Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia ternyata berdampak pada dunia akademik. Proses kegiatan akademik yang biasanya dilakukan secara tatap muka harus dilakukan secara daring guna meminimalisir penyebaran COVID-19.Salah satu kegiatan tahunan akademik yang terdampak adalah masa orientasi. Suka gak suka, new normal di tengah pandemi memaksa mahasiswa baru untuk beradaptasi secara daring. Langkah antisipasi ini dilakukan untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menjadi media penularan COVID-19.

Akan tetapi, gimana caranya punya teman baru kalo ketemu aja gak bisa? Eits, Sebagai generasi milenial yang lekat dengan media sosial, bukannya kamu udah terbiasa mencari teman di media sosial? Nah, sekarang ayo manfaatkan gadgetmu untuk menambah teman baru di kampus tercinta. Seperti apa sih caranya? Berikut tipsnya!

1. Sosialisasi di Grup Kelompok Orientasi

Sumber: unsplash.com

Setelah resmi diterima sebagai mahasiswa baru, biasanya kamu akan dikumpulkan dalam satu grup untuk menjalin interaksi antar sesama maba. Nah, biasanya grup ini akan dibuat oleh panitia atau dibuat sendiri atas inisiatif mahasiswa baru. Manfaatkan grup dan pertemuan daring untuk interaksi perdana dengan mahasiswa baru lainnya.

advertisement

Caranya sederhana, kamu bisa membuat pertemuan via Zoom, Gmeet, atau aplikasi lainnya. Setelah itu, pertahankan komunikasi dengan segera membalas pesan dan pertanyaan yang masuk atau melemparkan jokes dan meme yang trending di media sosial. Jika saat daring gak canggung, dijamin deh nantinya saat bertemu, kamu bisa lebih akrab dengan teman baru.

BACA JUGA: Akibat Pandemi, 8 Proker BEM UI Tahun Ini Resmi Ditiadakan

2. Berkontribusi dalam Mengerjakan Tugas Ospek Daring

Sumber: unspash.com

Dalam masa orientasi, biasanya ada tugas individu dan kelompok yang mempertemukan maba dari berabagi fakultas. Meskipun masa orientasi tahun ini dilakukan secara daring, bukan berarti kamu bisa terbebas dari tugas kelompok lho!

advertisement

Sebagai mahasiswa baru, tunjukan usaha pertemanan melalui kerja sama yang baik dengan cara berkontribusi dalam pengerjaan tugas. Dengan begitu, rasa canggung saat pertama kali bertemu dapat mencair karena sebelumnya sudah bekerja sama.

BACA JUGA: Gaya Hidup Ramah Lingkungan Mahasiswa Selama #DiRumahAja

3. Aktif di Acara Daring Kampus

Sumber: unspash.com

Mulai sekarang, coba deh hunting acara yang mempunyai prospek bagus untuk menambah jaringan pertemanan. Kamu bisa cari di website tentang tentang Most Popular Event di kampus masing-masing atau twtw alias tanya wawasan ke senior. Dengan mengikuti acara daring, kamu dapat melatih cara bersosialisasi antar sesama maba dan kating.

advertisement

Itulah tips yang bisa kamu terapkan guna mendapatkan teman baru saat orientasi daring. Semoga pandemi ini segera berakhir ya agar kam dapat segera bertemu dengan teman baru.

BACA JUGA: Rekan Kerja di Kantor, Organisasi, atau Kepanitiaan Nyebelin? Ini Kiat-Kiat Menghadapinya



advertisement