Anak FK UI kuliahnya di kampus UI Depok ya? Atau kuliah di kampus UI Salemba?

Anak FK UI ada gedungnya tuh di kampus UI Depok, tapi kok sering main ke kampus UI Salemba? Emangnya ada apa sih di kampus UI Salemba?

Bukannya perkuliahan FK sudah pindah ke Depok, tapi kenapa masih sering pergi ke kampus UI Salemba?

Kamu sering dipertemukan dengan pertanyaan seperti di atas nggak? Mungkin nggak sering sih, tetapi kamu pasti pernah dengar. Memang benar bahwa isu kejelasan perkuliahan anak Fakultas Kedokteran (FK) UI yang mondar-mandir kampus UI Salemba-Depok menjadi buah bibir mahasiswa. Apapun jurusannya, pasti pernah mendengar pertanyaan, bahkan membicarainya.

Isu kejelasan perkuliahan anak FK UI yang mondar-mandir kampus UI Salemba-Depok ternyata memang benar loh. Hal tersebut dibenarkan oleh, Muhammad Prasetio Wardoyo, salah satu mahasiswa FK UI angkatan 2015.

Dio mengatakan bahwa memang benar mahasiswa FK UI masih mondar-mandir ke kampus UI Salemba dan kampus UI Depok. “Iya, memang benar bahwa mahasiswa FK masih ke kampus UI Salemba meskipun ada kampusnya di Depok,” kata Dio (19/11).

advertisement

Mulai dari urusan akademik sampai non-akademik

Kampus FK UI Depok yang terintegrasi menjadi Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) (via haionline)

Kampus FK UI Depok yang terintegrasi menjadi Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) (via selasar)

Dio pun menjelaskan bahwa ada alasan mendasar kenapa mahasiswa FK UI masih melakukan perkuliahan di kampus UI Salemba meskipun mahasiswa sudah difasilitasi dengan kampus UI Depok. Mahasiswa FK UI melakukan perkuliahan di kampus UI Salemba dengan tujuan tertentu.

Pertama, mahasiswa FK UI pergi ke kampus UI Salemba untuk melakukan kegiatan akademik. Kegiatan akademik ini pun beragam bentuknya seperti pertemuan dengan dosen, praktikum, bahkan segala urusan dengan dekanat FK UI dilakukan di kampus UI Salemba.

Kedua, ada pula urusan non-akademik yang harus dilakukan mahasiswa FK UI di kampus UI Salemba. Misalnya, ada pertemuan dengan senior terkait urusan klinik atau praktikum, acara, serta kegiatan badan dan keorganisasian.

“Sebenarnya, ada beberapa tujuan mahasiswa FK UI mondar-mandir ke kampus Salemba dan Depok. Ada urusan akademik dan nonakademik,” ujar Dio.

BACA JUGA: Sudahkah Kamu Memikirkan Hal Ini dengan Serius Sebelum Jadi Anak FKUI?

 

advertisement

Preklinik di Depok, Koasistensi di Salemba

Kampus UI Salemba yang masih sering dikunjungi mahasiswa FK UI untuk berbagai kegiatan (via hai-online)

Kampus UI Salemba yang masih sering dikunjungi mahasiswa FK UI untuk berbagai kegiatan (via hai-online)

Selain itu, Dio pun memberitahukan bahwa mahasiswa FK UI tingkat 4 sudah mulai pindah ke Salemba karena beberapa mata kuliah sudah dilaksanakan secara intensif. Lain halnya dengan mahasiswa FK UI tingkat awal, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di kampus UI Depok.

Dio mengatakan, “Ketika memasuki semester 8, mahasiswa FK UI umunya sudah menetap di Salemba karena semester 8 adalah permulaan masa-masa koasistensi. Di luar masa ini, anak FK umumnya jarang ke Salemba kecuali ada kegiatan yang harus dilakukan di Salemba.”

Hal serupa pun dikatakan oleh Rahmatsyah Siregar, mahasiswa FK UI angkatan 2015. Rahmatsyah mengatakan bahwa mahasiswa tingkat 1—3 hanya melakukan kegiatan preklinik di kampus UI Depok, setelah itu mahasiswa akan melanjutkan perkuliahan di kampus UI Salemba.

“Sebetulnya kegiatan akademik yang dilakukan di Depok itu cuma preklinik doang. Kalau klinik masih di Salemba semua. Kegiatan akademik mahasiswa tingkat 1—3 masih di Depok, setelahnya lanjut ke Salemba,” kata Rahmatsyah (20/11)

BACA JUGA: Beberapa Alasan Kenapa Anak Makara Hijau itu Terkesan “WOW” Banget

 

Gimana? Ga usah pake basa-basi pertanyaan itu lagi dong sekarang kalo lagi ngobrol sama temen kamu yang anak FK? Kan udah tau jawabannya apa? Kesimpulannya, anak FK UI memang penuh perjuangan ya, harus mondar-mandir Depok-Salemba.

Kira-kira kalo hatinya bisa tetap stay di hati admin nggak ya? Hehe



Apa pendapatmu tentang tulisan ini? BARU!
  • 😮 (44%)
  • 😆 (33%)
  • 😡 (22%)
  • 😭 (0%)
  • 😊 (0%)
  • 😍 (0%)
  • 😒 (0%)