinya, tempat ini biasa jadi spot buat pacaran. Nah, buat kalian yang introvert (apalagi yang punya pacar dan sama-sama introvert), kalian bisa menjadikan tempat ini untuk bersantai pada sore hari. Suasananya yang syahdu bikin tempat ini tenang dan enak buat dijadikan tempat ngobrol empat mata sama seseorang. Kalian akan disuguhi pemandangan Danau Kenanga dan Gedung Rektorat. Karena di sana nggak ada tempat duduk, kalian bisa duduk di atas rerumputan sambil menikmati senja di langit UI. Kurang kopinya aja tuh biar kayak anak indie, hehe.

 

4. Taman Lingkar

Sumber: idntimes.com

Taman Lingkar atau biasa disebut Tamling ini lokasinya berada di luar Perpusat. Biasanya, setiap sore banyak orang yang duduk-duduk santai di sana. Walaupun ada banyak orang, tapi suasananya nggak gaduh, kok. Jadi, tempat ini cocok buat kaum introvert yang ingin beristirahat sambil merasakan angin sore yang sepoi-sepoi.

advertisement

5. Taman Firdaus

Sumber: Twitter BEM FIB UI

Taman Firdaus atau yang biasa disebut Tamfir ini berada di belakang Gedung Rektorat. Tempatnya cukup luas dan sepi, sehingga biasa dijadikan tempat untuk team building organisasi atau jurusan. Di sana juga ada tempat duduk kok, jadi kaum introvert bisa banget kalau mau menyepi di sana, baik untuk sekadar bersantai atau mengerjakan tugas.

***

Nah, itulah tadi ulasan mengenai lima tempat di UI yang ramah bagi kaum introvert. Selain tempat-tempat tersebut, tentunya masing-masing fakultas punya tempat yang sepi dan cocok juga buat kaum introvert. Jadi, kalian bisa curi-curi waktu di tengah jadwal kuliah yang padat untuk mengisi tenaga, deh.