8 Fakta Pusgiwa UI yang Cuma Diketahui Aktivis UKM dan Organisasi

Banyak mahasiswa yang memanfaatkan penggunaan gedung Pusgiwa UI membuat tidak heran ada banyak fakta-fakta tentang Pusgiwa UI yang hanya diketahui oleh aktivis UKM ataupun anak organisasi UI. Penasaran apa fakta-fakta tersebut? Simak artikel berikut.


0

Siapa disini yang belum tau Pusgiwa UI? Itu loh gedung yang berwarna putih dan besar tempat kegiatan kemahasiswaan di UI. Kebetulan Pusgiwa UI sendiri memiliki gedung baru yang berwarna putih dan besar itu. Nah kalo yang belum tau, boleh lah kalian iseng-iseng mampir ke sana. Letaknya berada di belakang Stadion UI. Pemandangan dan suasananya cukup adem serta bikin nyaman loh. Cocok bagi kalian yang ingin mencari ketenangan hehe.

Oh iya, sebelumnya udah pada tau belum kepanjangan Pusgiwa UI. Pusgiwa UI itu Pusat Kegiatan Mahasiswa UI. Sesuai namanya, gedung Pusgiwa menjadi tempat berlatih, berkumpul, dan berkegiatan untuk para mahasiswa UI atau tempat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)-nya UI gitu deh. Banyak kegiatan yang dilakukan di Pusgiwa UI loh. Tidak heran jika kalian sore hari ke sana akan nampak banyak mahasiswa yang sedang berada di sana.

Sebelum memiliki gedung baru, Pusgiwa UI memiliki gedung lama yang berada di depan dekat jalan. Masih ada beberapa UKM dan organisasi yang menempati gedung lama. Gedung baru sendiri memiliki beberapa ruangan yang bisa digunakan untuk kegiatan mahasiswa seperti auditorium. Di sana terdapat juga kantor kemahasiswaan yang semula berada di PPMT dekat rektorat UI. Karena adanya gedung Pusgiwa UI yang baru, maka kantor kemahasiswaan dipindah ke sana.

Banyak mahasiswa yang memanfaatkan penggunaan gedung Pusgiwa UI membuat tidak heran ada banyak fakta-fakta tentang Pusgiwa UI yang hanya diketahui oleh aktivis UKM ataupun anak organisasi UI. Berikut ini fakta-fakta Pusgiwa UI baik gedung lama ataupun gedung baru yang cuma diketahui aktivis UKM/organisasi UI.]

1. Kumpul Sore Hingga Malam Hari di Pusgiwa UI akan Ditemani Alunan Suara Marching Band UI (Madah Bahana UI)

Sumber: madahbahana.org

Bagi kalian yang sering rapat atau kumpul di Pusgiwa UI pada sore hingga malam hari pasti tidak asing dengan suara-suara terompet dan teman-temannya. Sore menjelang malam hari adalah waktunya MBUI (sebutan grup marching band UI) untuk berlatih. Mulai dari alunan terompet, alat pukul, dan lain-lain menggema hampir di seluruh bagian Pusgiwa UI.

Cukup banyak anggota MBUI sehingga saat berlatih pun kalian bisa tau. MBUI memang selalu berlatih di Pusgiwa UI, baik di area dalam pusgiwa atau di trotoar belakang Stadion UI (madahbahana.org, 2015). Terkadang mereka juga berlatih di lapangan hoki UI yang dekat jalur masuk PNJ, Gymnasium UI, lapangan tenis UI, ataupun Balairung UI. Dengan suaranya yang menggema memang cukup mengganggu beberapa kegiatan lain di Pusgiwa UI, misalnya rapat. Bagi mahasiswa yang sering berkegiatan di Pusgiwa UI mungkin telinganya sudah kebal dengan suara latihan MBUI. Walaupun cukup mengganggu tidak bisa dipungkiri suara alunan MBUI cukup harmonis dan memang MBUI termasuk UKMI UI yang cukup berprestasi serta patut dibanggakan.

BACA JUGA: Yang (Mungkin) Kamu Belum Tahu Tentang Madah Bahana UI

2. Emak, Satu-satunya Pedagang Snack dan Minuman di Pusgiwa UI

Sumber: kitabisa.com

Mungkin bagi kalian mahasiswa baru UI dan jarang ke Pusgiwa UI tidak tahu sosok pedagang snack atau minuman yang ada di Pusgiwa UI. Para penghuni pusgiwa biasa memanggilnya Emak. Emak seorang perempuan paruh baya tersebut berjualan di Pusgiwa UI. Beliau tidak memiliki suami ataupun anak. Beliau tinggal di kontrakan daerah kutek.

BACA JUGA: Perjalanan Senja Seorang Ibu di Pusgiwa

Emak merupakan satu-satunya pedagang di Pusgiwa UI. Beliau menjual snack dan minuman ringan. Dengan harga yang murah beliau menjajakan dagangannya kepada para mahasiswa yang berkegiatan di Pusgiwa UI. Tidak jarang dia masuk ke ruang-ruang organisasi dan menawarkan dagangannya kepada anak-anak organisasi atau kepanitiaan yang berada di sana. Kalau kata emak, anak-anak BEM merupakan anak-anak beliau sendiri. Sehingga banyak anak-anak BEM, organisasi, ataupun UKM yang sering membantu serta menolong emak. BEM UI juga selalu memberikan bantuan kepada Emak. Emak sangat ramah terhadap semua mahasiswa yang ada di Pusgiwa UI. Saat ini mungkin Emak sudah jarang terlihat di Pusgiwa UI karena memang kondisi kesehatan beliau sudah menurun. Mari sama-sama berdoa agar beliau selalu diberi kesehatan.

BACA JUGA: Ya ampun, ini Harapan Emak di Pusgiwa

3. Wifi Pusgiwa Lama Mati, Kok Bisa

Sumber: ardiyanto.id

Fasilitasi UI memiliki wifi atau hotspot UI tersendiri, begitupun dengan Pusgiwa UI. Banyak mahasiswa yang memang iseng datang ke Pusgiwa UI hanya untuk memanfaatkan fasilitas internet tersebut. Karena tempatnya yang nyaman, sehingga mahasiswa betah di Pusgiwa UI hanya untuk berselancar di dunia maya.

Tapi ada hal kocak yang berhubungan dengan wifi Pusgiwa UI ini. Letak tombol on/off wifi Pusgiwa UI gedung lama berada di dalam ruang BEM UI. Otomatis yang bisa menghidupkan atau mematikan wifi Pusgiwa UI hanya anak BEM UI ataupun mahasiswa yang kebetulan sedang berada di dalam ruang BEM UI. Jadi tidak sembarangan orang bisa menghidupkan atau mematikan UI. Wifi UI ini biasa digunakan para penghuni pusgiwa. Jadi kalau wifi mati cukup merepotkan dong.

Nah biasanya ada saja kejadian wifi Pusgiwa UI ini mati. Kondisi wifi mati ini bukan karena disengaja, tapi biasanya ketidaksengajaan mahasiswa yang berada di ruang BEM UI bersandar pada tombol on/off tersebut. Setelah wifi mati, beberapa penghuni pusgiwa akan sadar dan mencoba mengecek ruang BEM UI. Alhasil ketahuan deh penyebab wifi Pusgiwa UI mati karena apa. Memang sih tidak bisa disalahkan mahasiswa yang suka bersandar pada tombol on/off tersebut. Sebagai antisipasinya, anak-anak BEM UI menuliskan “Wifi UI, Jangan Bersandar” dan melakban sekitar tombol on/off agar tidak mati ketika disandarkan.

Pokoknya kalau wifi pusgiwa mati penghuni pusgiwa lain pasti ada yang bilang “tombolnya jangan disenderin yak”.

BACA JUGA: Begini Cara Login Wifi Gratis di Stasiun UI!

4. Kamar Mandi Lantai 2 Pusgiwa Lama Sering Tidak Ada Air

kamar mandi pusgiwa
Sumber: id.foursquare.com (Photo by Qatrunnada F.)

Bagi beberapa penghuni pusgiwa lama lantai 2 pasti sering menggunakan kamar mandi lantai 2 tersebut. Terkadang ada juga sih yang menggunakan kamar mandi pusgiwa lama lantai 1. Mungkin beberapa penghuni pusgiwa sudah tau bahwa kamar mandi lantai 2 tidak sebagus kamar mandi lantai 1.  Hal yang paling mendasar yaitu ketersediaan air. Kamar mandi lantai 2 pusgiwa lama sering tidak ada air. Kondisi ini membuat repot jika sedang digunakan. Apalagi kalau sudah terlanjur masuk kamar mandi tapi tidak sadar bahwa airnya tidak ada. Kan repot jadinya. Maka dari itu, alangkah baiknya jika ingin menggunakan kamar mandi lantai 2 pusgiwa lama harus dicek dahulu ketersediaan airnya. Baik air yang ada di ember ataupun air keran. Karena kondisi tidak ada air pada kamar mandi lantai 2 pusgiwa lama tidak menentu.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Fasilitas di UI yang Dialihfungsikan Saat Musim Ujian

5. Pertanyaan Satpam Pusgiwa UI Di Kala Menginap

Sumber: id.foursquare.com (Photo by Don A.)

Fakta yang satu  ini mungkin pernah atau bahkan sering dialami oleh para aktivis UKM/organisasi yang sering menginap di pusgiwa lama UI. Biasanya sih penghuni pusgiwa tipe ini sudah menganggap pusgiwa sebagai rumah keduanya, sehingga merasa nyaman untuk tidur dan menginap di sana. Bagi penghuni pusgiwa yang sering menginap mungkin sudah tidak asing dengan pertanyaan satpam seperti ini “Motor siapa yang masih di parkiran? Ayo pindahin ke atas.

Jika hari sudah malam, parkiran pusgiwa akan tutup dan di rantai. Sehingga tidak ada motor yang bisa masuk ataupun keluar. Satpam pusgiwa akan meminta mahasiswa yang sedang menginap di pusgiwa untuk memindahkan motornya ke atas dekat dengan tangga dalam pusgiwa lama. Hal ini bertujuan agar pengawasan dan penjagaan terhadap motor mahasiswa lebih aman dilakukan. Secara parkiran pusgiwa jika sudah malam akan sepi dan gelap. Dengan memindahkan motor ke dalam pusgiwa akan membuatnya lebih aman.

Nah berbeda dengan pagi hari, biasanya satpam pusgiwa akan meminta mahasiswa yang menginap untuk memindahkan kembali motornya ke parkiran. Satpam pusgiwa akan bertanya dan meminta mahasiswa dengan pertanyaan seperti ini “Motor siapa di bawah? Pindahin ke parkiran yak sebelum jam 7.” Begitulah kira-kira sapaan satpam kepada para penghuni Pusgiwa UI di kala menginap. Mungkin pertanyaan di atas tidak selalu seperti itu, ini hanya kemiripannya saja.

BACA JUGA: Atap untuk Pak Bakri, Berita Duka dari Pusgiwa

6. Mushola Pusgiwa UI Baru Yang Lebih Nyaman

pusgiwa baru
Sumber: ui.ac.id

Sebelum adanya gedung baru Pusgiwa UI, mushola yang tersedia untuk mahasiswa berada di pusgiwa lama samping ruang Mapala UI. Untuk yang sering sholat di mushola pusgiwa lama mungkin sudah tau bentuk dan kondisinya. Ruangannya tidak terlalu luas mungkin hanya bisa menampung mahasiswa untuk solat maksimal 10 orang. Kondisi mukena dan sajadahnya pun agak sedikit lusuh. Hal ini terkadang membuat mahasiswa yang sholat di sana merasa tidak nyaman.

Berbeda halnya dengan musholla Pusgiwa UI gedung baru. Kondisinya sangat lebih baik dibandingkan mushola Pusgiwa UI gedung lama. Musholanya lebih bersih, lebih luas, dan lebih rapi. Karena lebih luas otomatis bisa menampung mahasiswa yang ingin sholat lebih lama. Mushola Pusgiwa UI gedung baru bisa dikatakan lebih nyaman dari segala aspek. Tidak heran jika banyak yang sering juga beristirahat di mushola baru tersebut atau hanya sekadar rebahan di sana. Tetapi, mau bagaimanapun kondisi mushola di pusgiwa, niat baik untuk beribadah tetap harus diutamakan.

BACA JUGA: Pohon Tumbang Menimpa Mushola Teknik!

7. Cerita Horor Pusgiwa UI Bikin Merindink

horror di pusgiwa ui
Sumber: memecomic.id

Fakta yang satu ini cukup seram untuk diketahui. Perlu diketahui bahwa ceria-cerita yang akan ditulis nanti berdasarkan pengalaman kawan-kawan yang pernah mengalaminya, adapun untuk penulis sendiri belum pernah mengalaminya. Maka dari itu, sekadar menceritakan sedikit pengalaman menegangkan tersebut.

Saat malam hari, kondisi Pusgiwa UI memang cukup sepi. Jalanan depan Pusgiwa UI jarang dilewati, baik siang maupun malam hari. Hanya mahasiswa yang memang berkegiatan di Pusgiwa UI atau ingin ke Fakultas Teknik yang biasanya melewati jalanan depan pusgiwa ini. Nah kondisi malam hari yang sepi dan lampu jalan yang kurang menerangi sehingga nampak gelap cukup membuat merinding. Hawa seram juga bisa dirasakan di gedung lama Pusgiwa UI. Sekarang ditambah lagi kondisi gedung baru Pusgiwa UI yang menghadap ke danau UI. Makin terasa kan horornya Pusgiwa UI ini. Bagi mahasiswa UI yang sering cukup menginap di Pusgiwa UI mungkin sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini, tapi untuk yang baru pertama kali hmm mungkin bisa membuat tidurnya tidak tenang.

BACA JUGA: (Horor) Ternyata Dosen Baru yang Ngajar di FHUI Tengah Malam Itu Adalah…

Ini ceritanya…

Ada cerita yang dialami mahasiswa UI yang menginap di salah satu ruangan Pusgiwa UI. Ketika terbangun tengah malam ada sesosok wanita membawa lilin sedang berjalan di lorong pusgiwa. Hih kaget banget dong yak. Kelanjutannya mahasiswa yang menginap tersebut mungkin cukup takut untuk mengikutinya.

Kemudian ada lagi cerita bahwa hantu penunggu menara air katanya sih sering mampir ke pusgiwa. Waduh ada-ada saja, bikin bulu merinding saja.

Lalu ada juga cerita yang pernah melihat seorang nenek dekat kamar mandi lantai gedung lama Pusgiwa UI. Auto merinding sih kalau gini. Untungnya mahasiswa tersebut tidak penasaran dan ditanya tuh nenek. Bisa-bisa lari terbirit-birit kali.

Terakhir untuk kejadian ini mungkin masih samar-samar karena belum tentu karena hal-hal horor. Biasanya saat malam, banyak barang-barang di sekitar Pusgiwa UI berjatuhan. Memang suaranya tidak besar dan barang yang berjatuhan tidak banyak. Hal tersebut cukup membuat kaget mahasiswa yang menginap. Akan tetapi, demi berpikir positif mahasiswa menganggap barang yang jatuh tersebut karena angin atau kucing. Pikiran positif tersebut lebih baik daripada harus berpikir aneh-aneh. Ya memang belum ada pembuktian dari penyebab barang tersebut jatuh, tapi kan lumayan serem juga kalo sedang sepi tidak ada angin atau kucing. Lantas siapa yang menjatuhkan barang-barang pusgiwa?

Sebagian cerita di atas berdasarkan pengalaman kawan-kawan UI sehingga benar atau tidaknya ya bersifat subjektif. Kalau kalian ingin mencari tau kebenarannya, boleh banget dicoba untuk menginap di Pusgiwa UI. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Ada Sosok Putih di Atas Gedung FEB?

8. Kolam Ikan Pusgiwa UI Gedung Baru yang Katanya Sering Memakan Korban

Ada salah satu fasilitas yang cukup unik loh di gedung baru Pusgiwa UI. Fasilitas tersebut adalah kolam ikan. Ya kolam ikan yang berisikan berbagai ikan hias itu membuat pemandangan gedung baru Pusgiwa UI menjadi lebih indah. Selain itu, suasana pinggir kolam sangat asri dan damai untuk dipakai berkumpul hingga rapat. Tidak heran banyak yang sering rapat atau sekadar duduk-duduk di gedung baru Pusgiwa UI. Mungkin kolam ikan ini jadi daya tariknya. Bentuk kolam ikannya juga cukup unik karena menyisakan bagian tengah berbentuk lingkaran seperti arena bertarung.

Nah tapi konon kolam ikan gedung baru Pusgiwa UI sering memakan korban lho. Hah? Korban? Iya korban, tapi bukan korban pembunuhan atau hal-hal negatif lainnya. Korban yang dimaksud yaitu korban kecemplung alias kecebur di kolam ikan tersebut. Melihat adanya fasilitas yang bisa membuat basah ini, para mahasiswa kerap kali menggunakannya untuk merayakan ulang tahun. Pastinya mahasiswa yang berulang tahun akan mencicipi rasa air kolam ikan ditemani dengan ikan hias di sana.

Tidak aneh jika ada seorang mahasiswa yang tercebur ke kolam ikan tersebut karena berulang tahun dan keisengan temannya. Ada juga beberapa mahasiswa yang tidak sengaja tercebur di kolam ikan tersebut. Mungkin sedang ngantuk atau halu itu mahasiswa sampai tidak melihat ada kolam ikan sebesar itu. Walau terlihat dangkal kolam ikan gedung baru Pusgiwa UI cukup dalam loh. Bisa membuat seluruh badan basah lah intinya jika kalian tercebur di sana. Kalian berani coba untuk nyebur di kolam ikan Pusgiwa UI? Hehe

BACA JUGA: Tim Arung Jeram Mapala UI Siap Arungi Sungai Lariang

***

Nah itu tadi fakta-fakta Pusgiwa UI baik gedung baru atau gedung lama. Mungkin fakta tersebut tidak hanya diketahui aktivis UKM/organisasi saja. kalian mungkin juga pernah liat fakta-fakta tersebut. Sekarang Pusgiwa UI sudah punya gedung baru, hal itu membuat mahasiswa lebih nyaman berkegiatan di sana. Jadi untuk kalian yang belum pernah main ke Pusgiwa UI, coba sesekali mampir ke sana yak. Oh iya, menurut kalian apalagi nih fakta-fakta Pusgiwa UI yang kalian tau? Yuk tulis di kolom komentar!

Sumber gambar header Pusgiwa UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Fauzy Ade Priyatna
Hai... Kenalin gue Dede. Gue lulusan UI tepatnya dari jurusan Teknik Lingkungan. Gue cukup tertarik dengan kegiatan-kegiatan berbau lingkungan dan sosial. Saat ini, gue sedang belajar menekuni 3 hobi yaitu membaca, menulis, dan memotret. Kata orang sih gue orang yang ramah, ceria, menyenangkan, dan humoris.

0 Comments

Leave a Reply