Seluk Beluk Himpunan Mahasiswa Jurusan: Ngapain Aja Sih?

Mungkin banyak diantara kalian yang berencana untuk mengikuti salah satu organisasi di kampus, tapi kalian harus tau kalau organisasi di kampus itu ada banyak loh! Salah satunya adalah himpunan, apa sih himpunan itu, ngapain aja, dan bagaimana cara kerjanya akan aku jelaskan lewat artikel ini.


0

Apa itu himpunan jurusan, dan ngapain aja?

Selamat datang para mahasiswa baru 2020 di Universitas Indonesia, selamat ya akhirnya perjuangan kamu selama ini untuk belajar mati-matian, melawan rasa malas, mengorbankan banyak waktu bersama teman dan keluarga, hingga mengikuti berbagai les tambahan akhirnya membuahkan hasil juga.

Pasti diantara kalian ada dong yang udah ga sabar untuk menjadi bagian dari mahasiswa UI? Kira-kira apa aja sih rencana kamu setelah menjadi mahasiswa? Mau ikut kepanitiaan acara, bisa, mau ikut organisasi juga boleh banget kok, atau kamu mau menyalurkan bakat terpendam yang kamu punya lewat unit kegitan mahasiswa (UKM) juga oke banget. Inilah saatnya kamu mengeksplorasi lebih jauh, apa minat dan bakatmu.

Selamat datang para mahasiswa baru 2020 di Universitas Indonesia, selamat ya akhirnya perjuangan kamu selama ini untuk belajar mati-matian, melawan rasa malas, mengorbankan banyak waktu bersama teman dan keluarga, hingga mengikuti berbagai les tambahan akhirnya membuahkan hasil juga.ta mengenal lebih dalam jati diri kamu sesungguhnya.

Mengikuti banyak kegiatan di kampus memang asyik banget, selain menambah teman kita juga bisa menambah ilmu serta pengalaman, tapi jangan sampai kamu kewalahan sendiri ya dengan kegiatan di luar kelas, kamu harus ingat prioritas mu selama berkuliah, jangan sampai IPK mu menjadi korban, apalagi kalau kamu sampai jatuh sakit karena kelelahan, wah bisa berabe tuh…

Di Universitas Indonesia sendiri memang banyak sekali wadah yang tersedia untuk menyalurkan minat dan bakatmu, mulai dari acara, kepanitiaan, pengabdian masyarakat, lomba, hingga organisasi. Kamu harus pintar-pintar memilih wadah apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu, dengan begitu manfaat dari kegiatan tersebut akan memberi dampak positif yang besar untuk kamu.

Mungkin banyak diantara kalian yang berencana untuk mengikuti salah satu organisasi di kampus, tapi kalian harus tau kalau organisasi di kampus itu ada banyak loh! Salah satunya adalah himpunan, apa sih himpunan itu, ngapain aja, dan bagaimana cara kerjanya akan aku jelaskan lewat artikel ini.

Apa itu Himpunan Mahasiswa?

Sumber: biofarmaka.ipb.ac.id

Menurut KBBI via situs kbbi.web.id himpunan adalah kumpulan atau perkumpulan. Dilansir dari Wikipedia, Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi mahasiswa ditingkat jurusan di suatu perguruan tinggi yang merupakan kegiatan ekstra kurikuler. Keberadaan Himpunan Mahasiswa haruslah berdasarkan prinsip Dari, Oleh dan Untuk Mahasiswa.

Lewat himpunan ini kamu bisa lebih dekat dengan orang-orang di jurusan kamu, mulai dari senior, junior, atau bahkan dosen-dosen di jurusan kamu, hal ini tercipta karena organisasi humpunan ini hanya berfokus pada jurusan saja.

BACA JUGA: Walaupun Hectic, Aktif Organisasi Tetap Worth-It!

Seperti Apakah Himpunan Itu?

Sumber: bem.cs.ui.ac.id

Setiap himpunan memiliki struktur organisasinya sendiri, mulai dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan tak lupa divisi yang berada di jurusan tersebut seperti divisi seni dan kebudayaan, divisi keilmuan, divisi olahraga, dan lain sebagainya.

Pemilihan ketua dan wakil ketua himpunan dipilih oleh seluruh mahasiswa di jurusan tersebut melalui PEMIRA (Pemilihan Raya). Pemira IKM UI yang diadakan sebanyak satu tahun sekali, saat pemilihan berlangsung kamu dapat memilih ketua MWA (Majelis Wali Amanat) UI, ketua dan wakil DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) UI, ketua dan wakil BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UI, ketua dan wakil ketua BEM fakultas dan ketua dan wakil himpunan untuk jurusanmu.

Sama seperti yang lainnya, biasanya calon ketua himpunan dan wakilnya akan melakukan kampanye sebelum hari pemilihan tiba, setiap pasangan akan meyakinkan kamu bahwa mereka dapat mengemban tugasnya dengan baik.

BACA JUGA: Rekan Kerja di Kantor, Organisasi, atau Kepanitiaan Nyebelin? Ini Kiat-Kiat Menghadapinya

Sumber: twitter.com

Nah acara yang diadakan tiap jurusan biasanya diselenggarakan oleh himpunan jurusan. Acara tersebut bisa berupa lomba, seminar atau sekedar gathering alias berkumpul dan diisi dengan games untuk mempererat ikatan diantara mahasiswa di jurusan tersebut, termasuk acara orientasi jurusan diselenggarakan oleh himpunan. Untuk kamu yang ingin mengabdi kepada jurusan, kamu bisa banget ikut himpunan dan mempererat tali persaudaraan dengan teman-teman di jurusan mu.

BACA JUGA: Teruntuk Kalian Yang Pernah Jadi Korban Ghosting Oknum Gak Bertanggungjawab, Yuk Move On!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply